Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Waspadalah! Penyakit Gonore ( Kencing Nanah ) Menular Seksual Dapat Membahayakan Nyawa

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Penyakit Gonore (Kencing Nanah) Menular Seksual

penyakit gonore

Sahabat Pandawa, di masa pandemik ini jangan lupa selalu jaga kesehatan dan pakai masker serta face shield. Sahabat pandawa, pernah mengalami keluar nanah pada penis? Jika iya, tandanya Anda mengalami penyakit gonore. Penyakit gonore biasanya sering dialami oleh pria di Mr.P-nya, tetapi tidak janrang juga wanita bisa terinfeksi. Anda akan berisiko terkena penyakit ini jika Anda melakukan hubungan seksual dengan orang yang sedang mengalami keluhan tersebut, apalagi berganti-ganti pasangan.

Kencing nanah disebabkan kuman Neisseria gonorrhoeae yang menimbulkan penyakit ini bersarang di uretra kamu. Bakteri ini juga bisa menginfeksi mata, tenggorokan, vagina, anus hingga saluran reproduksi perempuan, lho. Penyakit gonore ialah salah satu penyakit menular seksual.Penderita yang terinfeksi akan merasakan perih saat buang air kecil.

Jika Anda mengalami penyakit menular seksual ini sebaiknya segara perisa ke dokter. Jika tidak segera ditangani akan membahayakan kesehatan serta nyawa Anda. Penyakit ini tidak akan bisa sembuh sendiri dengan alami. Disamping itu, penyakit gonore tidak menimbulkan gejala. Penyakit menular seksual ini dapat terjadi pada bayi akibat tertular selama proses persalinan. Bayi yang terikfeksi ini akan mengalami keluhan pada matanya.

Mengenal Penyakit Gonore

Penyakit menular seksual adalah infeksi yang dapat ditularkan lewat aktivitas seksual dari satu orang ke orang lain. Aktivitas seksual di sini bukan hanya yang terjadi secara vaginal dan anal saja, tapi juga bisa lewat ciuman, sex oral bahkan penggunaan mainan seks.

Kebanyakan penyakit menular seksual ini bisa disembuhkan, tapi obat yang efektif kadang tidak bisa ditemukan untuk beberapa penyakit seperti human immunodeficiency virus (HIV), human papilloma virus (HPV) dan kemungkinan hepatitis B.

Beruntungnya, kencing nanah dapat disembuhkan, asalkan Anda menjalani pengobatannya dengan baik dan tuntas. Jika tidak, kamu bisa terkena komplikasi yang membahayakan diri. Penyakit menular seksual ini merupakan penyakit kencing nanah yang dapat menginfeksi laki-laki dan perempuan. Kamu berisiko terkena penyakit ini jika kamu aktif melakukan hubungan seksual, apalagi jika berganti-ganti pasangan.

Kencing nanah disebabkan bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menimbulkan penyakit ini bersarang di uretra kamu. Bakteri ini juga bisa menginfeksi mata, tenggorokan, vagina, anus hingga saluran reproduksi perempuan.

 

Penularan Kencing Nanah

Penyakit gonore ditularkan dari orang ke orang karena adanya aktivitas seksual yang tidak menggunakan pengaman, baik itu oral, anal, atau vaginal. Bakteri penyebab gonore ini dapat menyebar saat sperma, cairan pra-sperma dan cairan vagina menyentuh atau masuk ke dalam area kelamin, anus atau mulut kamu. Gonore bahkan dapat ditularkan meskipun penis tidak masuk seluruhnya ke vagina atau anus kamu.

Ibu hamil yang sudah terinfeksi gonore dapat menularkan penyakit ini ke bayi pada saat melahirkan. Biasanya, penyakit gonore pada bayi akan menyerang di bagian mata.

Bakteri penyebab gonore hanya bisa ditularkan lewat aktivitas seksual, jadi kamu tidak akan tertular dan menularkan hanya karena berbagi makanan dan minuman, berciuman, berpelukan, bergandengan tangan, batuk, bersin atau duduk di toilet.

Gejala Kencing Nanah

Gejala dari penyakit ini biasanya muncul dalam dua atau empat belas hari setelah kamu terpapar. Meskipun demikian, beberapa orang yang terkena penyakit ini tidak memiliki gejala.

Meskipun ada orang tanpa gejala, tapi tetap saja dia masih bisa menimbulkan penyakit menular seksual. Oleh karena itu, kamu harus tetap berhati-hati.

  1. Gejala pada Laki-laki
  • Dorongan untuk buang air kecil dan biasanya dalam jumlah lebih besar.
  • Keluarnya cairan seperti nanah dari penis yang berwarna putih, kuning, krem atau agak kehijauan.
  • Pembengkakan atau ruam merah di bagian lubang penis.
  • Pembengkakan atau rasa sakit di testis.
  • Sakit tenggorokan yang berlangsung terus menerus.
  1. Gejala Pada Perempuan
  • Keluarnya cairan dari vagina (agak berair, kental atau sedikit berwarna hijau).
  • Rasa nyeri dan terbakar saat kamu buang air kecil.
  • Pada saat buang air kecil lebih sering dari biasanya.
  • Menstruasi yang lebih berat.
  • Sakit tenggorokan.
  • Rasa sakit saat melakukan hubungan seksual.
  • Sakit yang menusuk di bawah perut.

Gejala Kencing Nanah Pada Tubuh

  • Dubur: rasa gatal pada bagian anus, cairan mirip nanah keluar dari anus, bercak darah pada saat mengeluarkan kotoran.
  • Mata: mata akan terasa sakit, sensitif terhadap cahaya, dan cairan mirip nanah keluar dari salah satu atau kedua mata.
  • Tenggorokan: sakit pada tenggorokan dan pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher.
  • Sendi: jika bakteri menyerang sendi, maka akan menyebabkan septic arthritis, sendi yang terinfeksi bisa terasa hangat, memerah, bengkak dan sangat sakit, terutama saat bergerak.

Penyebab Kencing Nanah

Penyebab gonore adalah infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Kuman paling sering menular melalui berhubungan seksual, salah satunya seks oral dan seks anal. Seseorang lebih sering terinfeksi penyakit menular seksual apabila sering bergonta-ganti pasangan seks atau bekerja sebagai pekerja seks.

Faktor Risiko

  • Masih muda, karena kebanyakan yang terkena adalah yang berusia 15-24 tahun.
  • Melakukan hubungan seksual dengan orang baru.
  • Melakukan hubungan seksual dengan orang yang pernah melakukan hubungan seksual dengan orang lain.
  • Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
  • Pernah terjangkit penyakit gonore sebelumnya.
  • Memiliki penyakit menular seksual lainnya.

Komplikasi yang Timbul

  • Infertilitas pada perempuan: gonore dapat menyebar ke uterus, dan saluran tuba, menyebabkan radang panggul. Memperbesar komplikasi kehamilan dan infertilitas.
  • Infertilitas pada laki-laki: penyakit menular seksual ini dapat menyebabkan inflamasi pada saluran melingkar di bagian depan testis, tempat saluran sperma berada. Kondisi ini dikenal dengan istilah epididimitis.
  • Komplikasi pada ibu hamil: penyakit ini bisa menyebabkan kehamilan ektopik, keguguran, lahir yang prematur dan bayi dapat lahir dengan masalah pada mata.
  • Infeksi di sendi dan area lain: bakteri penyebab penyakit ini bisa menyebar dan masuk dalam aliran darh kamu dan menginfeksi bagian tubuh kamu yang lain seperti sendi. Akibatnya, kamu akan merasakan demam, ruam, sakit pada kulit dan nyeri sendi.
  • Meningkatkan risiko HIV/AIDS: penyakit ini membuat kamu rentan terinfeksi HIV, virus yang menyebabkan AIDS. Kamu akan mudah menularkan menyebarkan kedua virus ini ke pasangan kamu.
  • Komplikasi pada bayi: bayi yang tertular bakteri ini dari ibu saat kelahiran dapat menjadi buta, sakit dan infeksi di kulit kepala.

Pengobatan di Klinik Pandawa

Setelah Anda membaca artikel tentang penyakit gonore di atas ini. Jika Anda mempunyai gejala yang sudah dijelaskan sebaiknya di periksa lebih lanjut sakit yang Anda derita. Penyakit ini tidak dapat disembukan secara alami.

Klinik Pandawa selain menangani penyakit gonore dapat menyembuhkan kutu kelamin juga. Klinik Pandawa merupakan klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta dan memiliki dokter professional untuk menangani masalah ini. Telah banyak pasien yang sudah berhasil di sembuhkan dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Jika Sahabat Pandawa perlu informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami lewat link berikut ini KONSULTASI ONLINE GRATIS. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.