Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Penis Keluar Nanah, Emang Bisa Sembuh? Lakukan Cara Ini

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

penis keluar nanah

Organ vital memang harus perlu perhatian khusus untuk merawatnya agar tetap sehat, tidak hanya perawatan dari luar saja. Seperti yang sudah ada penyakit menular yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusa, salah satunya gonore atau kencing nanah. Gonore ini hampir mirip dengan penyakit penis keluar nanah.

Penis keluar nanah merupakan gejala salah satu penyakit menular seksual (PMS) atau Infeksi saluran kemih. Kondisi ini biasanya disertai dengann keluhan yang lain, yaitu nyeri pada penis dan menimbulkan rasa perih saat ingin buang air kecing. Keluarnya nanah dari penis ialah masalah yang harus segera di obati dengan dokter kulit kelamin.

Yang sudah dibilang sebelumnya, penis ialah organ vital atau intim yang merupakan sistem reproduksi maupun sistem saluran kemih. Melalui Mr P, ini adalah tubuh laki-laki yang mengeluarkan racun dan cairan berlebihan melalui urin, serta sperma dan semen memainkan peran dalam proses pembuahan. Karena fungsinya ini harus dijaga kesehatannya dan kebersihannya dengan baik.

Penis yang normal pastinya tak mengeluarkan nanah. Saat keluar nanah, atau cairan yang berwarna seperti putih kental, kuning, kehijauan, ataupun kemerahan seperti darah dari Mr.P, maka hal ini merupakan tanda adanya masalah kesehatan atau penyakit yang sudah menyerang organ intim laki-laki.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Keluar Darah dari Vagina Saat Berhubungan Intim

Penyebab Penis Keluar Nanah

Berikut ini beberapa penyakit yang sebabkan penis keluar nanag, yakni:

Gonore (Kencing Nanah)

Gonore ialah penyakit menular seksual yang disebabkan karena adanya bakteri Neisseria Gonorrhoeae.

Sebagian laki-laki yang mempunyai riwayat penyakit gonore ini tak menunjukkan adanya gejala keluahan atau gejala yang khsus. Tetapi, beberapa lainnya bisa menunjukkan pertanda berupa penis keluar nanah yang disertai dengan rasa sakit ataupun rasa sakit saat buang air kecil. Walaupun jarang terjadi, gonore ini bisa menyebabkan adanya pembengkakan pada testis atau buah zakar.

Gonore yang sering kambuh atau tak diobati bisa menyebabkan ketidaksuburan, baik dari pihak laki-laki ataupun perempuan. Laki-laki yang mempunyai gonore juga berisiko tinggi menularkan penyakit ini pada pasangan seksualnya.

Nongonococcal urethritis (NGU)

Nongonococcal urethritis ialah penyakit infeksi yang terjadi pada saluran kemih. NGU sering disebabkan karena adanya infeksi bakteri, misalnya adanya penyakit menular seksual.

Pada laki-laki, urethritis dapat menyebabkan penis keluar nanah yang disertai dengan gejala lain yang hamper mirip dengan penyakit gonore. Karena gejalanya hamper mirip, maka hal ini perlu adanya pengecekan dengan dokter. Untuk menentukan adanya penis keluar nanah yang disebabkan oleh gonore atau NGU, dokter bisa melakukan pemeriksaan urine dan nanah yang kelur dari Mr.P tersebut. Bila kamu terbukti terjangkit NGU, maka dokter akan memberikan pengobatan dengan antibiotic yang sudah diresepkan oleh dokter.

Balanitis

Balanitis ialah infeksi atau radang di kepala dan kulup penis. Penyebabnya dikarenakan adanya infeksi bakteri atau jamur sehingga bisa menyebabkan alergi atau iritasi di sekitar pala penis. Penyakit ini dapat terjadi karena kebersihan penis yang tidak dijaga. Balanitis juga lebih berisiko daripada laki-laki yang tak di sunat.

Selain penis Nanah, balanitis lainnya adalah kulit penis kering disertai dengan gatal, rasa sakit dan bengkak pada kulit di sekitar pangkal penis. Untuk pengobatan Balanitis, dokter biasanya akan meresepkan obat salep dalam bentuk krim anitigatal, krim antijamur dan antibiotik.

Kanker penis

Kanker penis adalah jenis kanker langka yang terjadi pada kulit dan di sekitar Mr.p. Gejalanya adalah:

  • Penis keluar nanah atau cairan yang berbau tidak sedap.
  • Timbulnya benjolan di Mr.P.
  • Luka pada penis yang tidak pulih empat minggu.
  • Ruam atau kemerahan di Mr.P.
  • Pendarahan Mr.P atau dari bawah kulup.
  • Penebalan kulit penis yang sulit untuk ditarik kembali (fimosis)
  • Perubahan kulit penis atau kulup.

Penyembuhan kanker penis tergantung pada zona yang terserang serta tingkatan penyebaran kanker. Pengobatan kanker penis dapat dilakukan dengan kemoterapi, radioterapi dan operasi.

Mycoplasma

Mycoplasma juga merupakan salah satu penyebab penis untuk mengeluarkan cairan. Penyakit yang disebabkan oleh magenalium mycoplas hampir sama dengan klamidia.

Gejala ini akan menimbulkan rasa sakit dan panas saat buang air kecil. Kondisi ini diikuti oleh buanng cairan putih kekuningan dari ujung penis, dan infeksi dengan pembengkakan atau saluran kemih.

Pencegahan Penis Keluar Nanah

Untuk menghindari penyakit yang dapat menyebabkan penis keluar nanah, kamu harus menerapkan beberapa cara pencegahan, yakni:

  • Kamu dapat segera memeriksa dokter dan meminta penanganan yang benar. Dokter biasanya akan memberikan saran dan memberikan obat antibiotik. Obat ini akan mematikan kuman yang hidup serta terus menginfeksi.
  • Setelah menerima perawatan, buat pengobatan secara rutin untuk mengetahui apakah bakteri di dalam tubuh. Sampel cairan Mr.P diambil lagi untuk menemukan komposisi.
  • Setelah pulih, pastikan untuk menjaga sanitasi di daerah penis. Terkadang, sanitasi yang buruk memfasilitasi bakteri berlipat ganda.
  • Memiliki seks sehat dan selalu menggunakan kontrasepsi, seperti kondom.
  • Jalani gaya hidup sehat untuk mencegah kekambuhan.

Penis keluar, Nanah seharusnya harus dicehah atau ditangani. Jika kamu alami masalah penyakit ini, pengobatannya tidak ditunda, kamu harus melakukan pemeriksaan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang benar.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh! Penyebab Gatal Pada Penis Dapat Menular

Pengobatan Penis Keluar Nanah

Setelah kamu sudah membaca ulasan di atas, sebiaknya kamu lakukan pemeriksaan ke dokter kulit dan kelamin. Pengobatan ini harus segera dilakukan, jangan dibiarkan begitu saja. Kamu dapat lakukan pengobatan penis keluar nanah ini di Klinik Pandawa.

Untuk kamu yang melakukan pengobatan dapat menghubungi kami terlebih dahulu di nomor menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337/ Whatsapp / SMS/ telp atau bisa mengklinik Konsultasi Online Gratis. Kami dengan senang hati melayani Anda. Tentunya kami akan menjaga privasi kamu.