Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Wapada! Penyakit Trikomoniasis Infeksi Menular Seksual Dapat Menyebabkan Kemandulan

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Trikomoniasis Infeksi Menular Seksual Dapat Menyebabkan Kemandulan

trikomoniasis

Sahabat Pandawa, setiap perempuan jika sudah menikah pastinya ingin mempunyai keturunan. Terlebih lagi seorang wanita tidak akan berfikiran kalau dia akan tertular penyakit infeksi menular seksual (IMS) sering kali mempengaruhi peluang mempunyai keturunan. Ini karena sebagian dari infeksi tersebut memengaruhi kesehatan organ reproduksi kewanitaan, termasuk menganggu sistem kerjanya. Salah satu yang disebut dapat membuat wanita jadi sulit hamil adalah penyakit trikomoniasis. Penyakit ini bahkan sering disebut salah satu kelompok infeksi menular seksual yang paling umum terjadi.

Penyakit ini tidak hanya menyerang pada wanita saja akan tetapi pria juga dapat terserang penyakit tersebut. namun, yang paling gampang tertular ialah wanita yang aktif dalam hubungan intim. Penularan dari penyakit ini terjadi melalui hubungan seksual. Selain berhubungan intim secara langsung, penularan dapat juga terjadi apabila sering berbagai seks atau sex toys dengan orang lain. Masa inkubasi dari parasite penyebab trikomoniasis biasanya terjadi dalam rentang waktu hingga 28 hari setelah infeksi ini terjadi.

Penyakit ini bisa tertlar melalui seks vaginal, oral, dan seks anal. Meskipun begitu, aktivitas ciuman dan penggunaan barang bersama dengan pengidap, seperti alat makan, duduk kamar mandi, atau handuk yang bersamaan tidak bisa menjadi barang penularan. Hingga setengah dari orang yang terinfeksi tidak akan memiliki tanda atau gejala sama sekali. Pria dengan trikomoniasis jarang memiliki gejala. Jika Anda mendapatkan ciri-ciri dan gejala biasanya gejala tersebut dalam waktu sebulan setelah bersentuhan dengan trichomanas ada beberapa gejala yang dapat diperhatikan. Yuk simak artikel di bawah ini.

Definisi Trikomoniasis

Penyakit Trikomoniasis adalah salah satu jenis penyakit infeksi menular seksual yang disebabkan oleh parasite trichomonas vaginalis. Parasite ini paling sering ditularkan melalui hubungan seksual per vagina, oral ataupun anal. Gejala ini yang dapat ditemukan pada infeksi trikomoniasis antara lain:

  • Keputihan kekuningan atau kehijauan dan berbau busuk
  • Rasa terbakar, nyeri, dan gatal pada daerah kemaluan
  • Nyeri saat kencing dan saat berhubungan seksual.

Infeksi trikomoniasis ini biasanya terjadi di vagina saja. Namun bila tidak ditangani dengan baik dan tidak mendapat pengobatan hingga sembuh, infeksi ini dapat naik ke organ reproduksi yang lebih atas seperti rahim, tuba fallopi, dan ovarium. Infeksi yang telah mengenai organ reproduksi yang lebih atas ini disebut dengan penyakit radang panggul. Penyakit radang panggul dapat menyebabkan berbagai komplikasi, salah satunya adalah kemandulan. Kemandulan dapat terjadi karena infeksi pada organ reproduksi dapat menyebabkan reaksi peradangan dan perlengketan pada organ reproduksi.

Gejalanya Trikomoniasis Berbeda pada Pengidap Wanita dan Pria

National Health Service mengatakan, gejala trikomoniasis umumnya akan berkembang dalam waktu satu bulan setelah terjadinya penularan infeksi seksual. Namun, masalah reproduksi ini sering tidak menimbulkan gejala. Jika tanda muncul, ini bisa mirip dengan gejala penyakit menular lainnya, sehingga sering terjadi kesalahan diagnosis. Kamu perlu tahu, ternyata trikomoniasis yang terjadi pada wanita dan pria memiliki perbedaan. Apa perbedaannya?

Gejala pada Wanita

Trikomoniasis pada perempuan berdampak pada Miss.V dan saluran pembuangan urine atau uretra. Gejalanya berupa:

  • Nyeri pada perut bagian bawah;
  • Nyeri saat buang air kecil atau berhubungan intim;
  • Keputihan abnormal, yakni cairan menjadi kental, encer, berbusa, bau amis, dan berwarna kekuningan atau kehijauan;
  • Nyeri, bengkak dan gatal di area vagina dan paha bagian dalam.

Gejala Trikomoniasis Pria

Sementara itu, trikomoniasis pada pria menyerang uretra, penis, dan kelenjar prostat. Gejalanya berupa:

  • Frekuensi buang air kecil meningkat;
  • Nyeri saat buang air kecil dan ejakulasi;
  • Muncul cairan putih dari penis;
  • Nyeri, bengkak dan kemerahan pada ujung penis.

 

Penyebab yang Terjadi Pada Wanita

Pada wanita yang sedang hamil, infeksi trikomoniasis juga dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang berbahaya bagi bayi dalam kandungan, diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan risiko terjadinya ketuban pecah dini
  • Meningkatakan risiko melahirkan bayi prematur
  • Melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah
  • Terjadinya penularan infeksi pada bayi saat persalinan
  • Infeksi trikomonas pada bayi dapat menyebabkan demam pada bayi baru lahir serta infeksi pada paru dan genital

Cara Mencegahnya Agar Seks Aman

Dikutip dari Mayo Clinic, tindakan pencegahan dari trikomoniasis tidak jauh berbeda dengan masalah penyakit menular seksual lainnya, yaitu:

  • Setia pada satu pasangan seksual atau tidak berganti-ganti pasangan.
  • Menggunakan kondom saat berhubungan intim dengan pasangan.
  • Pastikan alat atau mainan seks yang digunakan dalam keadaan bersi. Hindari penggunaan alat atau mainan seks secara bergantian.
  • Jika mengalami gejala yang disebutkan di atas, segera berbicara dengan dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat.
  • Jika positif terinfeksi trikomoniasis, lebih baik tidak melakukan hubungan intim sampai dinyatakan sembuh oleh dokter.
  • Pasangan terjangkit trikomoniasis perlu mendapat pengobatan dan tidak dianjurkan untuk berhubungan intim dengan pasangan setlah menjalani pengobatan sebelum dinyatakan sembuh.

Pengobatan di Klinik Pandawa

Setelah Anda membaca artikel tentang trikomoniasis memahami penyakit tersebut berserta gejala dan penyebabnya. Jika Anda menemukan adanya gejala atau ciri-ciri dari penyakit infeksi seksual maka segeralah melakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar tidak menimbulkan komplikasi berbahaya.

Salah satu tempat yang mempunyai dokter spesialis kulit dan kelamin adalah Klinik Pandawa. Klinik Pandawa memiliki dokter yang telah berpengalaman dalam menangani pasien dengan kasusu penyakit trikomoniasis atau penyakit infeksi seksual lainnnya. Sudah banyak pasien yang kami sembuhkan dan merasa puas atas layanan yang kami berikan.

Apabila Anda membutuhkan informasi seputar pengobatan infeksi seksual lainnya, maka Anda dapat melakukan konsultasi online kami secara gratis di link KONSULTASI ONLINE GRATIS atau Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin.