Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Wajib Tahu, Ini Beberapa Penyebab Kemandulan Pada Pria ataupun Wanita

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

penyebab mandul

Kemandulan yang terjadi pada wanita maupun pria memang menjadi salah satu kabar yang menakutkan. Apalagi ini dapat menjadi salah satu penyebab mandul dan mengakibatkan sulitnya mempunyai keturunan. Infertilitas yang terjadi pada setiap pasangan suami istri jadi sebuah permasalahan karena proses pembuahan yang jadi tidak sempurna, meski pasangan itu telah akatif salah behubungan badan.

Dikutip dari jurnal Womens Health, kemandulan ataupun infertilitas pada wanita bisa mengurangi potensi untuk bisa hamil. Hal ini bisa dilihat setelah 1 tahun telah aktif secara seksual. Selain faktor usia memengarui terjadinya kemandulan, banyak sekali berbagai macam pemicunya. Kam yang ingin mengetahui penyebab kemandulan pada wanita, tidak peril khawatir karena Konsultasikelamin.com akan membahas mengenai penyebab mandul.

 

Apa itu infertilitas (mandul)?

Infertilitas, biasa dikatakan dengan kemandulan merupakan istilah yang juga dapat dikatakan dengan kegagalan, ketidakmampuan, atau tidak dapat menghasilkan sesuatu. Istilah kemandulan banyak dipakai dalam aspek reproduksi yang bertujuan untuk menghasilkan keturunan pada manusia dan makhluk hidup yang lain. Reproduksi terjadi melalui hubungan seksual antara laki- laki serta perempuan.( Penyebab Mandul)

Pada manusia, kemandulan berarti ketidakmampuan pasangan ataupun salah satunya buat mempunyai anak. Banyak aspek biologis yang bisa menimbulkan kemandulan, meskipun juga bisa ditangani dengan teknologi kedokteran.

 

Penyebab mandul pria dan wanita

Penyebab mandul pada laki- laki serta perempuan mungkin dapat berbeda. Mulai dari kondisi biologis sampai dipicu oleh perilaku sehari- hari. Kabar buruknya ialah seringkali ketidaksuburan ini tidak dikenal karena sebagian kebiasaan sederhana.

Kebiasaan berikut bisa menimbulkan kemandulan pada laki- laki serta perempuan:

 

  • Sering begadang dan kurang tidur

Beberapa penelitian membuktikan adanya hubungan antara kebiasaan tidur yang kurang baik serta haid yang tidak teratur. Datang bulan yang tidak teratur itu sendiri bisa jadi ialah pertanda dari kemandulan. Tidak hanya itu, kebiasaan kurang baik seperti terjaga pada malam juga erat kaitannya dengan kegemukan yang menimbulkan masalah ovulasi pada perempuan serta mani yang kurang sehat pada laki- laki. Sebuah penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Medical Science Monitor menciptakan kalau laki- laki yang tidur kurang dari 6 jam menghasilkan mani dengan kualitas yang kurang bagus dan juga jumlah yang sedikit.

 

  • Jarang berolahraga

Pola hidup sehat diperlukan buat menjaga kesehatan reproduksi. Olah raga yang tidak sering dapat mempengaruhi situasi alat reproduksi. Hal ini karena biasanya orang yang tidak sering olahraga alami kegemukan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kegemukan bisa mempengaruhi kualitas serta jumlah mani yang pastinya bisa jadi penyebab mandul.

Walaupun begitu, berolahraga berlebihan pula tidak dianjurkan. Berolahraga berat yang berlangsung lebih dari satu jam sehari ataupun lebih dari 7 jam seminggu bisa menimbulkan kemandulan baik pada laki- laki ataupun perempuan.

 

  • Merokok

Peringatan pada bungkus rokok kalau merokok bisa menimbulkan sebagian masalah reproduksi bukanlah isapan jempol. Permasalahan reproduksi ini tidak dengan cara langsung menimbulkan kemandulan pada laki- laki serta perempuan.

Tetapi, bila kamu mempunyai permasalahan dengan organ reproduksi, kamu mungkin alami kesulitan buat mempunyai anak. Dengan kata lain, merokok pula bisa jadi penyebab mandul serta mempengaruhi kesuburan laki- laki serta perempuan, walaupun dengan cara tidak langsung.

 

  • Stress

Stress bisa pengaruhi banyak aspek yang berhubungan dengan kesehatan kamu, reproduksi jadi salah satunya. Stress bisa jadi penyebab mandul pada laki- laki dan perempuan karena mengganggu siklus ovulasi pada perempuan serta menurunkan kualitas dan jumlah mani pada laki- laki. Tidak cuma itu, stress pula dapat mengganggu libido serta merendahkan gairah intim.

 

  • Mengonsumsi minuman beralkohol

Mengkonsumsi alkohol dikaitkan dengan kualitas mani yang dihasilkan. Suatu penelitian mengenai mani alkoholik temukan kalau hanya 12 persen responden yang mempunyai mani yang sehat. Riset lain berkata kalau wanita yang komsumsi lebih dari 3 cangkir alkohol dalam waktu satu minggu dapat hamil lebih lama.

 

  • Mengonsumsi junk food

Junk food sering kali dikaitkan dengan permasalahan kesehatan umum. Mengkonsumsi junk food yang berlebihan pula bisa jadi penyebab mandul pada laki- laki serta perempuan. Ini terkait dengan berat badan kamu. Tidak hanya itu, kandungan asam lemak trans pada fast food pula berperan besar dalam kemandulan. Dikutip dari DMarge, kandungan asam lemak trans yang sangat besar dapat kurangi kandungan mani secara ekstrem. Makan junk food pula menimbulkan kandungan gula darah naik, yang tidak bagus buat kesuburan.

 

  • Berhubungan seks tidak aman

Mempunyai banyak pasangan seks pula bisa jadi penyebab mandul, baik buat laki- laki ataupun perempuan. Dikarenakan seseorang yang terjangkit dengan penyakit menular seksual (PMS). Diketahui kalau PMS sendiri ialah pemicu utama kemandulan yang bisa dicegah. Infeksi genital bisa menutup saluran tuba falopi pada perempuan. Tipe penyakit menular seksual khusus juga bisa mengakibatkan keguguran serta mengganggu janin di dalam kandungan.

 

Cara mengatasi kemandulan

Kamu sudah tahu berbagai penyebab mandul yang sering terjadi pada laki-laki ataupun perempuan. Jika kamu alami kondisi ini maka kamu dapat mengonsultasikannya dengan dokter andrologi atau ginekologi.

KLINIK PANDAWA merupakan klinik andrologi dan ginekologi terbaik di Jakarta. Kami mempunyai dokter yang ahli dan juga profesional dalam mengatasi masalah penyakit kulit dan kelamin. Telah banyak pasien kita yang berhasil pulih dan puas dengan pelayanan Klinik Pandawa.

Jika Anda membutuhkan informasi dapat BERKONSULTASI ONLINE GRATIS  dengan dokter kami dan Klinik Pandawa mempunyai dokter ahli dalam bidang kulit dan kelamin. Anda dapat menghubungi di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA) dan klik layanan konsultasi untuk berkonsultasi online dengan dokter kami secara gratis.