Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Pria Perlu Tahu, Penyebab Gairah Seks Berkurang dan Ciri-Ciri

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

penyebab gairah pria menurun

Merasakan gairah seks atau libido berkurang belakangan ini? Kamu wajib periksa kepada dokter ahlinya segera. Umumnya, gairah seksual atau libido ini memang bisa naik dan turun tergantung dari kondisi kamu. Tetapi bila kondisi ini terjadi pada pria dengan jangka waktu yang panjang tentu membuat khawatir. Untuk itu kamu harus tau apa saja yang menjadi penyebab gairah pria menurun.

Penyebab gairah pria menurun tentu bisa menjadi pemicu beberapa hal termasuk renggangnya hubungan kamu dan pasangan. Kondisi ini jangan terus kamu biarkan, segeralah diskusikan dengan pasangan dan kunjungi dokter ahlinya.

Ada beberapa gejala libido menurun, misalnya berhubungan intim hanya satu atau dua kali dalam sebulan dan merasa seks sudah tak semenarik dulu. Nah, yuk langsung saja kenali beberapa penyebab gairah pria menurun di bawah ini.

 

Tanda dan Gejala Libido Menurun:

  • Berhubungan seks hanya satu atau dua kali dalam kurun waktu satu bulan
  • Tidak pernah lagi menyentuh pasangan (mencium atau membelai) di luar kamar tidur
  • Seks tak lagi menarik seperti dahulu
  • Berhubungan seks hanya sebagai bentuk tanggung jawab seorang suami
  • Tidak menganggap seks sebagai bentuk kasih sayang, namun formalitas saja
  • Kadang melakukan seks dilandasi oleh keterpaksaan
  • Anda tidak lagi memiliki fantasi seksual terhadap pasangan

Coba tanyakan pada diri sendiri tentang hal-hal di atas. Semakin banyak tanda-tanda yang Anda alami, mungkin saatnya mulai mencari penyebab turunnya gairah seks dan coba mengatasinya.

Ingin Garang Saat Bercinta? Begini Cara meningkatkan Libido yang Menurun

Penyebab Gairah Pria Menurun

Dilansir dari Health Line, ada beberapa alasan yang menjadi penyebab gairah pria menurun, diantaranya seperti:

  1. Faktor Usia Bertambah Tua

Menjadi faktor utama penyebab gairah menurun yaitu bertambahnya usia. memasuki kepala 5 atau 6 akan sangat wajar bila libido menurun. Selain karena kemampuan produksi hormon melemah begitu juga akan mempengaruhi ereksi maupun orgasme.

  1. Gangguan Tidur

Menurut studi dari The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, menemukan bila pria mengalami gangguan tidur atau Obstructive sleep Apnea, akan mempengaruhi hormon sehingga menurun.

Dalam studi tersebut, peneliti menemukan bahwa hampir separuh dari mereka yang memiliki sleep apnea yang parah juga memiliki kadar hormon testosteron yang rendah pada malam hari. sehingga otomatis mempengaruhi gairah pria.

  1. Penyebab gairah pria menurun akibat Depresi dan banyak pikiran

Menurut studi dari Scientific Research and Essays menyebutkan, seseorang yang sedang depresi atau stres akan memberikan dampak dalam kehidupan seksual. Dengan kondisi ini akan mengganggu aliran darah pada penis sehingga memicu disfungsi ereksi pada pria.

Penyebab stres atau depresi pun bermacam-macam, dari urusan pekerjaan, rumah tangga, lingkungan ataupun diri sendiri. Sebab itu penting menjaga komunikasi pada pasangan agar terkendali dan mendapatkan pemikiran yang terbuka dan tidak ada beban pikiran.

  1. Konsumsi alcohol dan obat terlarang

Diketahui beberapa obat dan konsumsi alcohol berlebihan bisa pengaruhi hasrat seks menurun. penyebab gairah pria menurun inilah yang harus kamu hindari. Karena alcohol, obat-obatan, atau narkotika bisa memicu produksi hormon testosteron melemah. Begitu juga kandungan zat aktif yang ada di dalamnya bisa menurunkan produksi sperma, kesuburan hingga gairah seks.

Testosteron Terganggu? Begini Cara Meningkatkan Hormonnya

  1. Penyebab gairah pria menurun akibat Mengidap penyakit

Penyebab gairah menurun juga bisa dipicu oleh beberapa penyakit penyerta. Sebut saja seperti diabetes, obesitas, darah tinggi, kanker atau prostatitis. Penyakit-penyakit ini akan mengganggu produksi sperma pada tubuh hingga membuat libido menurun.

Saat ini terjadi, memang lebih baik melakukan pengobatan dan terapi penyembuhan. Namun, ada baiknya menjalankan pola hidup sehat jauh sebelum penyakit tersebut hinggap di tubuh. Begitu juga bila memiliki penyakit infeksi menular seksual dan mempunya perilaku seks bebas. Salah satu infeksi ini bisa saja mempengaruhi hormon testosteron melemah.

Penggunaan obat-obatan terkadang juga bisa menjadi efek samping sehingga memicu gairah berkurang. Sebab itu untuk mengatasi gairah seks menurun, dokter akan menanyakan riwayat penyakit ataupun riwayat seks.

  1. Restless legs syndrome

Restless Legs Syndrome (RLS) sendiri merupakan sebuah kondisi neurogologis yang menyebabkan seorang pria memiliki keinginan tak terkontrol untuk menggerakan kaki mereka. Biasanya ini disebabkan karena rasa tidak nyaman dan rasa sakit pada kaki. Sebuah penelitian menemuka, pria dengan RLS berisiko lebih tinggi untuk alami disfungsi ereksi dibandingkan mereka yang tidak memiliki RLS.

  1. Penyebab gairah pria menurun akibat Hormon Testosteron rendah

Penyebab gairah pria menurun akan selalu dikaitkan dengan hormon testosteron rendah sebab hormon ini bertugas membangun otot dan tulang serta merangsang produksi sperma. Tingkat testosteron inilah yang menjadi indicator pendorong seks seorang pria.

Testosteron dianggap rendah bila mencapai angka di bawah 300 hingga 350 nanogram. Jika kadar ini menurun, maka dorongan seks seorang pria juga semakin menurun. Penurunan testosteron adalah bagian normal dari penuaan. Namun, penurunan hormon testosteron yang drastis dapat menyebabkan libido menurun. Bicarakanlah hal ini dengan dokter andrologi, sebab hal ini bisa menjadi pemicu masalah kehidupan seks.

Cemas Akibat Sperma Berkurang? Ternyata Ini Penyebab Sperma Sedikit (Oligospermia)

Penanganan Libido Menurun

Usia merupakan faktor terbesar penyebab gairah pria menurun. Namun, faktor stres dan penyakit yang didapat dari gaya hidup tidak sehat juga bisa menjadi penyebab gairah pria menurun. untuk itu selalu menjaga pola dan hidup sehat, jangan lupa juga konsultasikan pada dokter andrologi.

Biasanya dokter akan menanyakan beberapa riwayat seks dan riwayat penyakit untuk menganalisisnya. Begitu juga dokter akan melakukan pemeriksaan dengan bantuan laboratorium untuk mengetahui penyebab pastinya. Jika diketahui disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyakit dan hormon testosteron rendah maka akan dilanjutkan dengan pemberian obat minum maupun suntik.

Apabila sahabat pandawa mengalami gangguan testis dan mengalami gejala sama seperti di atas. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kamu pun bisa berkonsultasi gratis atau buat janji bersama dokter andrologi Klinik Pandawa. Langsung saja WA/TLP/SMS di nomor 0821-1141-0672 atau klik KONSULTASI GRATIS. Rahasia terjamin.