Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Selaput Dara Dapat Robek Tanpa Disengaja, Bukan Akibat Hubungan Seksual

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Selaput dara robek

Setiap perempuan tentunya mempunyai selaput dara yang berbeda-beda. Selaput dara merupakan salah satu yang sering dikaitkan oleh keperawanan seorang perempuan. Sampai saat ini, selaput dara menjadi tolak ukur untuk keperawanan perempuan. Padahal, setiap perempuan mempunyai selpaut dara yang berbeda. Ada beberapa penyebab selaput dara robek, padahal perempuan tersebut belum pernah melakukan hubungan seksual. Simak lebih  jelasnya artikel di bawah ini.

 

Apakah selaput dara berhubungan dengan keperawanan?

Selaput dara ataupun hymen ialah salah satu bagian dari anotomi Miss V. dikutip dari sutter Health ialah jaringan kulit yang sangat tipis melapisi bukaan atau lubang Miss V. setiap perempuan juga mempunyai ukuran lubang ataupun bukaan dari bukaan dari selaput dara yang berbeda. Ada yang tebal dan leastis, tetapi ada juga yang tipis dan kurangnya elastis.

Bentuk dan elastis bisa berubah lewat hubungan intim, proses persalnan atau kondisi tertentu. Untuk itu, jarang sebagian besar orang yang mengaitkan selaput dara dengan keperawanan. Misalnya, biasanya orang menganggap bila selaput dara masih utuh atau tidak ada robekan berarti masuk kedalam bagian perawan.

Sementara itu, perempuan yang selaput daranya adanya robekkan artinya perempuan tersebut sudah tidak perawan karena dianggap sudah pernah lakukan hubungan seksual. Kenyataannya, penyabab hymen robek tidak hanya akibat hubungan intim saja. Bahkan ada juga perempuan yang terlahir tidak mempunyai selaput dara.

Bukan itu saja, ada juga kondisi selaput dara tak robek saat pertama kali hubungan intim karena strukturnya yang sangat tebal.

 

Penyebab selaput dara robek

Biasanya, sebagian orang mengira selaput dara yang robek diakibatkan hubungan seksual. Tetapi, banyak juga perempuan yang tak menyadari saat ternyata selaput daranya sudah terjadi kerobekan akibat kegiatan yang dilakukan sehari-hari.

Apalagi, saat hymen robek kemungkinan kamu tak merasakan sakit ataupun pendarahan yang hebat. Berikut ini berbagai penyebab hymen robek tanpa behubungan seksual.

  1. Kecelakaan ataupun cedera

Selaput dara dapat robek karena kecelakaan atau cedar sehingga membuat daerah kewanitaan terluka. Awalnya, ini untuk bagian vulva atau perineum tidak kuat menopang berat serta benturan efek kecelakaan atau cedera. Selaput dara juga dapat terjadi saat kamu terjatuh.

  1. Olahraga yang ekstream

Faktanya, olahraga yang ekstream juga dapat menjadi penyebab hymen robek. Sebagai contoh, olahraga lainnya banyak gunakan kaki. Namun, selaput dara robek akibat olahraga yang disebutkan di atas bisa terjadi saat kamu mengalami jatuh atau cedar yang cukup parah. Jika kamu melakukan olahraga yang benar, tekanan pada bagian selangkangan cukup untuk membuat hymen robek.

  1. Pemeriksaan vagina atau panggul

Ada kalanya kamu harus lakukan pemeriksaan seluruh tubuh termasuk organ seksual untuk mengetahui apakah kamu alamu masalah kesehatan wanita. Pemerksaan alat reproduksi wanita dengan gunakan alat yang dimasukkan ke dalam miss V dalam kasus tertentu juga dapat jadi penyebab hymen robek.

Alat medis dalam ukuran apapun bisa jadi pemicu selaout dara robek saat dokter berusaha memasukkan alat ketika pemeksaan. Selain menggunakan alat medis, beberapa benda dengan sengaja yang dilakukan ke dalam organ intim akan membuat selaput dara robek.

  1. Peregangan terlalu berat.

Jangan lupa bahwa hymen atau selaput dara dapat robek, pecah, atau meragang saat lakukan kegiatan terlalu berat. Saat seorang perempuan lakukan pelatihan pergangan yang berat sampai alami cedera, hal ini juga menjadi penyebab hymen robek. Pada dasarnya, selaput dara seorang wanita tidak sama. Selaput dara ada yang tipis dan tebal yang sangat sulut untuk robek.

  1. Memasukkan tampon dan cup menstruasi

Alat menstruasi selain menggunakan pembalut seperti tampon ataupun menstruasi cup bisa digunakan oleh siapa pun, baik yang belum maupun yang sudah pernah lakukan hubungan seksual.

Dikutip dari kids health tertulis bahwa menggunakan tampon atau menstruasi cup terkadang bisa jadi penyebab hymen robek dan meregang. Akan tetapi, kondisi ini tak menajdi perempuan kehilangan keperawanan karena tak berhubungan seksual.

Apabila kamu pernah mengalami kondisi yang sudah dijelaskan dia tas, sebaiknya lakukan pemeriksaan di Klinik Pandawa untuk memastikan apakah selaput dara kamu sudah robek atau belum. Mengingat di Indonesia ini, selaput dara menjadi tolak ukur untuk perempuan penah atau tidak pernah lakukan hubungan intim.

Baca juga : Selaput Darah Robek, Atasi dengan Hymenoplasty (Operasi Keperawanan)

 

Cara Mengembalikan Selaput Dara Seperti Semula

Jika selaput dara kamu sudah robek, kamu tidak perlu khawatir karena selaput dara dapat kembali jika menggunakan metode hymenoplasty. Yups, operasi keperawanan. oeprasi ini akan dilaukan di Klinik Pandawa bersama dokter ahli kami dan juga didampingi asisten dokter yang sudah di percaya.

Untuk itu, kamu dapat lakukan prosedur hymenoplasty secara cepat hanya 30 menit saja dan langsung pulang. Nah, kamu dapat lakukan reservasi terlebih dahulu atau konsultasi online gratis dengan dokter online kami. Kamu dapat menghubungi dokter online 0811-8820-172. Kami sangat menjaga kerahasian pasien.