Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Ngeri Dikira Bintik-bintik Biasa, Ternyata Penyakit Herpes Kelamin yang Menyebabkan Kematian

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Ternyata Penyakit Herpes Kelamin Dapat Menyebabkan Kematian

penyakit herpes kelamin

Kelamin Anda terasa gatal-gatal? Kemungkinan itu bukan disebabkan oleh gigitan serangga, bisa saja penyakit menular seksual. Penyakit menular seksual salah satunya penyakit herpes kelamin. Penyakit ini biasanya ditandai dengan benjolan kecil-kecil di area kelamin dan akan merasa gatal. Untuk Kamu yang orang awam biasanya benjolan yang kecil-kecil ini adalah hal yang biasa saja. Yups, penyakit herpes kelamin ini merupakan infeksi menular seksual yang sangat membahayakan nyawa seseorang.

Penyebarannya biasanya melalui berhubungan seksual dengan orang yang terjangkit penyakit tersebut. Maka dari itu, jangan berhubungan seksual dengan seseorang yang terjangkit penyakit herpes kelamin atau penyakit menular seksual lainnya. Jika Anda terkena penyakit ini untuk pertama kalinya, virus ini akan menetap secara terus-menerus atau beberapa kali akan sering muncul dalam setahun.

Mungkin benjolan kecil-kecil yang ada di alat kemaluan Anda terlihat seperti digigit oleh serangga padahal bukan, hal ini membuat orang menganggap remeh. Lalu, bagaimanakah cara mengobati atau menangani penyakit herpes kelamin tersebut? Yuk, simak lebih lanjut dibawah ini.

 

Mengenal Penyakit Herpes Kelamin

Penyakit herpes kelamin disebabkan karena infeksi virus herpes simpleks, terutama yang tipe HSV-2. Penyakit menular seksual ini akan berpindah dengan sendirinya melalui hubungan seksual baik secara vagina, oral, ataupun anal.

Infeksi ini akan tetap ditularkan walaupun pengidapnya tidak tahu bahwa ia akan menderita herpes kelamin, tidak memiliki keluhan, ataupun tan-tanda infeksi. Pada saat terinfeksi, virus ini akan masul melalui kulit, setelah itu akan berjalan sampai serabut saraf di tulang belakang. Di saraf ini mereka akan menjadi dorman atau menetap.

Penyakit ini akan menyerang kelamin pria maupun wanita. Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia( World Health Organization), pada 2012 terdapat kurang lebih 417 juta orang menderita herpes kelamin. Di mana sekitar 267, 3 juta di antara lain merupakan perempuan, sebaliknya 150, 1 juta yang lain merupakan laki- laki. Tetapi, estimasi ini bisa jadi tidak mengungkap angka sesungguhnya. Terlebih bila mengingat, ulasan infeksi ataupun penyakit menular seksual merupakan suatu yang dianggap tabu.

 

Gejala Herpes Genital

Apakah herpes kelamin dapat dikenali? Sebagian besar orang yang mengidap penyakit ini tidak tahu status infeksi mereka. Umumnya, tidak menunjukkan tanda atau gejalanya dan hanya menunjukkan gejala yang ringan saja. Bila mendapati ciri-ciri herpes kelamin umumnya akan muncul 2-12 hari setelah terpapar virus ini.

Tanda dan gejala herpes kelamin antara lain:

  • Rasa gatal- gatal bahkan perih di dekat kemaluan
  • Bintik-bintik kemerahan kecil atau lecet yang warna putih, dapat muncul beberapa hari hingga beberapa minggu setelah terinfeksi.
  • Luka pada genital, yang bisa menimbulkan kesulitan buat buang air kecil
  • Timbul keropeng bernanah, yang dipicu oleh krusta dari kulit ketika luka memasuki fase penyembuhan.

Pada saat keluhan pertama kali muncul, hal ini dapat disertai dengan ciri-ciri yang menyerupai flu, seperti nyeri kepala, badan pegal, dan demam.

Luka dapat timbul saat seseorang terinfeksi, dan virus dapat ditularkan bila seseorang menyentuh luka tersebut lalu menggaruk atau menggosokkan tangan ke bagian tubuh lain, termasuk mata.

Laki-laki ataupun perempuan dapat alami luka pada bokong, paha, anus, mulut, ataupun uretra (saluran yang dilewati oleh urine dari kandung kemih saat proses berkemih). bagi seorang wanita bisa mengalami luka di area dekat Miss V, genitalia eksternal, serta serviks, sedangkan laki- laki bisa mengalami luka pada penis serta skrotum.

 

Apa Saja Jenis-Jenisnya

Sebelum langsung ke topik cara mengobati herpes kelamin. Ada empat jenis herpes berdasarkan kemunculan gejala herpes kelamin antaralain;

  1. Herpes kelamin primer, ialah kondisi yang terjadi setelah kontak pertama kali dengan virus HSV. kondisi ini ditandai dengan munculnya berbagai tanda- tanda dan rasa sakit pada kulit.
  2. Herpes genital rekurens (kambuhan), yakni kondisi setelah tanda- tanda primer hilang. Kondisi ini akan ditandai dengan gejala yang ringan, tetapi bisa kembali muncul. Kekambuhan ini dipicu oleh menurunnya daya tahan tubuh, stress, ataupun trauma.
  3. Herpes genital asimtomatik, yakni kondisi dimana seseorang sudah terpapar virus HSV, tetapi tidak memperlihatkan ciri-ciri primer.
  4. Herpes genital atipik (tidak khas), ialah situasi yang tidak membuktikan tanda- tanda dapat dikenali. Tipe ini terjadi pada 60 persen kasus herpes genital, sehingga menjadikannya tidak mudah diidentifikasi. Tipe herpes kelamin ini hanya dapat dikenali dengan pemeriksaan laboratorium, seperti pengecekan antibodi IgM serta IgG.

Tetapi, penyakit kelamin ini ialah penyakit parah yang bisa kumat dengan cara periodis dan tidak dapat disembuhkan.

 

Apakah Akan Menyebabkan Kematian?

Penyakit herpes genital sebagian besar ditularkan melalui luka, baik itu melalui ciuman (oral-oral), hubungan seks oral-genital, oral-anal, genital-genital, maupun genital-anal. Setelah berkontak langsung, masa inkubasi virus sekitar 2-7 hari, namun ciri-cirinya baru akan timbul seiring penurunan daya tahan imun.

Bahaya penyakit herpes kelamin juga dapat ditularkan melalui kontak antar kulit dengan daerah yang terinfeksi, sekalipun tidak ada luka yang dapat dilihat secara langsung. Penyakit herpes kelamin primer dapat ditularkan pada ibu sedang mengandung terhadap anak yang dikandungnya, sebab virus ini dapat mengalir lewat pembuluh darah sampai ke ari- ari dan janin. Untuk kasus bahaya penyakit herpes kelamin kambuhan, risiko penularan ke anak masih dapat terjadi, terutama jika bayi mengalami kontak dengan luka saat baru dilahirkan dan akan mengalami kematian.

 

Bagaimana Pengobatannya?

Setelah membaca ulasan diatas mengenai penyakit herpes kelamin. Klinik Pandawa dapat mengatasi hal ini agar Anda sembuh kembali. Klinik kami tidak hanya menangani penyakit herpes kelamin saja tetapi dapat mengatasi penyakit menular seksual yang lainnya, seperti gonore, sifilis, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui KONSULTASI ONLINE GRATIS dengan dokter kami lewat layanan konsultasi. Hubungin Kami ke nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Segala rahasia medis terjamin.