Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-18:00 WIB
Minggu : 12:00-18:00 WIB

Kutil Kelamin Membahayakan Nyawa, Benar atau tidak? Begini Cara Pengobatannya

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Kutil Kelamin Membahayakan Nyawa, Benar atau tidak? Begini Cara Pengobatannya

kutil kelamin

Sahabat Pandawa, area kemaluan memang zona yang paling sensitive karena salah satu titik untuk berhubungan seksual dengan pasangan Anda. Tetapi, jika Anda mengalami penyakit yang seris mungkin tidak akan pernah difikirkan oleh siapa saja. Pernahkah Anda mendengar penyakit kutil kelamin? Jika tidak, kita akan memebahas salah satu infeksi menular seksual yang sangat sering terjadi pada setiap orang yang sudang mengalaminya. Orang yang sangat aktif dalah behubungan intim kurang lebih akan terjangkit penyakit ini.

Kutil kelamin sangat gampang tertular danbisa terjangkit oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Penyakit ini tidak boleh diremehkan karena penyakit ini dapat membahayakan nyawa seseorang jika tidak segera Anda tangani. Apabila Anda merasa gatal dan nyeri atau sensasi terbakar pada area kemaluan sebagiknya konsultasikan ke dokter. Kutil kelamin berukuran kecil dan tidak mudah terlihat dengan mata telanjang. Akan tetapi, kutil kelamin menyebabkan rasa gatal yang berlebihan dan mengakibatkan pendarahan saat berhubungan intim. Yuk simak lebih lanjut tentang kutil kelamin.

Mengenal Penyakit Kutil Kemaluan

Penyakit kutil kelamin adalah suatu kondisi ketika area kemaluan seseorang ditumbuhi oleh kutil. Beragam risiko yang bisa disebabkan oleh kutil kelamin. Biasanya, disebabkan karena HPV (Human Papilloma Virus) tertentu. Kutil kelamin biasanya berbentuk benjolan dan biasanya berwarna keabu-abuan atau senada dengan kulit. Ukuran dan jumlahnya pun beragam, bisa kecil sampai besar, bisa tumbuh multiple atau satu pada area kemaluan. Kutil kelamin dapat terjadi pada wanita maupun pria. Penyakit ini bisa menyerang baik pria maupun wanita. Kutil kelamin pada wanita bisa lebih berisiko karena bisa memicu kanker serviks dan kanker vulva bahkan akan membahayakan nyawa.

 

Bagaimana Penularan Kutil Kelamin?

Kutil kelamin ditularkan melalui aktivitas seksual, termasuk seks oral, vagina, dan anal. Munculnya kutil sendiri tidak terjadi begitu kamu terinfeksi. Virus kutil kelamin dapat ditularkan meskipun tidak ada kutil yang terlihat. Sebab kutil kelamin tidak selalu terlihat oleh mata manusia. Mereka mungkin sangat kecil, warnanya sama mirip warna kulit, atau sedikit lebih gelap. Banyak orang dengan virus tidak memiliki gejala tetapi masih dapat menularkannya. Virus ini juga dapat ditularkan ke bayi dari ibu saat lahir, tetapi ini jarang terjadi. Kutil kelamin tidak akan menular melalui ciuman ataupun berbagi barang seperti handuk, alat makan, cangkir, atau kursi toilet.

Gejala penyakit ini

Saat kamu mengalami kutil kemaluan, beberapa gejala kutil kelamin yang bisa kamu rasakan adalah ketidaknyamanan dan gatal di area kelamin. Lokasi munculnya kutil kemaluan di pria dan wanita juga sangat beragam. Berikut tanda-tanda atau gejala kutil kelamin yang harus kamu tahu:

  • Munculnya benjolan jaringan kulit yang berwarna kecoklatan atau kemerahan di area kelamin
  • Bentuk permukaan atasnya menyerupai kembang kol dan terasa halus atau sedikit bergelombang saat disentuh
  • Gatal-gatal atau tidak nyaman di area genital
  • Terjadi pendarahan saat berhubungan intim
  • Ukuran kutil bisa sangat kecil dan datar sehingga tidak terlihat.

Saat kutil kelamin tidak terlihat dengan kasat mata, mereka masih dapat menyebabkan gejala, seperti keputihan, gatal, berdarah, dan sensasi rasa terbakar.

Faktor Risikonya

Faktor dan risiko penularan kutil kemaluan bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain. Nah, beberapa faktor penularan kutil kemaluan di bawah ini bisa meningkatkan risiko penularan kutil kemaluan virus tersebut.

  • Kontak kulit-ke-kulit, termasuk hubungan seks vagina dan anal
  • Berbagi mainan seks
  • Seks oral
  • Berhubungan seks tanpa kondom dengan banyak pasangan
  • Pernah mengalami infeksi menular seksual lainnya
  • Berhubungan seks dengan pasangan yang riwayat seksualnya tidak diketahui
  • Aktif secara seksual di usia muda
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu, seperti dari HIV atau konsumsi obat-obatan dari transplantasi organ
  • Merokok
  • Berusia di bawah 30 tahun
  • Riwayat korban pelecehan seksual saat anak-anak
  • Anak-anak dari ibu yang memiliki virus penularan kutil kemaluan saat melahirkan

Penularan kutil kemlauan setiap orang yang aktif secara seksual berisiko terkena penyakit ini. Maka pastikan untuk selalu melakukan hubungan seksual yang aman.

Area Yang Menimbulkan Penyakit Ini

Infeksi penularan kutil kemaluan ini tak hanya bisa muncul di area kemaluan lho, bahkan bisa di mulut sampai saluran tenggorokan. Kutil bisa saja berkembang menjadi lebih banyak, hal ini biasanya lebih berisiko bagi mereka yang memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh. Penularan kutil kemaluan pada pria dapat muncul pada area berikut:

  • Penis
  • Skrotum
  • Selangkangan
  • Paha
  • Di dalam atau di sekitar anus

Untuk wanita, kutil ini dapat muncul:

  • Dalam vagina atau anus
  • Bagian luar vagina atau anus
  • Pada leher rahim

Penyakit ini dapat timbul di area bibir, mulut, lidah, atau tenggorokan seseorang yang telah melakukan hubungan intim secara oral dengan seseorang yang membawa virus penularan kutil kemaluan.

Komplikasi yang Akan Dialami

Infeksi akibat virus Human Papilloma Virus ini bisa berakibat buruk baik bagi pria maupun wanita. Mulai dari gangguan kehamilan hingga kanker.

  1. Kanker

Kutil kelamin akibat infeksi HPV bisa menjadi penyebab utama kanker leher rahim pada wanita. Selain itu, bisa juga sebabkan displasia atau perubahan prekanker pada sel-sel serviks. Jenis HPV lain juga dapat menyebabkan kanker vulva, yang merupakan organ genital wanita. Tak hanya pada wanita, penularan kutil kemaluan juga juga dapat menyebabkan kanker penis pada pria. Selain risiko kanker pada area genital, virus kutil kemaluan juga bisa menyebabkan kanker pada area mulut atau kanker anal.

  1. Gangguan Bagi Ibu yang Mengandung

Kutil bisa saja membesar dan membuat penderitanya kesulitan buang air kecil. Namun, kasus ini sangat jarang terjadi. Selain gangguan saat kencing, penularan kutil kemaluan yang membesar juga dapat menghambat peregangan jaringan vagina saat melahirkan. Kutil besar pada vulva atau di vagina bisa mengalami pendarahan saat diregangkan pada proses melahirkan. Selain itu, virus ini juga berisiko ditularkan ke bayi, meski kasusnya masih jarang. Kutil bisa timbul di tenggorokan bayi dan menyebabkan ia kesulitan bernapas. Bayi itu mungkin perlu dioperasi agar saluran napas tidak tersumbat.

Pengobatan di Klinik Pandawa

Setelah membaca ulasan diatas tentang penularan kutil kemaluan, jika Anda mengalami ciri-ciri seperti diatas ini sebaiknya segera periksa ke dokter karena akan membahayakan kondisi Anda. maka dari itu, Anda dapat menghubungi dokter kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter hanya akan merawat pasien yang memiliki kutil yang terlihat. Jenis perawatan tergantung pada lokasi kutil, jumlah kutil, dan penampilan kutil.

Klinik Pandawa merupakan klinik kulit dan kelamin yang sudah terkenal di Jakarta. Klinik yang memiliki dokter terpercaya serta ahli dalam bidangnya dan sudah menangani pasien sampai sembuh total. Klinik yang dapat menangani penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Estetika. Apabila Anda mengalami kutil kelamin di atas dapat menghubungi Klinik Pandawa.

Jika Anda membutuhkan ingin berkonsultasi terlebih dahulu dapat BERKONSULTASI GRATIS dengan dokter professional kami melalui nomor berikut ini 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan sepenuh hati melayani Anda. Kerahasian medis Anda akan terjamin.