Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Waspada! Benjolan di Dalam Vagina, Kenali Penyebabnya

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Waspada! Benjolan di Dalam Vagina, Kenali Penyebabnya

benjolan di dalam vagina

Sahabat Pandawa, Menjaga kesehatan Miss.V ialah salah satu yang wajib dilakukan seorang wanita. Saat Miss.V mengalami gangguan maka akan mempengaruhi tingkat kesuburan berhubungan seksual sehingga dalah kondisi kesehatan wanita secara keseluruhan. Kurang lebih seorang wanita pernah mengalami benjolan di dalam vagina. Lantas, bagaimana cara mengobatinya?

Apabila, selama perempuan masih dalam masa reproduksi dan sudah masuk di masa menopause, Miss.V dapat berubah-ubah. Tidak heran jika Anda akan merasa ada benjolan di dalam vagina padahal sebelumnya tidak ada. Memang benjolan ini akan membuat tidak nyaman bagi setiap wanita, benjolan dalam Miss.V pada area kelamin wanita tentunya akan membuat cemas bagi siapa yang mengaminya.

Terlebih jika benjolan tersebut disertai dengan gejala lainnya, seperti gatal, iritasi, atau ruam, sampai nyeri. Sebelum membahas peneybab timbulnya benjolan di dalam vagina, Anda perlu memahami letak pasti benjolan tersebut berada, apakah di Miss.V atau sekitar vulva. Vagina adalah organ yang berbentuk tabung yang terdiri dari otot elastis berhubungan dengan rahim dan leher rahim, atau serviks. Sedangkan vulva adalah organ kelamin bagian luar yang terdiri dari labia minora, labia mayora, serta kelenjar skene.

Penyebab Benjolan di Dalam Vagina

Benjolan di dalam vagina dapat mengakibatkan adanya infeksi. Infeksi pada area kemaluan biasanya menjadi tanda adanya masalah serius, terlebih jika didiamkan tanpa pengobatan tindakan medis. Berikut beberapa kemungkinan yang dapat terjadi, yakni:

  1. Kulit kelamin

Pada beberapa kasus, kadang kutil kelamin hingga di area kemaluan Anda. Wujud dari kutil ini biasanya berupa benjolan kecil dan berwarna seperti warna kulit. Kutil kelamin pada dasrnya bisa hilang dengan sendiri, tapi tidak jarang memakan cukup banyak waktu dan menyebabkan infeksi.

Kutil kelamin disebabkan oleh virus human papilloma genital (HPV), dan sudah terbukti berkaitan dengan kanker servis pada wanita. Jika Anda mengetahui tanda-tanda kutil kelamin, baiknya hubungi dokter kelamin untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Gejala kutil kelamin umumnya mulai dari kumpulan benjolan kecil berwana merah muda atau coklat kemerahan. Tetapi penyakit ini tidak menimbulkan rasa sakit, hanya saja sebgaian lainnya dapat menimbulkan rasa gatal vagina dan perih.

  1. Varises Vagina

Varises vagina ialah penyakit dimana vena atau pembuluh darah di sekitar vulva Anda membengkak. Penyakit ini akan terjadi sekitar 10% pada wanita yang sedang hamil atau mengalami menopause. Bentuknya dari varises vagina menyerupai benjolan kebiruan akibat pembuluh darah yang membengkak di sekitar kabino minora dan majora, penyakit ini akan menimbulkan benjolan di bibir vagina. Anda tidak akan mengalami rasa sakit, tapi akan merasakan mengganjal, menyebabkan gatal, dan adanya pendarahan.

  1. Herpes genital

Herpes genital ialah penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). Biasanya akan ditandai dengan munculnya benjolan di dalam vagina atau bentol yang berair pada kelamaluan, anus, serta mulut. Herpes genital dapat menyebar melalui sentuhan, namun lebih sering tersebar lewat hubungan seksual.

Jika Anda memiliki penyakit benjolan di bibir vagina akan menimbulkan herpes genital dapat menular lewat berbungan intim melalui Miss.V, oral (lewat mulut), atau anal (melalui anus). Tidak ada obat untuk herpes genital, akan tetapi level keparahan dan lamanya gejala yang timbul dapat dikontrol oleh obat antivirus.

  1. Kista

Penyakit ini berbentuk benjolan bulat yang berwarna kekuningan, biasanya terjadi pada daerah intim wanita. Kista pada bagian Miss.V akan terasa seperti bola kecil atau kerikil lembut yang sudah digerakkan. Jika Anda terjangkit penyakit ini lebih baik segera hubungi ke dokter.

Kista ini biasanya tidak akan menimbulkan gejala rasa sakit. Hanya saja, ukurannya lebih besar dan dapat menyebabkan ketidaknyamannya saat berhubungan seksual, saat berjalan atau berolahraga, dan saat memakai pembalut jenis tampon. Apabila, Anda merasa sakit dan nyeri tandanya itu terjadi komplikasi abses vagina, yakni berbentuk sekumpulan nanah dan cairan yang bisa menyebabkan kemerahan, nyeri, serta bengkak.

  1. Fordyce spots

Bintik-bintik fordyce ialah benjolan di bibir vagina atau titik-titik kecil atau putih kekuningan berukuran 1-5 mm, yang umumnya timbul di bagian dalam vulva. Fordyce spots juga bisa timbul area pipi, bagian tepi bibir, bahkan di buah zakar. Biasanya, bintik-bintik ini mulai terlihat pada masa pubertas sampai dewasa, tidak berbahaya, dan tidak muncul rasa nyeri. Akan tetapi, kondisi ini perlu segara periksa ke dokter, karena beberapa penyakit menular seksual dapat mulai dari fordyce spots pada alat kemaluan. Jangan memencet bintik-bintik ini.

 

Pengobatan Benjolan di Dalam Vagina

Sahabat Pandawa, sudah membaca penjelasan di atas, jika mengalami gangguan tersebut segera periksalah ke dokter. Penaganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi benjolan di dalam vagina tergantuk pada penyebabnya. Anda tidak dapat melakukan perawatan di rumah, penyakit ini jika dibiarkan dapat menimbulkan gejala yang sangat parah dan berbahaya.

Pasikan untuk segera mengkonsultasikan ke dokter kulit dan kelamin jika Anda merasa curiga adanya benjolan di dalam vagina, terutama bila benjolan tersebut disertai dengan keluhan lainnya, seperti rasa nyeri, gatal, serta keluar darah atau cairan di vagina. Klinik Pandawa merupakan klinik terpercaya di Jakarta, klinik yang mengkhususkan kulit dan kelamin. Klnik kami mempunyai dokter professional dan pengalaman.

Jika Sahabat Pandawa membutuhkan informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter online kami lewat link berikut ini Konsultasi Online Gratis. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337/ Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.