Yang Perlu Diketahui Pada Wanita Penyebab Keputihan Patologis

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

keputihan patologis

Ladies, pernahkah Anda mendengar tentang keputihan patologis? Dari banyak sumber jelas disebutkan bahwa keputihan jenis ini merupakan kondisi medis yang berbahaya karena berasal dari infeksi jamur dan bisa memicu timbulnya kanker leher rahim atau bahkan kemandulan.

Keputihan sebenarnya merupakan masalah kesehatan reproduksi yang normal dan sering terjadi pada wanita, terutama pada masa remaja. Pada Data awal di SMK YPM 3 Taman Sidoarjo dari 30 siswi meneliti,  wanita di daerah sidoarjo sebanyak 53,3% memiliki pengetahuan tinggi tentang keputihan, dan untuk wanita yang kurang tahu tentang keputihan ada 46,7%.

Sebanyak 80% dalam mencegah keputihan patologis masih kurang tepat dan untuk 20% diantaranya sudah tepat dalam melakukan tindakan pencegahan keputihan patologis. Yang perlu diketahui Banyak faktor yang dapat menyebabkan keputihan pada remaja seperti faktor pendukung, yaitu faktor fisiologis dan faktor patologis.

Untuk mengetahui penyebabnya keputihan patologis apa saja, bahaya hingga bagaimana pengobatan keputihan patologis, simak terus artikel di bawah ini.

 

Penyebab Keputihan

Penyebabkan keputihan patologis banyak hal yang harus diketahui tapi umumnya disebabkan oleh infeksi saluran reproduksi, Infeksi tersebut dapat berasal dari :

  1. Bakteri Gardnella

Pada sebagian besar wanita yang mengalami infeksi vagina bacterial Gardnella ini bisa tanpa merasa gejala tetentu. Keputihan yang teradi biasanya encer, berwarna putih keabu-abuan atau kuning kehijauan, berair, berbuih, dan berbau amis (fishy odor).

Bau akan lebih menyengat setelah melakukan hubungan seksual dan menyebabkan darah menstruasi berbau tidak sedap. Jika hanya ditemukan iritasi didaerah vagina seperti gatal biasanya masih dalam tingkat lebih ringan daripada keputihan yang disebabkan oleh Candida albicans atau Trichomonas vaginalis

  1. Monilia atau Jamur Candida

Keputihan yang diakibat jamur candida ini akan berwarna putih susu, kental, berbau agak menusuk, disertai rasa gatal pada vagina, mengakibatkan mulut vagina menjadi kemerahan dan meradang. Keputihan karena Monilia atau jamur candida ini biasanya dipicu oleh pemakaian pil KB, kehamilan, penyakit kencing manis, dan rendahnya daya tahan tubuh.

Pada ibu hamil yang menderita keputihan karena jamur candida ini bisa tertular pada bayi yang baru lahir karena tanpa sengaja tertelan cairan ibunya pada saat persalinan.

  1. Parasit Trichomonas Vaginalis

Pada parasite Trichomonas vaginalis penularanya lewat hubungan seks sehingga bisa disebut dalam Penyakit Menular Seksual (PMS), tapi selain PMS juga dapat lewat peralatan mandi, atau bibir kloset yang telah terkontaminasi. Yang dapat terjadi pada Cairan keputihan yang sangat kental, berbuih, berwarna kuning atau kehijauan dengan bau anyir. Keputihan karena parasite Trichomonas Vaginalis ini tidak menyebabkan gatal, tapi nyeri bila liang vagina ditekan.

  1. Virus

Keputihan akibat terinfeksi virus sering juga menimbulkan penyakit kelamin seperti kutil kelamin (condyloma),herpes, HIV/AIDS. Pada kutil kelamin (Condyloma) ditandai tumbuhnya kutil-kutil yang banyak disertai cairan berbau. Penyakit ini sering menyerang pada wanita hamil. Sedangkan virus yang penlaranya melalui hubungan badan disebut dengan virus herpes.

Tanda atau Gejala

Gejalanya yang dirasakan seperti luka melepuh, terdapat di sekeliling liang vagina, mengeluarkan cairan gatal, dan terasa panas. kasus ini sangat perlu diwaspadai karena keputihan akibat terinfeksi virus yang dapat menjadi salah satu faktor pemicu kanker rahim (Cancer servik).

Keputihan akibat terinfeksi virus yang dibiarkan dan tidak diobati dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kemandulan. Hal ini dikarenakan infeksi meluas ke rongga rahim, ke saluran telur dan kemudian sampai ke indung telur dan bisa menyebar sampai ke dalam rongga panggul.

 

Keputihan pada Saat Hamil

Meskipun keputihan disaat kehamilan termasuk dalam keputihan fisiologis, yang artinya keadaan normal, perlu juga diwaspadai kadar dari keputihan tersebut. Pada Umumnya penyebab keputihan tersering pada wanita hamil adalah infeksi jamur Candida spesies.

Wanita hamil bisa terkena keputihan sejak awal kehamilan sampai dengan trimester akhir menjelang persalinan. Namun jika keputihan karena infeksi jamur, akan lebih berat terjadi pada bulan-bulan terakhir kehamilan karena pada saat tersebut kelembaban vagina paling tinggi.

Contoh;

  • Infeksi Chlamydia dapat mengakibatkan keguguran dan persalinan prematur.
  • Untu Infeksi virus Herpes simpleks dapat menyebabkan radang pada otak bayi (ensefalitis).
  • Infeksi jamur Candida spesies dapat menyebabkan risiko terjadinya ayan (epilepsi).
  • Infeksi virus HPV dapat menyebabkan terjadinya papiloma laring (tumor pada jalan pernafasan) pada bayi yang menyebabkan gangguan pernapasan dan gangguan pencernaan bayi hingga kematian.

 

Berhubungan Seks Saat Keputihan?

Apabila seorang wanita sudah melakukan hubungan seks, maka wanita tersebut mudah sekali terkena kuman yang berasal dari luar. Oleh sebab itu keputihan pun bisa didapat dari kuman penyebab penyakit kelamin yang mungkin dibawa oleh pasangan seks tersebut.

Untuk keputihan yang normal boleh saja melakukan hubungan seksual. Hindari hubungan seks pada saat sedang ada masalah keputihan yang tidak normal hingga masalah selesai karena bisa menyebabkan makin bertambah parah. Segeralah lakukan pemeriksaan dan pengobatan apa bila terjadi ketidak normal saat keputihan.

 

Bahaya Keputihan Patologis

Keputihan Patologis yaitu merupakan keputihan tidak normal yang terjadi karena adanya infeksi pada vagina, atau karena keganasan. Infeksi yang terjadi bisa sebagai akibat dari jamur, virus, bakteri, dan parasit bersel Trichomonas vaginalis. Keputihan patologis bisa disebabkan dari iritasi karena bisa berbagai sebab seperti iritasi akibat bahan pembersih vagina, iritasi saat berhubungan seksual, penggunaan pembalut, dan alat kontrasepsi.

Infeksi yang pada umumnya didapatkan dari hubungan seksual biasa disebabkan dengan virus, bakteri, dan parasit bersel.

Keputihan patologis berupa cairan berwarna putih kekuningan hingga kehijauan, jumlahnya banyak bahkan bisa sampai tembus dari celana dalam, kental, lengket, berbau yang tidak sedap atau busuk, terasa sangat gatal atau panas, dan dapat menimbulkan luka di daerah mulut vagina.

Keputihan yang seperti jenis ini harus diwaspadai mengingat dapat salah satu akibat indikasi gejala adanya kanker leher rahim (cancer serviks). Jadi karena itu, keputihan patologis harus segera diperiksakan untuk  dicari penyebabnya dan diobati sejak dini.

 

Bagaimana Pengobatan Keputihan di Klinik Pandawa?

Klinik pandawa merupakan sebuah klinik yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Klinik pandawa juga melayani cabang Ilmu kedokteran Ginekologi khusus mempelajari kesehatan alat reproduksi wanita, termasuk rahim, vagina, dan ovarium.

Selain di atas, Klinik Pandawa melayani vaginal rejuvenation, kolposkopi, dan cuci vagina bagi para wanita yang memiliki keluhan ataupun untuk pengobatan. Tak hanya itu, Klinik Pandawa juga dilengkapi dengan fasilitas dan teknologi yang modern untuk memudahkan Anda berobat.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami siap melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik pandawa logo white

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman