Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Kulit Menebal dan Gatal? Jangan Sepelekan Gangguan Kulit Ini

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Kulit Menebal dan Gatal? Jangan Sepelekan Gangguan Kulit Ini

kulit menebal dan gatal

Tahukan Anda jika efek dari eksim bisa menyebabkan kulit kering, memerah, kulit tebal dan gatal di bagian depan siku dan bagian belakang lutut terkadang akan mengeluarkan cairan, seperti gatal dan luka yang terkadang bisa mengeras. Tidak hanya eksim, lapisan kulit yang tebal dan gatal ini pula bisa diakibatkan kerena likenifikasi. Kondisi ini ketika kulit menjadi tebak dan gatal karena terlalu sering digaruk dan digosok. Jika terus-menerus digaruk di area kulit dengan janga waktu yang lama akan menimbulkan pertumbuhan sel-sel kulit dan menyebabkan penebalan.

Kondisi ini akan sangat membuat Anda tidak nyaman, terlebih jika di malam hari. Simak lebih lanjut informasi di bawah ini!

 

Jenis Penyakit Eksim

Bila Kamu belum sangat ketahui hal tipe- tipe penyakit eksim, selanjutnya dianataranya:

  • Dermatitis kontak: Respon kulit yang merah serta gatal kepada suatu yang Kamu sentuh: misalnya, nikel pada perhiasan ataupun deterjen.
  • Eksim dyshidrotic: Lebih sering terjadi pada perempuan, tipe ini membuat lecet kecil serta benjolan di tangan serta kaki.
  • Eksim tangan: Semacam apa namanya— tipe ini cuma mempengaruhi tangan.
  • Neurodermatitis: Seperti dermatitis atopik atau eksim, ini membuat bintik bersisik pada kulit. Salah satunya perbedaan merupakan kalau tambalan di sini terasa lebih tebal.
  • Eksim nummular: Dengan tipe ini, bercak- bercak bulat seukuran koin timbul di kulit, serta gatal apalagi lebih dari tipe eksim yang lain.
  • Dermatitis statis: Ini timbul pada saat cairan merembes dari pembuluh darah ke kulit, menimbulkan pembengkakan yang menyakitkan.

 

Penyebab Kulit Menebal

Pemicu neurodermatitis umumnya yakni gatal- gatal parah( waktu jauh) hendak namun sering- kali pula terpaut dengan guncangan kulit, keresahan berat, dan sikap obsesif- kompulsif, semacam menggaruk ataupun menggosok kulit sepanjang jangka waktu yang amat lama.

Ada pula berbagai faktor yang tingkatkan resiko seorang terserang neurodermatitis antara lain ialah;

  • Gangguan keresahan. Tekanan pikiran dengan perasaan tertekan dapat mengakibatkan rasa gatal yang berhubungan dengan gangguan kulit neurodermatitis.
  • Usia serta jenis kemaluan. Perempuan lebih beresiko hadapi kendala kulit neurodermatitis, situasi ini juga mengarah mencuat pada pengidap yang berumur 30 hingga 50 tahun.
  • Riwayat penyakit keluarga. Apabila terdapat badan keluarga pengidap dermatitis, eksim, psoriasis, ataupun hadapi ganguan keresahan, hingga resiko terserang gangguan kulit neurodermatitis lebih besar.

 

Gejala

Gajalanya hampir serupa dengan eksim, ialah kulit menebal dan gatal, agresif bersisik, kulit memerah serta bintik hitam. Semacam yang dikatakan bila penebalan pula bisa terjadi karena adanya eksim. Kondisi gangguan kulit eksim dapat membuat kulit kehilangan kelembapannya.

Pada saat kulit kehilangan kelembapannya serta alergen memasuki kulit, setelah itu mengaktifkan sistem imunitas badan, jadilah peradangan yang membuat kulit jadi merah serta gatal. Seseorang lebih rentan terserang gangguan kulit eksim apabila keluarga mempunyai riwayat eksim ataupun situasi alergi, termasuk meriang serta sesak napas.

Indikasinya mencakup:

  • bercak kulit diiringi gatal parah
  • kulit tebal serta kasar
  • bersisik, kulit seperti kulit kayu
  • bercak kulit yang merah ataupun gelap
  • rasa gatal bisa timbul bila saja pada saat lagi merasa stress ataupun tertekan serta saat istirahat
  • selain dibagian badan semacam sikut, dengkul, tungkak, kulit merimbun serta mengerinyau ini dapat timbul di zona kepala

 

Amati Pemicu Kulit Menebal dan Gatal

Terkait dengan susunan kulit menebal dan gatal, umumnya akan sering ada penyebab yang membuat itu pertama kali terjadi. Mungkin sangat besar umumnya dari area. Adapun kondisi- kondisi yang dapat memunculkan gangguan ketidaknyamanan kulit tersebut meliputi:

  • Lingkungan yang Terlalu Dingin atau Terlalu Panas

Ini dapat mengurangi kelembapan kulit dan mengakibatkan kulit jadi rapuh, bersisik dan mengarah pada gangguan eksim.

  • Berkeringat Berlebihan

Untuk kalian yang gampang berkeringat hal ini dapat dengan gampang mengiritasi kulit. Paling utama sewaktu terletak di area- area di mana keringat dapat terperangkap, seperti di arah siku, dengkul, pundak serta leher.

  • Stres atau Kecemasan

Pada saat kalian banyak tekanan serta stress, sistem saraf otomatis menginstruksikan badan buat melindungi dirinya sendiri dengan memompa hormon stress, termasuk kortisol. Kortisol akan mengatur sistem imunitas badan yang mendorong peradangan serta antibodi alergi timbul dengan segera.

Apalagi, billa kalian dalam situasi panik, sel- sel darah putih membuat histamin muncul yang akan menginduksi gatal serta membuat pembuluh darah membengkak.

  • Alergen di Udara

Alergin pada dasarnya merupakan penyebab serta eksim biasanya meradang pada saat terpicu tungau, debu, serbuk sari, ataupun bulu binatang piaraan.

  • Iritasi Lainnya

Paparan bahan kimia tertentu, termasuk aroma serta sulfat yang ditemui dalam sabun, deterjen, minyak wangi, serta kosmetik, dapat merangsang kulit yang telah sensitif.

 

Kapan Harus Ke Dokter?

Apabila sahabat pandawa terasa kulit menebal dan gatal, kulit kering, memerah, sampai bernanah dalam waktu yang sangat lama, segera atasi bersama dengan dokter kulit terpercaya.

Kunjungi buat mendapatkan penanganan kulit yang maksimal bersama Klinik Pandawa. Klinik Pandawa bisa mengatasi penyakit kulit yang yang lain, apabila Kamu merasakan penyakit selain eksim, seperti kutu kelamin, toksoplasma, rosacea, milia atau yang lainnya bisa datang ke Klinik Pandawa serta Klinik Kami memiliki dokter yang professional serta ahli.

Sahabat Pandawa bisa berkonsultasi online dengan dokter ahli kami dan reservasi di nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui link layanan. Kami siap melayani.