Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Ternyata Ini Penyebab Sperma Encer dan Tidak Subur, Benarkah?

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Ternyata Ini Penyebab Sperma Encer dan Tidak Subur, Benarkah?

penyebab sperma encer

Sperma memang hal yang sangat dibutuhkan untuk mempunyai keturunan. Apalagi untuk pasangan yang baru saja menikah, pastinya menginginkan memiliki keturunan yang cepat. Akan tetapi, sperma mempunyai kualitas yang sangat berpengaruh pada rencana kehamilan yang dimiliki suatu pasangan. Namun, berbicara tentang kualitas sperma, tidak sedikit pria yang menghubungjan sperma encer dengan ciri-ciri ketidak suburban alias kualitas sperma yang buruk. Banyak yang menganggap sperma yang encer tidak akan mampu membuahi sel telur perempuan. Akan tetapi, Sahabat Pandawa tidak boleh meremehkan kondisi ini.

Banyak pria yang mengkhawtirkan ketika spermanya memiliki encer. Sperma yang normal biasanya akan kental dan berwarna keputihan. Namun, beberapa kondisi kedokteran dan pola hidup yang buruk dapat mengubah warna dan konsistensi pada sperma.  Kualitas sperma ialah suatu hal yang sangat penting untuk pria. Meskipun, terdapat berbagai tekstur sperma, tetapi sperma yang terlalu cair dapat mendatangkan rasa kebingungan dan khawatir. secara ilmiah, ada pria yang memiliki sperma yang encer namun ciri-ciri sperma yang terlalu cair ini aka lebih disadari sebelum Sahabat Pandawa mempunyai tekstur sperma yang lebih kental. Yuk kenali kebih dekat penyabab sperma encer di bawah ini.

Penyebab Sperma Encer

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena sebagian besar dapat diobati atau dicegah sejak dini. Berikut beberapa penyebab sperma encer pada pria:

  1. Oligospermia

Oligospermia adalah kondisi di mana jumlah sperma rendah, hal ini menandakan air mani yang keluar ketika orgasme mengandung jumlah sperma yang lebih sedikit dari kadar normal. Ada beberapa penyebab oligospermia, meliputi:

  • Varikokel, merupakan pembengkakan pembuluh darah dalam skrotum (kantung zakar).
  • Infeksi, seperti gonore yang merupakan penyakit menular seksual atau adanya infeksi jenis lain yang dapat menyebabkan peradangan pada organ reproduksi.
  • Tumor, bisa dalam bentuk tumor ganas atau jinak di bagian testis yang dapat memengaruhi kualitas sperma yang diproduksi.
  • Hormon yang tidak seimbang, perubahan hormon dapat memengaruhi produksi sperma.
  1. Sering Ejakulasi

Penyebab sperma encer karena ejakulasi, Ejakulasi adalah kondisi di saat pria mengalami orgasme dan mengeluarkan sperma setelah melakukan seks. Terlalu sering ejakulasi dapat memengaruhi kualitas sperma yang keluar. Hitung berapa kali Anda mastrubasi dalam sehari, karena kualitas sperma setelah ejakulasi pertama cenderung encer dan berair. Untuk mengembalikan kondisi sperma, tubuh Anda mungkin memerlukan beberapa jam dalam mempersiapkan stamina agar tidak loyo saat beraktivitas seksual.

  1. Pra-Ejakulasi

Jika Anda memiliki sperma yang encer dan berair, lihat juga warnanya, apakah putih, kekuningan, atau keabu-abuan? Sperma yang jernih adalah cairan pra-ejakulasi yang dikeluarkan selama pemanasan sebelum aktivitas seks berlangsung. Pada pra-ejakulasi biasanya sudah mengandung sejumlah sperma.

  1. Kekurangan Zinc (Seng)

Penyebab sperma encer yang berikutnya adalah kurangnya mineral zinc atau seng di dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung seng sulfat untuk mengembalikan kualitas dan kesuburan pria.

Ciri-Ciri Sperma yang Cair

Berikut ciri sperma encer yang perlu Anda waspadai, karena jika terjadi secara terus-menerus dapat memengaruhi kesuburan:

  • Sperma bertekstur cair. Ciri utama dari sperma encer adalah teksturnya yang tidak kental dan tidak lengket, bahkan cenderung cair. Kondisi ini bisa terjadi akibat kondisi medis atau pola hidup yang tidak baik.
  • Jumlah yang sedikit. Berbeda dengan sperma sehat, jumlah sperma encer cenderung lebih sedikit saat ejakulasi. Sebagian besar pria merasa tidak percaya diri karena memiliki sperma encer, mudah loyo, dan imunitas tubuh menurun.
  • Aroma sperma yang tidak sedap. Tidak semua pria dengan sperma encer memiliki aroma sperma yang tidak sedap. Jika sperma memiliki bau yang tidak sedap, segera periksa ke dokter untuk mengidentifikasi adanya penyakit tertentu.

Sperma Encer dan Kaitannya dengan Kesuburan

kekentalan air mani dan berperan untuk melakukan pada organ reproduksi wanita, sehingga meningkatkan kemungkinan sperma telur untuk pembuahan. Selanjutnya, kekentalan air mani dapat mempengaruhi pergerakan sperma untuk membuahi sel telur.

Untuk menemukan dan menentukan air mani dan sperma yang sehat dan normal, tidak cukup untuk secara fisik melihatnya. Cara mengatasi sperma encer dapat melakukan pemeriksaan untuk kebutuhan analisis sperma dan konsultasi dengan spesialis urologi dan andrologi. Tujuan analisis ini untuk memeriksa kualitas, kuantitas dan sperma sehat dan air mani. analisis sperma adalah untuk memeriksa volume air mani, waktu pencairan sperma, keasaman (pH), jumlah sperma serta kemampuan untuk bergerak, ukuran dan bentuk sperma.

Cara Mengatasi Sperma Encer

Perubahan gaya hidup dapat membantu Anda meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan, seperti:

  • Berhenti merokok.
  • Tidak minum alkohol.
  • Mengurangi stres pikiran.
  • Jumlah waktu tidur cukup.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Tidak menggunakan obat-obatan tertentu yang berdampak buruk pada kualitas sperma.

Dalam beberapa kasus, perubahan konsistensi sperma hanya bersifat sementara dan dapat diobati. Namun, ada banyak pilihan pengobatan yang tersedia jika Anda sedang melakukan program hamil dengan pasangan Anda. Minta bantuan dokter ahli untuk melakukan diagnosis lewat tes dan mencari opsi terbaik.

Pengobatan Sperma Encer di Klinik Pandawa

Klinik Pandawa dapat cara mengatasi sperma encer. Klinik kulit dan kelamin yang sudah terkenal di daerah Jakarta dan memiliki dokter yang professional, serta fasilitas yang lengkap membuat pasien merasa nyaman saat mengobati kondisinya di Klinik Pandawa. Tidak hanya mengobati penyakit tersebut, Klinik Pandawa dapat mengobati Andrologi dan Ginekologi, serta penyakit kulit dan kelamin lainnya.

Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan seputar apa saja penyebab sperma encer dan penyakit lainnya dapat BERKONSULTASI ONLINE GRATIS dengan dokter kami dan Klinik Pandawa mempunyai dokter ahli dalam bidang kulit dan kelamin serta sudah terkenal di Jakarta. Anda dapat menghubungi di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA).