Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Bikin Resah! Penyakit Rubella Infeksi Virus yang Sering Menyerang Ibu Hamil dan Anak-anak

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Penyakit Rubella Sering Menyerang Ibu Hamil dan Anak-anak

penyakit rubella

Penyakit rubella memang bikin resah untuk ibu hamil dan anak-anak. Biasanya, jika Anda ingin memutuskan program hamil sebaiknya lakukan pengecekan kesehatan menyeluruh untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. Sebab, ada penyakit yang gejalanya tidak terlihat dan dapat membahayakan Anda dan calon bayi di kemudian harinya. Yups, yang sudah dijelaskan tadi ialah penyakit yang disebabkan virus rubella yang lebih dikenal dengan penyakit campak jerman.

Virus rubella ini dapat menyerang manusia dan penyebarannya sangat mudah, yaitu dari penyebaran udara dan terinfeksi virus dan masuk melalui saluran pernafasan. Bila sebelumnya seseorang belum pernah divaksin rubella dan kekebalan imun akan melemah, makanya sangat mudah tertular virus ini. Apabila seorang ibu hamil tidak sadar terpapar penyakit rubella, maka otomatis calon bayi yang ada dikandungannya akan sama terjangkit virus tersebut. Ini dinamakan transmisi vertical, yakni penyebaran yang ditularkan melalu ibu hamil ke calon bayinya yang masih di dalam kandungannya.

Nah, yuk simak lebih jelasnya mengenai penyakit rubella di bawah ini.

 

Definisi Penyakit Rubella

Penyakit ini merupakan penyakit menular yang kebanyakan menyerang ibu hamil dan anak-anak yang memiliki ketahanan tubuh yang masih lemah. Penyakit rubella merupakan campak jerman atau campak tiga hari yang disebabkan oleh virus. Rubella sering dimiripkan dengan penyakit campak, namun sebenarnya kedua penyakit ini sama sekali berbeda.

Rubella dan campak memanglah sama- sama mempunyai tanda- tanda ruam kemerahan pada badan. Tetapi berbeda dengan cacar air, penyakit rubella tidak terlalu beresiko seperti penyakit cacar air. Rubella juga sering melanda bayi yang belum diberi vaksin campak, gondok, serta rubella.

Kondisi ini akan menjadi anak yang terlahir dengan sindrom rubella kongenital (congenital rubella syndrome). Syndrome penyakit rubella akan menyebabkan bayi yang baru saja lahir bisa menjadi cacat, seperti tuli, katarak, penyakit jantung kongenital, kerusakan otak, organ hati, serta paru-paru. Bahkan ada juga yang alami diabet jenis 1, hipertiroidisme, hipotiroidisme, dan pembengkakan otak.

 

Apakah Campak Jerman Dapat Disembuhkan?

Penyakit rubella yang disebabkan oleh virus sampai saat ini belum dapat disembuhkan. Artinya, bila sampai virus tersebut masuk kedalam badan kita dan virusnya aktif saat mengandung maka bayinya pun akan terinfeksi viruss yang sama.

Itulah yang disebabkan mengapa anak perempuan merupakan penyebaran yang paling utama terkena penyakit rubella. Tentunya Anda tidak ingin terjangkit penyakit tersebut, bukan?

Maka dari itu, sangat dianjurkan setiap anak, khususnya anak perempuan untuk menjaga pola hidupnya supaya selalu sehat serta tidak terhampar penyakit rubella dan menjadi meluas. Selain pola hidup yang sehat, setiap anak wajib melakukan imun vaksin untuk memutuskan rantai ‘kehidupan’ virus yang menular ini atau mematikan.

 

Gejala yang Ditimbukan Virus Rubella

Gejala rubella biasanya ditandai dengan tanda-tanda yang ringan, seperti sakit kepala dan iritasi pada mata. Masa perkembangan penyakit setelah terjangkit infeksi ialah 14 sampai 21 hari, dan biasanya anak kecil yang terinfeksi penyakit ini akan mengalami gejala yang terbilang lebih ringan daripada orang dewasa.

Gejala lainnya yang sering mengalami penyakit rubella ialah demam dan hidung tersumbat. Kemudian, akan menimbulkan ruam kemerahan pada kulit. Ruam tersebut akan tersebar secara perlahan-lahan pada kulit wajah dan kemudian turun kebagian badan, tangan, sampai kaki. Tidak hanya itu saja, terkadang pengidap campak jerman bisa merasa nyeri pada persendian.

Penyakit rubella berbahaya dan bisa menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan segera. Penyakit ini juga merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan cepat. Penyakit tersebut berbahaya bila terjadi pada ibu hamil, karena campak jerman mampu menimbulkan kecacatan pada bayi yang akan dilahirkan.

Bila ibu hamil terinfeksi virus rubella, kondisi ini dapat mengakibatkan keguguran atau bayinya bisa meninggal setelah dilahirkan. Setelah itu, ibu hamil ynag terinfeksi virus inii dapat menularkan virusnya ke bayinya yang sedang tumbuh berkembang dan dapat mengalami cacat lahir yang serius, seperti masalah jantung, kehilangan pendengaran, serta pengelihatannya dapatt terganggu, bahkan kerusakan hati atau limpa.

 

Bagaimana Penyebarannya?

Virus Rubella ialah virus yang dapat menyebar dengan gampang. Penyebaran virus ini juga tergolong cukup cepat dan dapat menular lewat udara. Anda harus waspada saat berdekatan dengan pengidap sindrom rubella, karena virus rubella bisa menyebar dari satu orang ke orang lainnya melalui udara.

Tidak sedikit pula virus rubella dapat ditularkan lewat air liur. Gaya hidup yang tidak sehat seperti makan dan minum dari satu tempat dengan orang lain dapat menimbulkan virus seperti virus rubella tersebar dengan cepat.

 

Cara Pengobatan Rubella

Apabila Anda terjangkit penyakit rubella lebih baik segera kunjungi dokter dan periksa secepat mungkin agar tidak terjadi masalah yang lebih serius. Apalagi jika Anda sedang hamil, bila tidak segera ditangani dapat bisa menular pada calon bayi yang ada di dalam kandungan Anda.

Klinik Pandawa dapat mengatasi hal ini jika Anda terpapar virus rubella. Klinik kami tidak hanya menangani rubella saja tetapi dapat atasi, seperti dermamatitis, trikomoniasis, eksim, psoriasis, dan lain-lain. Klinik Kami memiliki dokter yang professional dan terpercaya serta fasilitas yang membuat Anda terasa nyaman jika berobat ke Klinik Pandawa.

Segala penyakit kulit dan penyakit menular seksual dapat Kami atasi. Untuk berkonsultasi gratis dengan dokter Kami, silakan klik Konsultasi Online Gratis atau hubungi kami melalui WA/ SMS/ TLP di nomor 0821-1141-0672. Kami siap melayani.