Keputihan Tidak Normal (Leukore) yang perlu kamu tahu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

keputihan tidak normal

 

Keputihan (Leukore) adalah keadaan ketika ada cairan putih yang keluar dari Miss V. Jangan segera panik, sebab tidak seluruh keputihan (leukore) itu membahayakan. Keputihan terbagi atas keputihan normal dan tidak normal. Keputihan normal lazimnya terjadi setiap bulan sebelum atau setelah menstruasi dan ketika masa subur.

Sedangkan yang tidak normal terjadi karena infeksi bakteri, jamur, virus, dan parasit. Masalah keputihan ini merupakan salah satu kondisi yang sering dikeluhkan wanita. Untuk menyelesaikannya, sebaiknya Anda mengenali gejala-gejala sebagai berikut.

Jadi, bagaimana keputihan yang normal? Dan apa ciri keputihan tidak normal?

 

CIRI-CIRI KEPUTIHAN NORMAL

Keputihan yang normal biasanya berwarna putih dengan jumlah yang sedikit dan cenderung bertekstur lengket. Keputihan ini berfungsi untuk membersihkan bakteri dan kuman di dalamnya vagina. Cairan yang dibuat oleh kelenjar di dalam vagina dan serviks akan membawa sel-sel mati dan bakteri keluar dari vagina. Hal inilah yang membuat organ intim wanita jadi bersih dan mencegah infeksi.

CIRI-CIRI KEPUTIHAN TIDAK NORMAL

Keputihan biasanya dianggap wajar dan aman apabila terjadi ketika stres, kehamilan, atau aktivitas seksual. Namun, lebih baik Anda periksakan ke dokter jika keputihan yang terjadi disertai gejala-gejala seperti vagina terasa sakit, warnanya tidak putih, dan berbau tidak sedap.

Berikut merupakan ciri-ciri dan gejala keputihan yang tidak normal:

  • Cairan keputihan (Leukore) yang keluar berwarna keruh seperti abu-abu, coklat atau kekuningan, dapat menandakan adanya penyakit menular seksual seperti gonore. Kondisi keputihan (Leukore) ini kadang juga disertai rasa sakit di bagian panggul dan saat Anda buang air kecil.
  • Jika cairan keputihan Anda keluar dalam jumlah yang banyak dan disertai dengan pembengkakan dan rasa nyeri di sekitar mulut vagina (vulva), serta gatal-gatal, hal itu bisa disebabkan oleh infeksi jamur vagina.
  • Sedangkan jika keputihan Anda dengan aroma yang amis atau asam, hal itu bisa disebabkan oleh bacterial vaginosis. Kadang kondisi ini juga disertai rasa gatal dan merah di area vagina kewanitaan.

 

KEPUTIHAN YANG BERBAHAYA ATAU TIDAK NORMAL

  • Pada infeksi bakteri, gejala yang paling sering dikeluhkan adalah rasa gatal cenderung menggaruk, sehingga vagina bisa kemerahan sampai lecet
  • Pada infeksi jamur, rasa panas pada vagina. biasanya dialami wanita hamil, karena kondisi organ kewanitaan lebih lembap, sehingga pertumbuhan jamur semakin banyak
  • Pada infeksi parasit biasanya tidak menunjukkan gejala pada fase awal. Namun, bila sudah fase lanjut, gejala lebih banyak, yaitu gatal pada vagina, nyeri saat buang air kecil dan nyeri saat berhubungan seksual.

 

PENYEBAB KEPUTIHAN YANG TIDAK NORMAL

Keputihan yang tak normal bisa yakni gejala penyakit, mulai dari infeksi jamur hingga kanker mulut rahim. Di bawah ini yakni beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab keputihan (leukore) berbahaya, berikut pedoman-tandanya:

Vaginosis bakterialis

Vaginosis bakterialis penyakit yang biasanya disebabkan banyaknya bakteri dapat membikin keputihan berubah warna menjadi putih, abu-abu, atau kuning yang disertai dengan bau anyir, gatal, perih, kemerahan, dan pembengkakan pada organ intim wanita.

Infeksi jamur

Ciri-cirinya meliputi keputihan kental berwarna putih menggumpal seperti keju, disertai gatal, sembab, dan rasa sakit di sekitar vulva. Nyeri akan makin terasa ketika berhubungan seksual. 

Trikomoniasis

Trikomoniasis disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Penyakit ini membuat keputihan menjadi berwarna kuning atau kehijauan, berbusa, dan berbau tak nikmat. Trikomoniasis juga membikin organ intim wanita terasa gatal dan nyeri ketika membuang air kecil.

Gonore

Gonore menimbulkan keputihan berwarna kuning atau keruh yang disertai nyeri panggul, perdarahan di luar siklus haid, dan keluarnya air kencing tanpa disadari.

Kanker

Kanker mulut rahim dan kanker yang menyerang lapisan Rahim (kanker endometrium) bisa menyebabkan keputihan berwarna coklat atau merah yang disertai nyeri panggul dan perdarahan pada organ intim wanita.

Kecuali itu, penyakit radang panggul, vaginitis, klamidia, pemakaian obat tertentu, seperti antibiotik atau pil KB, serta kultur menerapkan cairan pembersih organ intim wanita juga bisa menyebabkan keputihan tak normal.

 

CARA MENGATASI KEPUTIHAN TIDAK NORMAL

Jika Anda mengalami keputihan tidak normal, ada baiknya Anda bertanya dan konsultasi ke dokter terlebih dahulu agar tidak salah menanganinya. Nantinya dokter akan mendeteksi riwayat kesehatan vagina Anda. Keputihan pada dasarnya diobati tergantung pada akar permasalahannya.

PENGOBATAN DI KLINIK PANDAWA

Klinik Pandawa menjadi salah satu klinik ahli penyakit kulit dan kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan untuk pasien antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, dan penyakit bedah.

Klinik Pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kelamin terpenting Penyakit Keputihan. Dibantu oleh para perawat yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium.

Klinik Pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien merupakan life style Klinik Pandawa.

Perihal biaya berobat di Klinik Pandawa relatif lebih murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar Jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kualitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit keputihan (leukore) dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas pada pelayanan kami.

Apabila Anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi dengan dokter online kami FREE atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  Whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *