Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Vagina Bau Tak Sedap, Awas Gatal-Gatal dan Kenali Penyebabnya

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Setiap wanita harus menjaga kesehatan area bitalnya atau vaginanya masing-masing. Hal ini harus menjadi perhatian untuk setiap wanita ialah bau khas dari vagina. Apa kamu pernah alami atau mencium vagina bau tak sedap pada saat keputihan?

vagina bau tak sedap

Aroma vagina pada wanita biasanya sebagai acuan apakah area miss v kamu sehat atau tidak. Biasanya wanita mempunyai aroma vagina yang berbeda-beda dan taka da miss v yang bebas dari aroma yang khas. Vagina bau tak sedap yang cederung dapat mengganggu dan menyengat dapat menjadi masalah yang besar untuk kaum hawa.

Vagina bau tak sedap sendiri sering bikin wanita resah dan gelisah. Akan tetapi, biasanya kita lebih sensitif pada aroma Miss V kita dan bukan berarti orang sekitar kita bisa menciumnya. Beberapa factor yang dapat menyebabkan aroma vagina dapat berubah-ubah, seperti, lakukan aktivitas yang berkeringat ataupun berolahraga, sedang haid, keputihan dan perubahan tingkat keasaman vagina.

Namun, bila vagina bau tak sedap disertai dengan gejala yang lainnya, seperti timbul rasa perih, gatal-gatal, ataupun keluarkan cairan, jangan pernah kamu sepelekan. Berikut ini penyebab vagina bau tak sedap yang akan kita bahas lebih lanjut.

Baca juga: Cairan Vagina Baunya Tidak Sedap? Kenali Penyebabnya

Penyebab Vagina Bau Tak Sedap

Vagina adalah organ yang sangat penting bagi wanita. menjaga kesehatan dan pembersihan area vagina adalah hal utama untuk setiap wanita ialah baik untuk mengenali penyebab bau ataupun aroma vagina pada wanita yang dapat dialami kapan saja dan berguna untuk mengetahui apakah aroma vagina yang bau itu berbahaya atau tidak.

  • Adanya bakteri vaginosis (bakteri vaginosis). Vagina memiliki sekelompok bakteri yang baik yang melindungi vagina dengan membuat keasaman pada vagina. Namun, seperti bakteri vaginosis, jumlah bakteri berkurang dan terinfeksi bakteri. Kemudian, keasaman vagina berkurang dan memicu tingkatnya bakteri penyakit. Bau vagina tidak sedap adalah salah satu gejala yang timbul dari penyakit ini. Munculnya bakteri vaginosis juga dapat menyebabkan munculnya gatal vagina, keputihan yang berbau bahkan bisa hijau, dan sakit saat buang air kecil.
  • Infeksi jamur terhadap Candida albicans. Pada dasarnya, jamur ini alami di vagina. Tetapi saat itu muncul kembali, jamur ini dapat menyebabkan masalah. Biasanya, infeksi jamur alami terhadap wanita alami dapat dipengaruhi oleh kehamilan, Imun tubuh rendah, stres atau lingkungan sekitar. Kamu dapat mengenali gejala infeksi jamur ini, dari gatal ke vagina, vagina bengkak, rasa sakit buang air kecil, ruam pada vagina dan keputihan yang berbau.
  • Trikomoniasis. Situasi ini ialah penyakit menular seksual. Ini disebabkan oleh infeksi parasit trikomonosis vagina. Penyakit ini ditularkan oleh seks dan sangat berbahaya, seperti tak gunakan kondom. Beberapa gejala yang sering muncul dalam penyakit ini, seperti vagina gatal, vagina bau tak sedap, rasa sakit ketika mereka berhubungan seks.
  • Penggunaan vagina douching. Douching ialah teknik yang membersihkan bagian dalam vagina dengan menyemprotkan cairan menggunakan cuka, soda, ataupun yodium, dan parfum. Dengan cara ini, artinya kamu sudah hilangkan dan membuang seluruh bekteri baik yang ada di area miss v. dan membuka jalannya timbul bakteri jahat yang bisa sebabkan vagina bau tak sedap dan mengakibatkan infeksi pada vagina.
  • Perubahan hormone. Bila kamu sedang alami hormone yang berubah-ubah, entah dikarenakan menggunakan pil KB ataupun sedang jalani hormone yang bisa menyebabkan bakteri meningkat dan otomatis alami vagina bau tak sedap.

Pencegahan agar Vagina Tidak Berbau 

Ada yang dapat kamu coba untuk mencegah vagina bau tak sedap, yakni:

  • Menjaga kebersihan Vagina

    Jika Anda haid atataupun keputihan, perhatikan penggunaan pembalut higienis atau pantyiner. Jangan lupa untuk rajin mengganti pembalut agar higienis. Jangan menunggu sehari atau lebih dari 6 jam. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit genital, bahkan kamu juga dapat disebabkan infeksi menular seksual dengan pasangan kamu.

Menjaga kebersihan vagina juga tidak perlu menggunakan sabun ataupun douching. Karena penggunaan sabun akan mengubah keseimbangan pH dan bakteri yang baik ke dalam vagina. Kamu dapat membersihkan vagina dengan menyiramnya dengan air bersih dari depan dan bukan dari belakang. Maka Kamu dapat mengeringkannya dengan handuk atau kain dengan cara lap yang lembut.

  • Menganti celana dalam dengan rajin

Walaupun kamu sedang tidak menstruasi, Kamu juga ganti pakaian dalam Kamu. Hal ini baik untuk mencegah vagina bau tak sedap. Vagina bau tak sedap muncul karena campuran keringat, sisa urin atau pelepasan vagina melekat pada pakaian dalam. Nah, begitu juga Kamu ketika kamu membeli pakaian dalam yang baru, cucilah celana dalam terlebih dahulu. Karena pakaian yang baru biasanya masih tersimpan adanya bakteri atau sisa pengawet.

  • Hindari berhubungan intim yang tidak aman

Kondisi ini akan meningkatkan kamu alami penyakit menular seksual, seperti kencing nanah, sifilis, herpes, HIV dan kutu kelamin. Oleh karena itu, kamu harus tahu riwayat dari pasangan kamu dan gunakan alat kontrasepsi.

 

Cara Mengobati Vagina Bau di Klinik Pandawa

Jika Anda memiliki aroma yang bau pada vagina, jangan ragu untuk datang ke Klinik Pandawa. Karena klinik ini adalah salah satu klinik terbaik dalam atasi pasien ginekologi. Banyak pasien memiliki banyak pasien dengan masalah bau pada vagina yang disembuhkan dengan baik dan kembali memulai aktivitas seperti biasa.

Klinik Pandawa memiliki dokter yang sangat berprofesional dalam pengobatan pasien dengan keluhan vagina dan penyakit menular seksual lainnya. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk mendapatkan pengobatan yang terbaik dan dapat diandalkan.

Jika Anda memerlukan informasi tambahan, silakan berkonsultasi dengan dokter kami secara gratis melalui konsultasi atau hubungi 0821-1141-0672 / 021-62313337 WhatsApp / SMS / TEL. Kami senang melayani Anda. Semua rahasia medis dijamin.