Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Waspada! Ternyata ini Penyebab Radang Testis Mempengaruhi Kesuburan Suami

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Waspada! Ternyata ini Penyebab Radang Testis Mempengaruhi Kesuburan Suami

penyebab radang testis

Sahabat Pandawa, memiliki buah hati tentunya keinginan semua pasangan yang sudah menikah. Apakah Sahabat Pandawa pernah mendengar radang testis? Biasanya penyakit ini juga di kenal orchitis yaitu inflamasi atau peradangan yang terjadi pada testis. Peradangan ini dapat terjadi pada salah satu atau kedua testis sekaligus. Anda perlu tahu penyebab radang testis, gejala, hingga komplikasi dan penannganannya terhadap penyakit ini. Penyakit ini dapat mengganggu kesuburan seorang suami, dan akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Jika orchitis terjadi pada kedua testis, hal ini akan berbahaya karena bisa menyebabkan penurunan produksi hormone testosterone. Selain itu, komlikasi lain yang dapat terjadi pada pengidapnya yang tidak kunjung dapat pengobatan akan berakibat fatal. Untuk itu, kondisi ini perlu diwaspadai apabila terjangkit radang testis. Biasanya orchitis ini menyebabkan gejala yang muncul secara tiba-tiba. Yuk, simak lebih dalam tentang penyebab radang testis, gejala, serta pengobatannya di bawah ini.

Penyebab Radang Testis Disebabkan Oleh Infeksi

Penyebab radang testis biasanya sering disebabkan oleh infeksi, baik bakteri baik maupun virus. Namun, penyakit ini juga dapat terjadi tanpa disebabkan oleh keduanya, antara lain:

  • Infeksi bakteri

Penyebab radang testis biasanya diakibatkakn infeksi bakteri yang sering terjadi bersamaan dengan epididymitis, yaitu peradangan pada saluran yang menghubungkan testis dengan vas deferens. Epididymitis biasanya disebabkan karena infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Selain itu, bakteri Chlamydia trachomatis dapat menyebabkan klamidia juga yang bisa menjadi penyebab infeksi.

  • Infeksi virus

Penyebab radang testis juga dapat disebabkan oleh infeksi virus yang biasanya terjadi karena adanya virus mumps. Kurang lebih sepertiga pria yang terinfeksi virus mumps setelah pubertas dapat mengalami radang testis. Kondisi ini biasanya terjadi dalam kurun waktu 4-7 hari setelah gejala awal mumps. Jika seseorang mengalami peningkatan risiko mengalami radang testis, dengan atau tanpa epididymitis. Apabila aktif berhubungan intim dengan pasangan lebih dari satu, berhubungan dengan pasangan yang memiliki infeksi menular seksual, tidak menggunakan alat pengaman alias kondom data hubungan intim dan memiliki riwayat penyakit infeksi menular seksual sebelumnya.

Jika Anda aktif dalam berhubungan intim, kondisi infeksi saluran kemih berulang, abnormalitas pada saluran kemih. Operasi pada saluran kemih dan alat kelamin juga dapat meningkatkan risiko mengalami okitis. Imunisasi terhadap virus mumps berperan enting dalam mencegah radang testis.

Gejala Peradangan Testis

Setelah mengetahui penyebab radang testis. Berikut gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini. Radang testis biasanya meyerang satu sisi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada kedua testis. Pemebsaran disertai dengan adanya tanda atau ciri-ciri peradangan, seprti kemerahan dan neyri. Neyri testis dirasakan secara tiba-tiba dengan intensitas ringan sampai berat.

Apabila disebabkan oleh infeksi menular seksual, cairan abnormal (secret) dapat ditemukan pada penis. Jika Anda mengalami rasa sakit saat buang air kecil, adalah mungkin bahwa mengalami infeksi saluran kemih yang menyebabkan radang buah pelir. Selain keluahan testis, Anda juga dapat merasakan gejala sistemik, seperti demam, mengigil, rasa tidak enak badan, nyeri otot, sakit kepala, mual, serta muntah-muntah.

Gejala radang testis yang dialami ini sangat mirip dengan gejala torsi testis, yaitu keadaan dimana testis terputar sehingga pembuluh darah ke testis mengalmi hambatan. Kondisi ini adalah kondisi yang sangat darurat dan dapat menyebabkan kematian jika tidak menerima aliran darah testis testis untuk jangka waktu 6 jam.

Neyri pada otot juga terjadi secara tiba-tiba. Intensitas nyeri yang dirasakan biasanya sangat berat. Torsi testis sering terjadi pada usia dibawah 20 tahun. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala testis yang hebat, sebaiknya Anda segera memeriksa diri ke dokter agar memastikan kondisi Anda bukanlah torsi testis.

Komplikasi Yang Mungkin Akan Ditimbulkan

Jika gejala radang testis terjadi pada kedua testis, kondisi ini berisiko menyebabkan infertilitas dan penurunan testosteron (hipogonadisme). Beberapa komplikasi lain yang dapat terjadi pada orang dengan orchitis adalah:

  • Kambuhnya epididimitis (radang tabung yang membawa sperma).
  • Atrofi testis (kondisi ketika ukuran testis mengecil).
  • Skrotum abses (kondisi ketika jaringan yang terinfeksi penuh dengan nanah).

 

Penanganan Medis Yang Dilakukan

Metode pengobatan yang diterapkan oleh seorang dokter dalam kasus orchitis biasanya ditentukan oleh jenis, yaitu:

  • Orchitis idiopatik. Untuk orchitis tidak diketahui dengan pasti penyebabnya, dokter mungkin meresepkan antibiotik dan obat anti-inflamasi (anti-peradangan).
  • Orchitis bakteri. Orkitis yang disebabkan oleh bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik. Selain mengatasi infeksi, antibiotik juga digunakan untuk mencegah penyebaran bakteri. Jika orchitis berasal dari penyakit menular seksual, adalah mungkin bahwa beberapa pasien juga perlu pengobatan dengan antibiotik.
  • Virus orchitis. Untuk orchitis memperlakukan disebabkan oleh virus, dokter merekomendasikan penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid. Untuk gejala bantuan meringankan, pasien dapat memampatkan skortum es dan beristirahat. Kebanyakan orang dengan orchitis virus akan mengalami peningkatan dalam beberapa hari.

Kapan Harus ke Dokter?

Setelah mengetahui penyebab radang testis sebaiknya diobati segera. Jika tidak diobati, radang testis akan menyebabkan infeksi lebih lanjut dan bentuk nanah (pus) dalam skrotum. Akibatnya, ada skrotum abses. Selain itu, radang testis juga dapat menyebabkan atrofi testis (mengecilkan peradangan testis). Radang testis dapat menyebabkan komplikasi pada pria adalah infertilitas. Radang buah pelir akan mengganggu fungsi testis untuk produk testosteron. Jumlah testosteron yang tidak sesuai akan meningkatkan risiko infertilitas pria. Kondisi ini terjadi ketika testis bengkak saat langka terbatas pada satu testis.

Klinik Pandawa dapat mengatasi gejala radang testis. Jika Anda mengalami gangguan dapat berkonsultasi dengan Klinik Kami. Klinik Pandawa yang sudah terkenal di Jakarta dan memiliki dokter yang sangat berprofesional dibidangnya, serta mempunyai fasilitas yang nyaman untuk Anda yang ingin berobat di Klinik Kami.

Jika Anda ingin melakukan pengobatan agar mengilangkan peradangan testis dapat BERKONSULTASI ONLINE GRATIS dengan dokter kami di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA) dan klik layanan konsultasi untuk berkonsultasi online dengan dokter kami secara gratis.