Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Wajib Tahu! Penyebab Eksim Menganggu Wanita yang Sedang Hamil

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Wajib Tahu! Penyebab Eksim Menganggu Wanita yang Sedang Hamil

penyebab eksim

Sahabat Pandawa, jangan lupa selalu jaga kesehatannya ya di masa pandemik ini, selalu pakai masker jika keluar rumah. Sahabat Pandawa pernah mengalami penyakit eksim? Jika iya, berarti Anda harus ditangani dengan secepatnya. Apalagi, jika dialami oleh ibu hamil. Penyebab eksim memang sangat menganggu kesehatan bagi ibu yang sedang mengandung. Salami masa kehamilan, pasti Anda akan banyak perubahan yang secara fisik termasuk masalah pada kulit.

Apabila, Anda yang sedang hamil timbul bercak merah pada kulit dan disertai dengan rasa gatal, kemungkinan Anda sedang mengalami eksim. Banyak penyebab eksim pada ibu yang sedang hamil, seperti stress, alergi pada makanan, produk perawatan kulit, serta cuaca yang terlalu dingin atau panas. Jika wanita yang sudah pernah mengalami hal tersebut sebelum hamil, maka penyakit eksim ini akan muncul kembali, dan akan lebih sering kambuh, atau akan menjadi lebih buruk saat masa kehamilan.

Jika ibu hamil memiliki riwayat eksim sebelum hamil, maka eksim dapat memburuk selama kehamilan dan tidak menular seksual. Eksim dapat terjadi untuk pertama kalinya selama kehamilan. Diperkirakan hanya sekitar 20 hingga 40 persen wanita yang mengalami eksim selama kehamilan memiliki riwayat eksim sebelum hamil. Dokter dapat mendiagnosis eksim pada wanita yang sedang mengandung hanya saja melihat kulit dan biopsi. Untuk membantu mendeteksi gejala, biarkan dokter mengetahui perubahan apapun yang ibu hamil rasakan selama kehamilan.

Definisi Penyakit Eksim

Penyakit eksim atau dermatitis atopik merupakan suatu kondisi yang membuat kulit menjadi kemerahan, gatal, kulit kering hingga terasa terbakar berbeda dengan penyakit prurigo. Penyakit ini biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak, namun dapat juga terjadi pada orang dewasa juga. Penyakit ini biasanya banyak terjadi pada bagian kulit kepala, tangan, wajah terutama pipi. Kondisi ini tentunya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman serta mengganggu penampilan kamu. Penyakit eksim berbeda dengan penyakit kulit lainnya karena penyakit ini bersifat kronis atau bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Tidak hanya itu saja, penyakit ini akan hilang timbul atau kambuhan. Secara umum, penderitanya memiliki riwayat penyakit asma dan rintis alergi.

Biasanya penyakit ini akan menyerang bagian tubuh seperti tangan, kaki, lipatan paha dan telinga. Rasa gatal yang luar biasa akan membuat penderitanya merasa ingin menggaruknya. Tetapi sebaiknya hal ini jangan dilakukan karena dapat menumbulkan infeksi lainnya. Tidak hanya itu saja, penyakit ini dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan aktifitas dan tidur kamu terganggu. Maka dari itu, kamu harus mengetahui secara mendalam mulai dari gejala, penyebab, hingga pengobatan dari penyakit yang satu ini.

Penyebab Eksim Pada Wanita Hamil

Pada masa kehamilan, penyebab eksim biasanya terjadi pada awal bulan kehamilan. Terutama pada tahap awal kehamilan, di mana imun tubuh lebih rendah daripada biasanya untuk mempersiapkan perubahan pada tubuh. Di waktu ini, tanda-tanda awal eksim seperti muncul ruam merah dan nyeri saat digaruk pun mulai muncul. Kondisi ini bisa menjadi semakin parah saat ibu hamil sering stres.

Tidak hanya itu, sebagian permasalahan khusus juga seringkali menimbulkan eksim, seperti radang pada rongga mulut, sinusitis, serta beberapa penyakit lain yang mengakibatkan berbagai bakteri terdapat dalam badan, terus menjadi tingkatkan agresi antigen. Agresi inilah yang kemudian menyebabkan eksim tumbuh lebih banyak serta menyerang beberapa bagian tubuh lainnya. Penyakit ini sebenarnya hampir mirip dengan reaksi alergi, karena hal tersebut dipicu oleh faktor yang berasal dari dalam atau luar tubuh. Hal ini menyebabkan kulit akan menimbulkan ruam kemerahan dan gatal.

Faktor Pemicu Lain Timbulnya

  • Seseorang yang mengalami penurunan jumlah atau bentuk protein yang disebut filaggrin di kulit. Protein ini berfungsi untuk mempertahankan hidrasi kulit agar tetap normal
  • Memiliki alergi terhadap makanan, cuaca, atau benda-benda tertentu
  • Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Faktor genetik, di mana salah orang tuanya memiliki riwayat penyakit eksim ini
  • Memiliki kulit yang cenderung kering, mudah berkeringat, dan kebiasaan menggaruk
  • Menggunakan sabun atau pembersih kulit yang mengandung zat kimia penyebab iritasi kulit
  • Penderitanya akan cenderung mengembangkan penyakit kaki jamur, infeksi bakteri Staphylococcus, bahkan dapat menyebarkan herpes di bibir dan mulut.
  • Faktor cuaca yang terlalu kering atau terlalu dingin.

Gejala yang Timbul

  • Kulit akan terasa kering
  • Muncul warna kemerahan di sekitar kulit, terutama di bagian tangan, kaki, dada, dan kelopak mata
  • Kulit terasa gatal, biasanya akan bertambah parah di malam hari
  • Apabila, muncul eksim atopik, kulit akan menebal, pecah-pecah, dan bersisik
  • Terdapat benjolan yang berisi carian atau nanah, kemudian akan pecah saat digaruk dan menjadi infeksi atau luka
  • Biasanya kulit akan menjadi membengkak, lebih sensitif, serta terasa sakit akibat digaruk
  • Rasa tidak nyaman serta penyebaran ruam ini biasanya akan berlangsung selama 3 minggu
  • Pada bayi serta anak-anak, rasa gatal yang luar biasa tersebut akan membuatnya menjadi rewel dan gelisah.

Pengobatan di Klinik Pandawa

Setelah Anda baca tentang penyebab eksim pada ibu hamil. Apabila, Anda mempunyai gejala yang sudah dijelaskan sebaiknya di melakukan pengobatan di Klinik Pandawa dan segera periksa lebih lanjut sakit yang Anda derita.

Klinik Pandawa merupakan klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta dan memiliki dokter professional untuk menangani masalah ini. Telah banyak pasien yang sudah berhasil di sembuhkan dan kembali beraktivitas seperti sedia kala. Klinik Pandawa tidak hanya menyembuhkan eksim, salah satunya cara mengobati sifilis, yaitu penyakit menular seksual.

Jika Sahabat Pandawa perlu informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami lewat link berikut ini KONSULTASI ONLINE GRATIS. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337/ Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.