Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Korengan Akibat Penyakit Darah Manis (Prurigo), Begini Cara Mengilangkannya

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Korengan Akibat Penyakit Darah Manis (Prurigo), Begini Cara Mengilangkannya

penyakit darah manis

Sabahat Pandawa, pernah mendengar penyakit darah manais? Sebutan ini bagi medis ialah kondisi kulit penderita yang sangat sensitive adalah prurigo. Prurigo ini ialah salah satu masalah kulit, di mana kondisi kulit penderita memang sangat sensitive (hipersensitif). Orang awam basanya menyebutnya penyakit darah manis. Penyakit ini diawali dengan anak-anak di masa pertumbuhan, namun akan hilang saat mereka dewasa.

Biasanya kulit yang sensitive ini akibat di gigit serangga akibat gata-gatal seg=hingga memicu keinginan menggaruk dan muncul korengan yang tidak kita inginkan. Alih-alih meredakan gatal justru hal ini dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah sampai meninggalkan bekas pada kulit.

Memang, sangat tidak gampang menahan rasa keinginan untuk tidak menggaruk kulit yang gatal. Beberapa orang ada yang menghentikan rasa gatal dengan menggaruknya hingga berdarah. Padahal, menggaruk kulit justru akan mengakibatkan luka lecet.Lama kelamaan, hal tersebut dapat membuat warna kulit jadi tampak lebih gelap dibandingkan kulit di sekitarnya.

Selain itu, permukaan kulitnya terasa kasar, kering, dan tebal menyerupai bekas luka kehitaman atau keropeng. Nah, timbulnya bekas luka yang hitam dan sulit hilang ini biasa dikenal orang awam sebagai istilah darah manis. Pada intinya penyakit prurigo ini tidak berbahaya, tapi bisa membuat penderita tidak nyaman, risih bahkan tidak percaya diri. Hal ini dikarenakan munculnya bekas hitam pada kulit di daerah anggota badan.

Tanda-tanda prurigo dapat menyerang orang dengan umur berapa pun tetapi paling banyak orang dewasa antara umur 20-60 tahun. Pengidapnya bisa jadi amat membingungkan penampilannya sebab nodul, serta kulit yang terasa amat mengerinyau bisa mengusik tidur dan kegiatan tiap hari. Seperti disebutkan sebelumnya, penyakit ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami stres dan depresi. Yuk, simak lebih lanjut artikel di bawah ini.

Apa itu Penyakit Darah Manis?

Prurigo atau penyakit darah manis adalah masalah kulit berupa bintik-bintik yang menimbulkan rasa  gatal. Walaupun penyakit ini gejalanya gatal-gatal, tetapi berbeda dengan penyakit eksim. Pengucapan istilah penyakit ini bisa dipakai ketika penyebabnya tidak dikenal yang ditandai dengan tonjolan kecil serta gatal.

Benjolan kecil atau bintil-bintil mengakibatkan penyakit darah manis atau prurigo akan terasa sangat gatal dan meluas secara simetris pada kulit. Benjolan kecil ini stabil atau bisa bertambah jumlahnya. Tetapi, kadang-kadang ada beberapa benjolan yang melepuh. Ruam lebih sering terjadi pada permukaan luar tungkai dan bokong tetapi bisa juga terjadi di bagian tubuh lainnya. Beberapa area seperti wajah, telapak tangan, dan telapak kaki biasanya tidak terpengaruh.

 

Penyebab Prurigo

Belum diketahui penyebab kepastiandari penyakit darah manis tersebut. Beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab prurigo, yaitu:

  1. Gigitan serangga

Prurigo atau penyakit darah manis dapat disebabkan setelah mendapat gigitan nyamuk pada beberapa orang. Hal ini dapat memicu munculnya bintil-bintil atau benjolan kecil yang terasa sangat gatal.

  1. Kehamilan dan menopause

Ketidakseimbangan hormon yang dirasakan oleh wanita yang lagi berbadan dua ataupun memasuki masa menopause bisa jadi pemicu timbulnya prurigo, dimana bila timbul pada perempuan hamil dalam bahasa kedokteran disebut dengan prurigo gestasional. Pada perempuan hamil, prurigo umumnya menghilang setelah persalinan.

  1. Stres

Orang yang sedang mengalami stres, kemungkinan lebih cenderung menggaruk kulit yang gatal. Ketika depresi, secara tidak sadar meicu keinginan untuk menggaruk dan ini membuat penyakit ini lebih buruk.

  1. Penyakit tertentu

Seperti dikutip Skinsupport, sekitar 80% dari pengidap darah manis merupakan atopik ataupun tidak dikenal penyebabnya. Di sisi lain, ada kecenderungan pengidap pula hadapi situasi kendala kesehatan semacam reaksi hipersensitivitas alergi khusus, sesak napas, eksim ataupun meriang, dermatitis, serta yang yang lain.

Gejala yang Timbulkan

Gejala penyakit darah manis dapat diamati pada kondisi kulit. Berikut ini beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali:

  • Gejala utama merupakan terjadinya tonjolan yang keras serta sangat gatal( nodul) pada kulit.
  • Benjolan umumnya mempunyai ukuran dari yang amat kecil hingga kurang lebih setengah inci.
  • Benjolan l umumnya mempunyai bagian atas yang agresif serta kering. Kedatangan tonjolan berkisar dari sebagian sampai ratusan.
  • Benjolan sangat kerap timbul di tangan luar, pundak, serta kaki. Benjolan pula dapat timbul di leher serta badan. Sedangkan kemunculan benjolan di wajah serta telapak tangan terkategori tidak sering.
  • Benjolan bisa jadi nampak lebih jelas ataupun lebih hitam rupanya dari kulit di sekelilingnya. Jaringan parut bisa terjalin sehabis tonjolan mulai membaik.

 

Diagnosis

Kondisi medis ini perlu diperhatikan jika kulit terasa sangat gatal dan kemunculan nodul pada kulit. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin merujuk untuk melakukan biopsi kulit guna mencari ciri-ciri penyakit darah manis seperti saraf yang menebal di kulit. Sesudah diagnosis dipastikan, tes lain seperti tes darah dan tes fungsi hati dan ginjal mungkin disarankan untuk menghilangkan penyebabnya.

Cara Pencegahan

Sampai saat ini masih tidak ada obat khusus untuk mengobati penderita penyakit darah manis dan penyakit ini tidak dapat membahayakan nyawa. Satu-satunya cara pencegahan paling gampang bisa menggunakan minyak anti nyamuk, memakai pakaian panjang untuk melindungi kulit dari gigitan serangga. Bila gatal datang disarankan untuk menahan diri tidak menggaruk, tapi langsung oleskan minyak pereda gatal.

Orang prurigo katanya sangat diminati nyamuk-nyamuk nakal. Setiap kali orang digigit nyamuk pasti selalu berbekas hitam. Tentunya dengan adanya bekas hitam pada kulit membuat tidak enak dipandang. Setelah konsultasi ke dokter, untuk itu tidak perlu khawatir karena bekas hitam akan hilang dengan sendirinya dengan adanya regenerasi kulit. Jika Anda masih termasuk tergolong belum parah, sebab jika sudah parah bekas gigitan bisa sampai luka dan diperlukan penanganan khusus sesuai anjuran dokter.

Pengobatan di Klinik Pandawa

Setelah Anda membaca artikel tentang penyakit darah manis di atas ini. Jika Anda mempunyai gejala yang sudah dijelaskan sebaiknya di melakukan pengobatan di Klinik Pandawa dan segera periksa lebih lanjut sakit yang Anda derita.

Klinik Pandawa merupakan klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta dan memiliki dokter professional untuk menangani masalah ini. Telah banyak pasien yang sudah berhasil di sembuhkan dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Jika Sahabat Pandawa perlu informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami lewat link berikut ini KONSULTASI ONLINE GRATIS. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337/ Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.