Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-18:00 WIB
Minggu : 12:00-18:00 WIB

Keputihan Yang Tidak Normal Bisa Sebabkan PMS?

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

keputihan tidak normal

Sahabat Pandawa, kamu pernah alami keputihan, tapi keputihan yang kamu alami ini berbeda dari sebelumnya? Nah, jika kamu mengalami hal seperti ini yang menimbulkan dengan ciri-ciri gatal-gatal, mempunyai aroma yang tidak sedap, mengalami iritasi pada vagina. Jika kamu mengalami ciri-ciri seperti yang sudah disebutkan itu berarti kamu sedang alami keputihan tidak normal.

Keputihan yangnormal biasanya akan mempunyai tan-tanda seperti tidak berwarna, tidak ada bau yang menyengat, meninggalkan bercak kekuningan di pakaian dalam, mempunyai tekstru yang berubah-ubah tergantuk siklus haidnya. Nah, kamu tidak boleh biarkan keputihan yang tidak normal ini dalam jangka yang panjang, karena akan mengalami PMS.

Penyakit Menular Seksual ini sangat berbahaya jika tidak segera ditangani oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Lantas, apa saja yang tergolong dengan keputihan tidak normal yang menyebabkan penyakit PMS? Keputihan tidak normal disebabkan karena vulvovaginitis, infeksi, baik karena jamur, bakteri (vaginosis bakterialis, gonore, chlamydia), ataupun parasit (trikomoniasis). Selain infeksi, keputihan juga dapat menjadi tanda-tanda terkenanya kanker rahim ataupun leher rahim.

Berbahaya bukan? Sekarang kita baca lebih jelas dan lengkap lagi yuk di bawah ini untuk mengenal keputihan tidak normal. Sebelumnya, kamu harus tahu ya keputihan normal seperti apa.

Baca juga : Cairan Vagina Baunya Tidak Sedap? Kenali Penyebabnya

Ciri-ciri keputihan normal

Keputihan atau juga dikenal dengan vaginal discharge ialah mengeluarkan cairan tubuh dari Miss.V. keputihan memang terjadi secara alami pada semua wanita, sesuai dengan siklus haid. Umumnya, cairan ini keluarkan cairan yang kental dan lengket serta lebih cair dan bening saat terjadi ovulasi.

Keputihan normal ini akan mengelurakan cairan yang warna outuh dengan jumlah sedikit dan teksturnya lengket. Keputihan juga berfungsi untuk bersihkan bakteri serta kuman-kuman ynag ada di dalamnya. Cairan ini di buat oleh kelenjar di dalam vagina. Kondisi ini bikin vagina jadi bersih serta cegah infeksi.

 

Ciri-ciri keputihan tidak normal

Sebagian besar keputihan memang dianggap hal yang wajar dan aman jika sedang kamu mengalami stress, kehamilan, atau berhubungan seksual. Namun, ada baiknya kamu periksalah ke dokter bila keputihan yang disertai dengan ciri-ciri seperti vagina sakit, berwarna tidak putih, serta bau tak sedap. Hal ini bisanya diketahui dengan keputihan patologis

Berikut ini ciri-cri keputihan tidak normal, yakni :

  • Keputihan yang warnanya coklat serta berdarah, umunya disertai rasa yang sakit pada bagian panggul dan jadwal haidnya tidak teratur
  • Cairan keputihan yang keluar warnanya keruh, misalnya abu-abu ataupun kekuningan, bisasaja menciri-cirikan dengan adanya penyakit menular seksual, seperti gonore. Hal ini biasanya juga disertai dengan rasa saki di area panggul dan nyeri saat buang air kecil.
  • Bila cairan keputihan ini mengeluarkan dalam jumlah yang tidak sedikit serta dibarengi adanya vagina bengkak, nyeri bagian vulva, serta gatal-gatal, kondisi ini disebabkan adanya infeksi jamur vagina.
  • Jika kamu mengalami keputihan yang warnanya putih, abu-abu ataupun kuning dengan bau yang amis atau asam, hal ini disebabkan adanya bacterial vaginosis. Terkadang, hal ini disertai dengan rasa yang gatal dan kemerahan di bagian vagina

 

Cara atasi keputihan tidak normal

Bila kamu alami keputihan tidak normal, lebih baik kamu segerlah ke dokter untuk atasi masalah ini dan mengetahui lebih pasti. Nanti, dokter akan mendiaknosa mengenai kesehatan vagina kamu. Keputihan ini biasanya diakibatkan obat yang ketergantungan pada akar permasalahannya.

Contohnya, infeksi jamur biasanya akan diobati dengan obat anti jamur yang dioleskan ke dalam vagina dalam bentul gel ataupun krim. Sedangkan, keputihan ini yang diakibatkan karena bakteri vaginosis akan diobati dengan pil ataupun krim antibiotic. Misalnya, bakteri trikomoniasis yang umumnya diobati dengan obat metronidazol atau tinidazole.

 

Cegah keputihan tidak normal

Merawat organ intim memang terbilang susah-susah gampang. Kenapa begitu? Kerena organ intim ialah bagian yang paling sensitive jika kamu melakukan hal yang tidak baik. Nah, bagiamana cara mencegah keputihan yang tidak normal, yakni :

  • Membersihkan miss v secara rutin menggunakan air yang hangat dan sabung yang tidak mempunyai aroma yang menyengat dan lembut. Sabun yang berbahan kimia serta keras bisa menyebabkan iritasi pada vagina.
  • Membersihkan vagina dari bagian depan ke belakang( ara vagina yang menuju ab=nus) untuk cegah bakteri dari anus yang berpindah ke bagian vagina
  • Jangan gunakan pembersih vagina dengan antiseprtik, atau yang mempunyai wangi serta produk doching. Antiseptic ini justu akan membuat ganggu keseimbangan bakteri alami dari miss v, sehingga sebabkan keputihan tidak normal.
  • Jangan membiasakan menggaruk bagian Miss V ataupun vulva. Kenapa begitu? Karena akan sebabkan lka ataupun infeksi pada vagina
  • Menggunakan pakaian dalam dengan bahan katun yang nyaman, dan jangan gunakan pantyliners serta pakaian dalam yang terlalu ketat

 

Pengobatan keputihan tidak normal

Jika kamu mengalami hal seperti keputihan tidak normal sebaiknya segeralah ke dokter spesialis dokter kulit dan kelamin agar ditangani dengan cepat. Kamu bisa lakukan pengobatan di Klinik Pandawa dengan dokter terbaik dan professional kami. Keputihan yang kamu alami dapat kami sembuhkan dengan total, jadi kamu tidak perlu takut dengan penyakit menular seksual.

Kamu dapat segera ke klinik kami yang berada di Pangeran Jayakarta. Bila kamu mengalami ini, kamu bisa sekali konsultasi dengan dokter kami melalui layanan Klinik Online Gratis atau hubungi kami ke nomor 0821-1141-0672 / 021-62313337 WhatsApp / SMS / Telp. Kami akan dengan senang hati melayani Anda. Semua rahasia medis Anda dijamin.