Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Awas! Radang Panggul Berbahaya Bagi Wanita

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

radang panggul

Radang panggul yang Kamu derita dapat meningkatkan risiko kesulitan mendapatkan keturunan dalam keluarga. Ada wanita yang sulit memiliki anak. Banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini, salah satunya adalah peradangan panggul. Penyakit ini harus diawasi oleh setiap wanita. Yuk simak lebih lanjut.

Baca juga : Waspada! Ternyata ini Penyebab Radang Testis Mempengaruhi Kesuburan Suami

Definisi Radang Panggul

Peradangan baskom adalah infeksi yang menginfeksi serviks (uterus), uterus (uterus), mesin pemotong tuba (saluran ovarium) dan ovarium (ovarium). Dalam istilah kedokteran disebut dengan Adnelite atau lebih dikenal sebagai penyakit radang panggul (PID).

 

Penyebab Radang Panggul

Penyebab radang panggul ialah disebabkan oleh sejumlah hal, salah satunya Endometriosis. Endometriosis adalah suatu kondisi ketika jaringan yang seharusnya menutupi dinding uterus (endometrium) meningkat dan menumpuk di luar rahim. Jaringan ini dapat berkembang di ovarium, usus, tabung fallopi, vagina atau rektum (bagian terakhir dari usus yang terhubung ke anus).

Dalam keadaan normal, jaringan dinding rahim mengental ketika seorang wanita akan menjalani periode ovulasi. Ini adalah upaya untuk mempersiapkan agar kandidat janin dapat menempel pada rahim jika pembuahan terjadi.

Namun, dalam kondisi endometriosis, darah mengendap dan tidak bisa keluar karena terletak di luar rahim. Akibatnya, setoran akan mengiritasi jaringan di sekitarnya.

Tetapi jika pembuahan tidak terjadi, endometrium yang telah menebal akan meningkat dan keluar dari tubuh dalam bentuk darah. Kondisi ini dialami oleh perempuan setiap bulan yang disebut menstruasi.

Seiring waktu, deposisi yang terjadi memicu peradangan, kista, jaringan parut dan pada akhirnya memprovokasi gangguan lain lainnya. Ini dapat menyebabkan keluhan rasa sakit, bahkan dapat menyebabkan infertilitas.

 

Stadium Endometriosis pada Radang Panggul

Berdasarkan lokasi, jumlah, ukuran dan kedalaman lapisan endometrium, endometriosis pada radang panggul dibagi menjadi empat level. Berikut adalah empat tingkat endometriosis dan ciri-cirinya:

  • Endometriosis Mininal

Pada tahap awal, jaringan endometri kecil dangkal akan muncul di ovarium. Selain itu, radang panggul ini bisa saja terjadi di area rongga panggul.

  • Endometriosis Ringan

Pada tahap ringan, ada kain endometri kecil dangkal di dinding ovarium dan panggul.

  • Endometriosis Menengah.

Rata-rata endometriosis menimbulkan jaringan endometrium yang cukup di ovarium.

  • Endometriosis Berat

Dalam tahap keras, ada jaringan endometri internal di ovarium, dinding panggul, saluran ovarium dan usus.

 

Gejala Endometriosis pada Radang Panggul

Secara umum, gejala endometriosis pada peradangan panggul dalam membuat rasa sakit di perut bagian bawah. Setiap wanita akan merasakan tingkat keparahan rasa sakit yang berbeda. Rasa sakit akan semakin terasa saat haid atau berhubungan badan.

Gejala endometriosis berikut pada peradangan panggul yang harus kamu perhatikan:

  • Nyeri yang luar biasa saat datang bulan

Wanita yang sedang datang bulan biasanya akan mengalami ketidaknyamanan di perut. Terutama jika wanita itu menderita endometriosis. Wanita yang memiliki endometriosis pada peradangan panggul, ketika menstruasi merasakan sakit yang luar biasa di bagian bawah perutnya. Bahkan, rasa sakit dapat menyebar ke belakang dan menyebabkan kram serius di perut membuatnya sulit untuk bergerak. Obat untuk menghilangkan rasa sakit saat menstruasi tidak bekerja untuk mengurangi perasaan sakit. Biasanya, rasa sakit yang hebat ini akan muncul sebelum menstruasi hingga beberapa hari setelah menstruasi.

  • Nyeri saat buang air besar

Wanita dengan endometriosis dalam radang panggul akan merasakan sakit selama selatan dan buang air besar. Memang, endometriosis yang menyerang uterus ini dapat memengaruhi sistem sekresi dalam usus. Kemudian pembengkakan di zona usus dan kandung kemih. Selain itu, endometriosis juga dapat menyebabkan konstipasi dan diare disertai dengan darah pada bahan tinja.

  • Merasakan rasa sakit saat hubungan seksual

Merasa sakit saat berhubungan seks adalah gejala endometriosis pada radang panggul. Setiap penderitaan endometriosis dapat merasakan sakit di berbagai bagian, tergantung pada lokasi endometriosis. Jika penyakit ini terjadi di belakang vagina dan pada bagian terendah rahim yang mempengaruhi saraf atau kewajiban rahim, nafas akan mengalami rasa sakit yang luar biasa selama penetrasi. Bahkan, ada wanita yang akan merasa sakit bahkan jika mereka selesai. Rasa sakit yang terjadi dapat dirasakan selama beberapa hari.

  • Pendarahan

Pengalaman perdarahan dalam banyak volume selama menstruasi adalah gejala endometriosis berikutnya. Seringkali, darah jatuh ke dalam bentuk. Kadang-kadang wanita dengan endometriosis juga dapat meningkatkan darah bahkan jika mereka tidak menstruasi.

  • Mual dan merasa lelah

Jika Anda merasa mual dan Anda dengan cepat merasa lelah, Anda bisa mendapatkan endometriosis.

  • Subfertilitas atau susah hamil

Endometriosis dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Dalam beberapa kasus, seorang wanita telah menemukan wanita yang sulit hamil dan baru saja menemukan bahwa dia menderita endometriosis setelah memeriksa dokter.

 

Pengobatan Radang Panggul di Klinik Pandawa

Pasien dengan penyakit radang panggul akut akan menerima obat-obatan yang dapat diinfus di Klinik Pandawa. Agar infeksi hilang sepenuhnya, obat harus diselesaikan sampai selesai sesuai dengan periode konsumsi yang direkomendasikan oleh dokter.

Orang yang menderita radang panggul yang menggunakan kontrasepsi IUD, dokter akan menganjurkan pencabutan kontrasepsi jika gejala tidak membaik setelah beberapa hari.

Jika abses muncul pada organ yang terinfeksi dan ada jaringan parut yang menyebabkan rasa sakit, prosedur operasi akan dilakukan. Tindakan ini dilakukan dengan membuka perut (laparoskopi) atau dengan invasif bedah minimum (laparoskopi), untuk mengangkat atau menguras abses dan memotong jaringan parut.

Untuk mencegah penyebaran infeksi, pasangan seksual juga disarankan untuk menjalani ujian dan perawatan. Pasien dan mitra mereka juga disarankan agar Anda tidak berhubungan seks selama proses pemrosesan.

Kami merupakan klinik yang terbaik untuk mengatasi keluhaan seputar kelamin dan kulit. Untuk itu, kamu dapat melakukan penyembuhan peradangan panggul. Dokter yang berpengalaman, perangkat medis modern, dan fasilitas yang memadai di Klinik Pandwa pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menyembuhkan radang panggul. Dokter Klinik Pandawa akan menyarankan perawatan atau tindakan medis yang tepat untuk menangani peradangan panggul yang Kamu temui.

Jika Kamu memerlukan informasi dan ingin lakukan reservasi, kamu dapat melalui Konsultasi Online Gratis dengan dokter kami melalui konsultasi online gratis atau hubungi 0821-1141-0672 / 021-62313337 WhatsApp / SMS / Telp. Kami akan dengan senang hati melayani Anda. Semua rahasia medis Anda dijamin.