Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Selaput Darah Robek, Atasi dengan Hymenoplasty (Operasi Keperawanan)

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Selaput Darah Robek, Atasi dengan Hymenoplasty (Operasi Keperawanan)

operasi keperawanan

Sabahat Pandawa, Bagaimana kabarnya? selalu jaga kesehatannya ya, jangan lupa pakai masker dan bawa dan selalu minum vitamin untuk menambah imun di masa pandemi ini. Kali ini kita akan membahas operasi keperawanan. Sudah pada tahu kalau selaput darah vagina kamu robek bisa kembali lagi dengan satu tindakan? Yup, bener banget, operasi keperawanan atau bisa di sebut hymenoplasty dapat mengembalikan selaput darah Sahabat Pandawa untuk kembali seperti semula.

Membahas tentang perawan tentunya akan berkaitan langsung dengan selaput dara. Selaput dara adalah jaringan serabut yang terletak pada vagina. Biasanya, masyarakat mengartikan keperawanan seorang perempuan dengan kondisi operasi keperawanan yang tidak rusak atau masih utuh. Padahal, banyak factor penyebab selaput dara menjadi robek.

Tindakan ini sendiri memiliki fungsi untuk menyaring kotoran agar tidak langsung masuk ke dalam Miss V. Selain itu, selaput dara Miss.V tumbuh seiring dengan berkembangnya organ intim seorang perempuan. Bisa dikatakan bahwa selaput dara bukanlah selaput yang menjadi penanda seorang wanita masih perawan atau tidak. Buktinya, fungsi dari selaput dara tidak ada hubungannya dengan aktivitas seksual.

Sampai saat ini, selaput dara sedang dijadikan bagaikan barometer kegadisan seorang. Mitos yang tersebar saat ini, masih menganggap selaput dara yang sobek menunjukkan wanita itu sudah rusak perawan serta menurun“ nilainya”. Stigma ini wajib dihilangkan. Tahukah Kamu, dengan cara anatomis, wujud selaput dara memanglah tidak betul- betul menutupi lubang kemaluan? Terdapatnya“ lubang” di selaput dara adalah wajar.

Justru, selaput dara yang menutupi semua lubang kemaluan merupakan sesuatu wujud keanehan, yang disebut bagaikan imperforasi selaput dara. Selaput dara juga sangat elastis. Sehingga, ada beberapa wanita yang tidak pernah mengalami perdarahan, meski telah aktif berhubungan seksual. Yuk, kenali lebih lanjut tentang operasi keperawanan di bawah ini.

Mengenal Operasi Keperawanan

Operasi keperawanan disebut hymenoplasty berasal dari bahasa latin hymen yang bermakna selaput darah yang sudah robek dan raphe yang berarti jahitan. Tetapi operasi keperawanan ini lebih dikenal dengan hymenoplasty atau hymenorrhaphy.

Banyak sekali waita yang merasa perlu unutuk melakukan operasi keperawanan ini sebelum memasuki pernikahan. Hal ini bertujuan agar pihak laki-laki selalu ingin pengantin masih perawan dan menyenangkan keluarganya kelak. Tetapi, tidak semua wanita yang melakukan hymenoplasty setelah melakukan seks bebas, ada saatnya mereka ialah korban pemerkosaan atau selaput darah robek karena non-seksual. Bahkan tidak jarang, dokter melakukan hymenoplasty karena mendapat ancaman pembunuhan dari keluarga yang menginginkan anak perempuannya benar-benar psuci pada saat di hari pernikahannya.

Prosedur Melakukan Hymenoplasty

Hymenoplasty dilakukan dengan menjahit sisa selaput darah yang sudah robek, sehingga mirip seperti kondisi selaput darah sebelum robek. Kemudian, pasien akan diberi antibiotic untuk mempercepat proses pemulihan.

Operasi keperawanan hanya berlangsung sekitar setengah jam, dan pasien bisa melakukan rawat jalan. Syarat yang harus dipenuhi oleh pasien tidak boleh berhubungan intim sebelum bekas operasinya benar-benar pulih.  Meskipun, tertolong operasi keperawanan ini ringan dan cepat dilakukan, namun operasi hymenoplasty ini ada efek samping yang muncul setelah melakukan, seperti:

  • Pendarahan
  • Infeksi
  • Nyeri yang sangat hebat
  • Munculnya bekas luka
  • Kesulitan bernafas di tempat operasi

 

Fungsi Hymenoplasty untuk Kesehatan

Selaput dara atau hymenoplasty merupakan selapis jaringan yang terletak pada bukaan Miss V, ataupun bisa pula disebut bagaikan lubang alat vital. Secara normal, seluruh selaput dara tentu mempunyai lubang bukaan. Sebab bila tidak, hingga darah haid tidak akan dapat keluar. Lubang yang ada di selaput dara ukurannya dapat berlainan. Namun umumnya, bukaan yang ada pada jaringan ini berukuran sebesar jari, atau tampon ukuran kecil.Ketebalannya pun bervariasi.

Beberapa wanita memiliki selaput dara yang tebal. Namun sebagian lain memiliki lapisan yang tipis. Bahkan, sebagian perempuan yang sama sekali tidak memiliki selaput dara sejak lahir. Hingga saat ini, fungsi selaput dara untuk kemaluannya belum begitu jelas. Namun, beberapa ahli mengungkapkan bahwa lapisan ini bisa saja berada di Miss.V untuk menghalang masuknya bakteri ke dalam tubuh wanita dan harus melakukan tindakkan hymenoplasty.

Macam-macam Bentuk Selaput Dara

Setiap perempuan bisa mempuanyai bentuk selaput dara yang berbeda. Bentuk yang paling sering ditemui adalah bentuk bulan sabit. Bentuk ini akan mempermudah darah haid keluar dari Miss.V. Bentuk selaput dara lain yang bisa dimiliki perempuan, yaitu:

  1. Imperforasi selaput dara

Imperforasi selaput dara merupakan situasi selaput dara yang menutupi semua lubang Miss V. Kondisi ini merupakan suatu kelainan, karena membuat darah menstruasi tidak bisa keluar dari Miss.V. Darah yang menumpuk di dalam vagina tersebut, kemudian bisa menimbulkan gangguan seperti sakit punggung atau sakit perut, serta rasa sakit saat buang air besar dan buang air kecil. Imperforasi selaput dara bisa dideteksi sejak lahir. Namun pada kebanyakan kasus, kondisi ini baru terdeteksi saat wanita memasuki usia remaja dan mengalami menstruasi. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan operasi keperawanan. Dokter akan membuat pembukaan pada selaput dara serta membuat lubang Miss V berdimensi normal pada saat hymenoplasty, alhasil darah haid yang dibuat bisa pergi dengan mudah.

  1. Mikroperforasi selaput dara

Bentuk selaput dara yang hadapi mikroperforasi, nyaris serupa dengan imperforasi. Hanya saja, sedang ada sedikit sekali pembukaan di lapisannya. Situasi ini tidak mengusik keluarnya darah haid dari Miss V, tetapi akan membuat kesulitan perempuan yang memakai tampon saat haid. Mikroperforasi selaput dara dapat ditangani dengan metode pembedahan. Dokter akan membuang kelebihan jaringan yang ada pada selaput dara, alhasil lubang yang ada pada lapisan ini berdimensi normal, serta memudahkan keluarnya darah haid.

  1. Septum selaput dara

Septum artinya adalah pemisah atau batas. akibatnya, selaput darah dengan septum, mempunyai pembatas di tengah- tengah lubangnya, serta membuatnya nampak semacam memiliki 2 bukaan. Situasi ini bisa ditangani dengan tindakan. Dokter akan menghilangkan septum tersebut dengan menyingkirkan kelebihan jaringan, agar bukaan vagina bisa berukuran normal.

Tindakkan Hymenoplasty di Klinik Pandawa

Klinik Pandawa dapat mengobati masalah yang anda sedang keluhkan. Jika Sahabat Pandawa ingin kembali selaput darahnya yang sudah rober bisa melakukan operasi keperawanan atau hymenoplasty, Klinik Pandawa ialah salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta. Klinik Pandawa memiliki dokter yang professional dan ahli.

Periksalah kondisi Anda dengan gejala yang sudah dijelaskan di atas. Bila Sahabat Pandawa memiliki tanda- tanda ataupun gejala kendala pada kemaluan, segera konsultasikan pada dokter professional Kami. Klinik Pandawa juga turut memberikan layanan kesehatan Andrologi dan Ginekologi bagi Sahabat Pandawa.

Jika Sahabat Pandawa ingin menanyakan informasi lebih lanjut bisa hubungi layanan konsultasi gratis online dengan dokter kami melalui nomor 0821-1141-0672 (WA/TLP/SMS).