Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Vagina Terasa Gatal Akibat Bacterial Vaginiosis, Jangan Dibiarkan!

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Vagina Terasa Gatal Akibat Bacterial Vaginiosis, Jangan Dibiarkan!

vagina terasa gatal

Sahabat Pandawa, Kesehatan pada vagina memang bukan hal yang wajib dijaga. Pasalnya, oergan reproduksi kewanitaan ini sangat rentan mengalami beberapa gangguan pada Miss.V. Menjaga kelembapan pada Miss.V memanglah sangat penting tetapi jika Anda merasa vagina terasa gatal sebaiknya jangan disepelekan, karena akan mengakibatkan bacterial vagioniosis. Bakteri ini sangat berbahaya jika dibiarkan dan akan mengakibatkan penyakit menular seksual bagi pasangan yang aktif dalam hubungan seksual.

Tetapi apakah Anda tahu infeksi bacterial vaginiosis? Bakteri ini akan menunjukkan keputihan yang berlebihan dan vagina terasa gatal. Biasanya, tubuh Anda memiliki bakteri yang baik dan berfungsi untuk melindugi bagian tuubuh dari bakteri jahat yang dapat meneybabkan infeksi. Namun, pada pengidap bacterial vaginiosisi, jumlah bakteri yang sangat banyak ini tidak akan mampu melawan virus yang ada di dalam tubuh.

Biasanya pengidap ini terjadi pada wanita dari segala usia. Namun, sebagian besar pengidap bacterial vaginiosisi akan terjadi pada wanita yang dalam masanya sudah reproduksi, yaitu 15-44 tahun. Bakteri memang dibilang penyakit yang cukup ringan, tetapi jika ANda biarkan akan terjadi komplikasi yang sangat serius dan menjadi masalah yang sangat besar, seperti infeksi menular seksual. Apabila, bakteri ini terjadi pada ibu yang sedang mengandung, risiko yang akan dialami akan mengalami kompliaksi pada masa kehamilan menjadi lebih tinggi. Yuk, kenal lebih dekat tentang bacterial vaginiosis yang akanmenyebabkan vagina terasa gatal.

Kenapa Vagina Terasa Gatal?

Vagina terasa gatal memang sangat mengganggu, bahkan akanmembuat Anda merasa canggung saat berhubungan seksual, terlebih jika dalam kondisi yang tidak tepat. Umumnya, vagina terasa gatal bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, bukan berarti harus disepelekan. Sebab, vagina terasa gatal disebabkan oleh keputihan, atau kondisi kulit yang mempunyai penyakit eksim, psiriosis, bahkan bacterial vaginiosis. Nah, sudah dijelaskansalah satu gejala bacterial vaginiosis yang menyebabkan vagina terasa gatal dan menimbulkan penyakit menular seksual ( PMS ).

Mengenal Bacterial Vaginiosis

Bacterial Vaginiosis atau lebih dikenal dengan infeksi pada vagina yan terjadi ketika adanya ketidakseimbangan bakteri pada vagina. Hal ini dikarena salah satu penyebab umumnya dari keputihan. Bagi wanita yang mengandung, kondisi BV harus segera ditangani. Sebab gangguan vagina yang satu ini dapat mempengaruhi besar bagi kandungan di dalam perut.

 

Apa Saja Gejalanya? 

Tidak semua kana mengalami gejala tertentu. Namun, beberapa gejala umum pada penyakit ini, antara lain:

  • Keputihan hijau, putih atau berwarna abu-abu
  • MIss.V berbau amis atau berbau tidak sedap dan menimbulkan bacterial vaginiosis
  • Vagina terasa gatal
  • Miss.V terasa nyeri saat buang air kecil

Penyebab Yang Ditimbulkan

Penyakit ini akan muncul pada saat kesimbangan alami mikroorganisme di Miss.V akan terganggu. Ada beberapa bakteri yang tumbuh teralalu banyak, biasanya bakteri ini bernama lactobacillus atau bakteri baik tumbuh melebihi dari jumlah bakteri anaerob atau bakteri jahat. Ketidak keseimbangan ini dipicu oleh beberapa factor, antara lain:

  • Penggunaan sabun pembersih Miss.V
  • Bergonta-ganti pasangan saat hubungan seksual memicul vagina terasa gatal dan bacterial vaginiosis.
  • Memakai alat kontrasepsi.

Komplikasi Pada Pengidapnya

Penyakit ini akan menimbulkan komplikasi jika dibiarkan saja, antara lain:

  • Ibu yang sedang mengandung akan melahirkan bayi premature. Pengidap penyakit tersebut menyebabkan terlahir prematur dan bayi lahir dalam kondisi berat badan yang kurang.
  • Penyakit menular seksual. Pengidap penyakit ini akan meicu timbulnya penyakit menular seksual seperti herpes simpleks, gonore ( kencing nanah ), serta HIV/AIDS.
  • Risiko infeksi setelah operasi ginekologi. Pengidap penyakit ini akan membuat pasien rentan terhadap infeksi pasca bedah, terutama operasi kuretase dan histerektomi.
  • Mengidap radang panggul. Penyakit ini akan memicu munculnya radang panggul dan menyebar menjadi infeksi rahim, saluran tuba, serta meningkatkan risiko infertilitas.

 

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?

Dokter akan menanyakan riwayat kesehatan pasien dan pemeriksaan fisik. Dokter juga akan meminta pasien melakukan tes lainnya, seperti:

  • Pemeriksaan panggul. Dokter akan melihat ciri-ciri bacterial vaginiosis pada vagina pengidap. Dokter juga akan menekan perut pasien dengan satu tangan dan di saat bersamaan dokter akan memasukan jari ke dalam vagina pasien untuk memeriksa kemungkinan penyakit lain.
  • Pemeriksaan ph atau tingkat keasaman vagina. Pasien akan dinyatakan terkena penyakit ini jika tingkat ph vaginanya mencapai 4,5 atau lebih.
  • Mengambil sampel cairan dari vagina untuk diperiksa lebih lanjut.

Pengobatan Vaginiosis di Klinik Pandawa

Nah, Sahabat Pandawa, mulai sekarang harus selalu memperhatikan kesehatan pada Miss.V Anda ya agar terhindar dari berbagai macam penyakit seperti bacterial vaginiosis yang mungkin akan menyerang. Jangan ragu untuk konsultasikan kepada dokter kelamin agar masalah vaginamu cepat segera di lakukan pengecekkan. Setiap orang akan menunjukkan gejala yang berbeda-beda, Anda akan dapat menularkan virus lainnya kepada orang lain.

Klinik Pandawa dapat mengatasi vagina terasa gatal pada organ reproduksi kewanitaan Anda. Klinik Pandawa mempunyai dokter yang ahli dalam bidang kulit dan kelamin, jangan ragu untuk berkunjung di Klinik Kami karena sudah banyak pasien yang sudah sembuh dalam berbagai macam masalah penyakit. Terlebih lagi Klinik Pandawa sudah terkenal di Jakarta dan memiliki fasilitas yang lengkap bahkan Anda akan merasa nyaman.

Jika Anda merasa vagina terasa gatal atau seputar Miss.V lainnya, ajngan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter yang professional di layanan KONSULTASI GRATIS dengan nomor 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA)

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman