Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-18:00 WIB
Minggu : 12:00-18:00 WIB

Lagi Tak Mood Bercinta? Ini Penyebab Gairah Seksual Wanita Menurun

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

gairah seksual wanita menurun

Pasangan kamu ngga mood saat bercinta? Ternyata gairah seksual wanita sering kali naik turun, lho, Sahabat Pandawa. Namun, jika Kamu sering mengalami penurunan gairah seksual, ada kemungkinan Kamu alami penyebab gangguan seksual wanita menurun. Gangguan seksual ialah bentuk paling umum dari disfungsi seksual di antara wanita dari berbagai usia. Untuk mengatasi kondisi ini, penyebabnya harus di cari tahu terlebih dahulu. Untuk itu, kamu harus tau penyebab gairah seksual wanita menurun, simak di bawah ini yuk!

Jika kamu mengalami hal ini sebaiknya lakukan pemeriksaan di Klinik Pandawa agar dapat ditangani dengan tepat dan cepat. Dengan begitu hubungan seksual kamu dengan pasangan kembali normal. Penurunan gairah seksual pada wanita ini bisanya akan mempunyai tKamu-tKamu dan berbagai macam gejala, seperti tak tertarik untuk lakukan aktivitas seksual, tak mempunyai fantasi, sulitnya mendapatkan rangsangan, hingga tak menikmati hubungan intim.

Baca Juga : Ingin Garang Saat Bercinta? Begini Cara meningkatkan Libido yang Menurun

Penyebab Gairah Seksual Wanita Menurun

Berikut adalah beberapa hal yang dapat penyebab gairah seksual wanita menurun, yaitu :

  1. Untuk menderita penyakit tertentu

Wanita yang menderita penyakit kronis tertentu, meskipun penyakit tidak terkait langsung dengan aktivitas seksual, dapat menjadi salah satu pemicu penyebab gairah seksual wanita menurun.

Beberapa penyakit yang menjadi penyebab gairah seksual wanita menurun termasuk kanker, hipogonadisme, diabetes, obesitas, radang sendi, anemia, sindrom sheehan atau hipotiroidisme, penyakit jantung dan gangguan sistem saraf.

  1. mengalami masalah seksual

Penyebab gairah seksual wanita menurun akibat masalah seksual, misalnya sering rasakan sakit saat hubungan seks atau alami sulitnya mencapai kepuasan saat hubungan intim (orgasme).

  1. Konsumsi obat.

Beberapa obat juga diketahui mengurangi hasrat seksual pada wanita. Obat-obatan yang dapat menyebabkan penurunan libido wanita termasuk antidepresan, tekanan darah tinggi, obat krisis, dan pil KB.

  1. Temukan perubahan hormon

Perubahan kadar hormone, seperti hormone seks, hormone tiroid, serta hormone kortisol, dapat kurangi hasrat seksual pada wanita. Perubahan ini biasanya dialami oleh wanita yang sedang hamil, menyusui, menopause.

Perubahan hormon selama kehamilan dan menyusui dapat mengakibatkan perubahan dalam tubuh tubuh dan memfasilitasi pengalaman kelelahan. Selain itu, perubahan hormon juga dapat menyebabkan perasaan tertekan sehingga juga penyebab gairah seksual wanita menurun.

Selain itu, bagi wanita yang memasuki menopause, kadar hormon estrogen akan menurun. Ini bisa mengeringkan vagina, sehingga seks bisa menyakitkan. Akibatnya, penurunan libido dapat terjadi.

  1. Menjalani gaya hidup yang tidak sehat

Kebiasaan merokok, konsumsi alkohol dengan jumlah berlebihan dan untuk waktu yang lama, serta pelanggaran narkoba ilegal adalah contoh gaya hidup yang tidak sehat yang dapat menjadi penyebab gairai seksual wanita menurun.

  1. Memiliki hubungan yang buruk dengan pasangan

Kedekatan emosional dengan pasangan adalah kunci keintiman dalam suatu hubungan. Ketika kedekatan ini berkurang, bahkan kegembiraan seksual dapat berkurang, termasuk perempuan.

Contoh hal-hal yang dapat mengganggu hubungan dengan pasangan, termasuk:

  • Komunikasi yang buruk
  • kurangnya keterbukaan
  • Mantan konflik yang belum terselesaikan
  • Trusse of Crisis, misalnya karena kasusnya

 

  1. Menderita masalah psikologis

Kondisi psikologis atau kesehatan mental juga bisa sangat berpengaruh pada kegembiraan seksual, termasuk perempuan.

Kondisi psikologis yang buruk dapat membawa perempuan untuk merasa tidak beruntung, penurunan kepercayaan, bahkan tidak memiliki lebih banyak harga diri. Hal-hal ini pada akhirnya dapat menjadi penyebab gairah seksual wanita menurun.

Contoh masalah psikologis ini meliputi:

  • Stress
  • Gangguan kecemasan
  • Depresi

Baca Juga : Pria Perlu Tahu, Penyebab Gairah Seks Berkurang dan Ciri-Ciri

Cara Tingkatkan Gairah Seksual Pada Wanita Menopause

Jika Kamu memasuki periode menopause, berikut adalah beberapa tips untuk mempertahankan dan meningkatkan gairah seksual Kamu:

  1. Hiduplah gaya hidup sehat

Makan makanan bergizi, mempertahankan berat badan yang sehat, bukan untuk merokok dan melatih suasana dan kesegaran teratur. Ini dapat secara langsung mempengaruhi dorongan seks Kamu.

  1. Lakukan Senam Kegel

Senam adalah gerakan yang dirancang untuk mengencangkan otot panggul yang lebih rendah. Kegiatan ini berguna untuk mengencangkan otot di bawah rahim, tas kemih dan usus besar. Latih otot-otot lantai panggul Kamu dapat memperkuat otot Kamu saat berhubungan seks dan meningkatkan intensitas orgasme Kamu.

  1. Memeriksa kesehatan

Atur pemeriksaan kesehatan reguler seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung adalah suatu keharusan. Bahkan, tiga penyakit ini adalah penyakit umum yang menderita usia. Selain itu, pemeriksaan kesehatan reguler dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah Kamu, berguna untuk meningkatkan respons seksual Kamu.

  1. Berkonsultasilah dengan dokter Kamu

Jika Kamu memiliki gejala peluang seperti kekeringan vagina, hot flash alias penampilan perasaan hangat yang bisa datang tiba-tiba di wajah, leher dan dada, atau hasrat seksual berkurang, tanyakan kepada dokter Kamu untuk perubahan dalam perawatan atau gaya hidup yang dapat membantu meringankan gejala-gejala ini .

Tetap bugar dan sehat sampai usia tua akan meningkatkan tidak hanya kesehatan Kamu secara keseluruhan, tetapi juga meningkatkan peluang Kamu untuk memuaskan sex drive sepanjang hidup Kamu.

Kamu dapat lakukan pemeriksaan di Klinik Padawa dengan melakukan reservasi terlebih dahulu atau dapat hubungi dokter online kami 0811-8820-172 atau KONSULTASI ONLINE GRATIS.