Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Waspada, Testis Bengkak Dapat Membahayakan Hidupmu

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

testis bengkak

Testis bengkak sering menyebabkan rasa yang sangat cemas. Hal ini bisa disertai dengan rasa nyeri ataupun tidak. Bukan cuma buah zakar, kantong pembungkus testis yang diketahui dengan skrotum ternyata bisa bengkak. Banyak hal yang menyebabka testis bengkak atau skrotum, contohnya reaksi rada akibat infeksi, trauma, ataupun pertumbuhan sek abnormal tumor.

Bila kamu alami testis bengkak, sebaiknya kamu harus konsultasikan ke dokter kulit dan kelamin agar dapat ditangani dengan secepatnya dan mengetahui apa penyebabnya. Jika pembengkakannya disertai dengan rasa nyeri, sebaiknya kamu langsung kunjungi dokter kulit dan kelamin terdekat.

Testie atau lebih dikenal dengan buah zakar ialah organ repruduksi pria. Testis memiliki guna yang amat vital, sebab berfungsi atas produksi sperma yang dibutuhkan buat membuahi sel telur perempuan. Maka dari itu, sangat wajar jika laki-laki sangat khawatir saat alami hal yang aneh dengan testis mereka.

Salah satu yang biasa terjadi ialah testis bengkak. Lantas, apakah kondisi ini membahayakan atau berdampak pada kesuburan laki-laki? Untuk itu, dibawah ini kita akan menjawab selengkap-lengkapnya apa saja penyebab testeis bengkak.

Baca Juga : Waspada! Ternyata ini Penyebab Radang Testis Mempengaruhi Kesuburan Suami

Penyebab Testis Bengkak

Bila testis kamu ukurannya bertambah besar dan mengeras, seharusnya kamu harus bertemu dengan dokter untuk konsultasikan kesehtan kamu. Jika testies bengkak yang kamu alami diikuti dengan gejala rasa nyeri, sakit pinggang, ataupun buang air kecil.

Penanganan yang cepat tentunya akan lebih baik karena beberapa kasus testeis bengkak yang bisa berdampak serius dan menyebabkan komplikasi. Biasanya penyebab testis bengkak ialah hal-hal yang ringan kandang-kadang penyebabnya juga dapat berbahaya. Lantas apa saja penyebab testis bengkak?

Trauma atau cedera  

Testis yang bengkak bisa saja terjadi karena adanya luka, contognya kamu alami kecelakaan sehingga organ bawah terbentur. Sebab banyak laki- laki yang cenderung beraktifitas lebih banyak seperti olahraga, kemungkinanan luka pada laki- laki lebih besar.

Tidak hanya itu, apabila tadinya kamu sempat melakukan operasi bedah di zona kemaluan, seperti vasektomi, bisa jadi testis bengkak yakni efek samping dari hal itu, serta ini akan pulih dengan sendirinya.

Radang testis (orkitis)

Orkitis yakni peradangan pada jaringan buah zakar yang menimbulkan pembengkakan pada testis. Penyebab utama orkitis ialah efek dari bakteri ataupun juga penyakit menular seksual (pada pria yang aktif dalam hubungan intim). namun terkadang orkitis juga dapat disebabkan infeksi virus, biasanya pada anak-anak.

Gejala dari orkitis adalah bengkak pada salah satu testis bengkak disertai rasa nyeri, demam ringan ataupun mual-mual.

Epididimitis

Di belakang kedua testis terdapat semacam jaringan yang dikenal dengan epididymitis, fusngsi untuk tempat pematangan sel sperma.

Epididymitis berarti terdapatnya peradangan pada jaringan ini alhasil membuat buah zakar nampak membengkak. Ciri-ciri utama dari epididimitis ialah apabila kamu raba pastinya aka nada benjolan kericl dan terasa sakit saat kamu tekan.

Gejalanya akan sama seperti orkitis, namun selain epididimitis juga dapat disebabkan karena adanya darah sperma saat kamu ejakulasi.

Varikokel

Bila kamu mengetahui tentang penyakit varises, hingga varikokel ini mirip dengan itu. Cuma varikokel terjadi pada pembuluh darah buah zakar.

Varikokel terjadi disaat pembuluh darah balik (vena) alami pembengkakan, alhasil darah akan terkumpul serta tidak mengalir ke jantung. Akan nampak seperti tonjolan- tonjolan pembuluh di samping atas kantung buah zakar begitu juga varises pada kaki.

Varikokel umumnya yang kerap dirasakan pria muda antara 15- 25 tahun serta bisa timbulkan tanda- tanda atau tidak. Mereka yang alami tanda- tanda biasanya merasakan perih pada selangkangan serta salah satu buah zakar( biasanya kiri) kelihatan membengkak.

Varikokel bisa menimbulkan gangguan kesuburan serta produksi sperma menyusut bila tidak segara diatasi. Mesipun begitu, sering- kali dapat hilang sendiri ataupun bisa saja membutuhkan operasi pembedahan.

Hernia inguinal

Hernia inguinal terjadi pada saat dinding perut bagian bawah melemah alhasil usus turun ke kantung buah zakar ataupun bagian samping penis, menimbulkan testis bengkak dan membesar.

Tonjolan hernia ini timbul ketika duduk ataupun beraktifitas. Paling utama mengangkat barang- barang berat. Tetapi pada saat posisi kamu terlentang akan kembali normal serta masuk kembali ke perut.

Penyembuhan hernia salah satunya yakni dengan melakukan operasi buat memperbaiki dinding perut yang sobek.

Torsio testis

Torsio buah zakar ialah pada saat testis alami puntiran alhasil menimbulkan aliran darah ke buah zakar terhambat dan ini merupakan kondisi gawat.

Indikasinya termasuk perih yang akut secara mendadak, kelemahan, bengkak serta pembengkakan pada buah zakar yang terpuntir. Penindakan serta pula perawatan secepatnya bisa jadi amat dibutuhkan buat melindungi testis.

Penindakannya kerap kali membutuhkan operasi. Bila segera ditangani( dalam durasi 6 jam) mungkin besar buah zakar sedang dapat diselamatkan. Tetapi bila telanjur ditangani, tidak terdapat impian buat buah zakar kamu.

Kanker testis

Pada sebagian permasalahan yang serius, biji kemaluan bengkak ialah pertanda dari kanker testis, walaupun amat tidak sering terjadi cuma 1% saja dari permasalahan kanker pada laki- laki serta umumnya tidak menyebar. Kanker testis amat biasa pada laki- laki umur 15- 44 tahun.

Tanda- tanda penting kanker testis termasuk pembengkakan testis, tonjolan di testis, nyeri tumpul serta pula testis teras berat.

Kanker testis bengkak merupakan salah satu tipe kanker yang dapat membaik dengan penyembuhan. Perawatannya termasuk operasi pengangkatan testis serta chemotherapy. Diagnosis lebih cepat berarti lebih dari 95% bisa membaik sepenuhnya.

 

Baca juga: Buah Zakar Gatal dan Perih? Jangan di Garuk, Begini Solusinya

Pengobatan Testis Bengkak

Jika kamu ingin berkonsultasi dengan dokter kami mengenai testis bengkak, kmau dapat menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337/ Whatsapp / SMS/ telp atau bisa mengklinik Konsultasi Online Gratis. Kami dengan senang hati melayani Anda. Tentunya kami akan menjaga privasi kamu.

 

Referensi:

What causes swelling of scrotum? 10 possible conditions.

http://www.healthline.com/symptom/swelling-of-scrotum.

Scrotal swelling. https://medlineplus.gov/ency/article/003161.htm.

Scrotal Swelling.

http://www.nytimes.com/health/guides/symptoms/scrotal-swelling/overview.html.