Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Operasi Labiaplasty (Memperbaiki Bibir Vagina) Setelah Lahiran

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

labiaplasty

Seiring perkembangan zaman, teknologi semakin canggih dan permintaan masyarakatpun semakin beragam. Bila pada waktu-waktu lalu banyak sekali wanita yang ingin mempunyai bentuk wajah yang profosional, hidung mancung, payudara seksi, maka sekarang tibalah di mana banyak wanita yang jalani prosedur untum mempercantik bagian intimnya, yakni operasi labiaplasty.

Melakukan tindakan yang satu ini bukanlah hal yang baru, namun banyak sekali di antara wanita yang matih tidak mengerti dengan risiko dan prosedur yang kamu jalani, penelitian yang mempublikasikan di di the British Journal of Obstetrics and Gynaecology menyatakan.

Banyak sekali alasan wanita yang mempunyai keinginan bahkan membutuhkan tindakan vagina. Ada 2 tindakan yang dikenal dengan vaginoplasty dan labiaplasty. alasan lakukan operasi ini bukan hanya untuk wanita yang tingkatkan kepuasaan seksualnya saja banyak sekali pertimbangannya.

Operasi Miss. V memang masih menuai kontraversi, apakah benar manfaatnya bisa lebih besar dibandingkan dengan risikonya? Semua pertimbangan panjang harus diperhitungkan sebelum wanita setuju untuk membuat operasi labiaplasty.

 

Apa alasan seorang wanita melakukan operasi labiaplasty?

Seperti namanya, Labiaplasty adalah prosedur operasi yang melibatkan bibir vagina labia atau bibir Miss V dalam dan majora labia atau bibir Miss V luar.

Beberapa prosedur labiaplasty dilakukan untuk mengubah ukuran atau membentuk labia agar membuatnya lebih kecil atau asimetri yang benar.

Terkadang seorang wanita melakukan operasi bibir untuk memenuhi syarat tampilan normal. Pada beberapa orang, bagian-bagian labia lebih panjang dari luar atau sebaliknya. Selain itu, itu tidak jarang bibir yang tampaknya tidak simetris, sehingga klitoris menjadi terlihat.

dilansir dari Healthline, pada kenyataannya, labiaplasty tidak terlalu diperlukan karena ada banyak risiko yang mungkin terjadi. Namun, banyak yang memilih untuk lakukan operasi labiaplasty agar tampil cantik.

Namun, dalam kondisi tertentu, labiaplasty cukup dilakukan, terutama jika bentuknya tidak normal. Bibir abnormal dapat menyebabkan radang kulit vulva ketika mereka mengenakan pakaian dalam, berjalan, bersepeda, bahkan duduk.

Baca juga : Ini Dia Solusi Operasi Memperbaiki Bibir Vagina Agar Kembali Seperti Semula Setelah Melahirkan

Bagaimana prosedur dilakukannya operasi labiaplasty?

Operasi ini dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik bedah, tergantung pada situasi spesifik pasien. Nah, beberapa teknik bedah yang dibuat oleh dokter untuk meningkatkan bentuk labia, antara lain:

  • Prosedur trim

Prosedur ini adalah salah satu teknik asli dan alami untuk meningkatkan bentuk labia. Dokter bedah umumnya akan melakukan rekayasa bedah ini karena hasilnya dianggap baik.

Dalam prosedur ini, bagian yang berlebih dari labia minora akan dikeluarkan dan dijahir dan pastinya akan tampak lebih simetris dengan labia majora.

 

  • Prosedur wedge

Dalam prosedur ini, ketebalan irisan akan dikeluarkan sebagian dari bagian paling tebal dari bibir minoria. Submukosa atau lapisan kain selaput lendir harus dibiarkan utuh dengan menghilangkan hanya beberapa ketebalan.

Prosedur ini akan memberikan vagina tampilan alami setelah operasi dan menjaga tepi yang tidak keriput.

Ada beberapa teknik lain untuk mengurangi bibir minoria dan semua prosedur ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika Kamu berencana untuk melakukan Labiaplasty, pastikan untuk lakukan dengan dokter ahli dan profesional serta bersertifikat.

 

Perawatan yang harus dilakukan pascaoperasi

Labiaplasty adalah operasi rawat jalan yang dapat dilakukan hanya dalam satu jam. Biasanya, dokter akan memberikan anestesi lokal atau umum sesuai dengan rencana perawatan.

Harap dicatat bahwa area genital wanita selalu sangat sensitif yang membutuhkan perawatan yang baik secara umum.

Dengan demikian, ketika melakukan prosedur seperti Labiaplasty, akan ada instruksi pasca operasi yang harus diketahui. Beberapa perawatan harus dilakukan, yaitu:

  • Hindari mandi terlalu lama dan harus mengeringkan luka setelah dicuci
  • Konsumsi antibiotik rutin yang diresepkan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan
  • Jangan melakukan aktivitas fisik, seperti bersepeda dan berlari
  • Jangan mengenakan pakaian terlalu ketat
  • Cobalah untuk tidak berhubungan seks setidaknya selama 4 minggu

Sebuah penelitian menyatakan bahwa prosedur operasi ini akan memberikan rasa kepuasan dengan penampilan genital dan meningkatkan kepuasan seksual. Namun, itu juga harus dilihat apakah prosedur oprasi labiaplasty dapat mengakibatkan masalah lain nanti.

 

Adakah risiko akibat melakukan prosedur labiaplasty?

Setiap operasi bedah pastinya mempunya risiko, termasuk prosedur labiaplasty yang melibatkan organ intim. Risiko utama yang mungkin terjadi adalah penurunan sensitivitas vulva, kekeringan kronis, mati rasa, bekas luka yang muncul dan vagina terasa menyakitkan.

Beberapa orang yang melakukan operasi ini juga berisiko membuat perdarahan, hematoma, infeksi. Bukan hanya itu, vulva yang memilih untuk membuat pengurangan drastic dari biasanya akan sebabkan kekurangan perlindungan di lubang Miss V.

Akibatnya, hal-hal lain menjadi lebih mudah untuk memasuki vagina dan menghapus keseimbangan pH. Selain itu, ini juga dapat menyebabkan seringnya vagina alami infeksi.

Untuk alasan ini, sebelum memutuskan operasi labiaplasty, konsultasikan dengan dokter yang benar-benar dan ahli. Konsultasi dapat membantu Kamu mengetahui manipulasi dan efek samping yang benar yang dapat diperoleh.

 

Prosedur lakukan labiaplasty di Klinik Pandawa

Jika kamu ingin melakukan labiaplasty pastinya harus melakukan dengan dokter professional dan ahli. Kamu dapat ke Klinik Pandawa yang berada di Jayakarta tepatnya di Gedung Baja. Jika kamu melakukan operasi di klinik kami tentunya kamu mendapatkan promo yang sangat menarik.

Kamu dapat menghubungi kami melalui ke konsultasi gratis online dengan dokter kami melalui nomor 0821-1141-0672 (WA/TLP/SMS).