Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-18:00 WIB
Minggu : 12:00-18:00 WIB

Cairan Vagina Baunya Tidak Sedap? Kenali Penyebabnya

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

keputihan pada wanita

Sahabat Pandawa, setiap wanita pastinya selalu ingin yang terbaik untuk pasangannya. Mempunyai cairan vagina yang tidak sedap tentunya sangat menganggu saat berhubungan intim. Keputihan pada wanita memang tidak ada salahnya apalagi setelah haid pasti mengluarkan cairan yang keluar dari vagina Anda. Pasti Anda selalu cemas apabila mempunyai keputihan yang tidak sedap bukan? Jika iya, jangan khawatir.

Keputihan merupakan cara yang alami tubuh untuk menjaga kesehatan atau kebersihan dari kelembapan vagina organ kewanitaan Anda. Saat seseorang perempuan alami keputihan ataupun larutan yang pergi dari Miss. V di produksi kelenjar Miss V serta leher kandungan akan pergi bawa sel mati serta kuman sehingga Miss V hendak terus terlindung dari infeksi.

Apabila Anda belum menikah, Anda harus mengetahui penyebab keputihan pada wanita yang belum menikah karena keputihan jika dibiarkan saja dan mengundang bau yang tidak sedap akan mempengaruhi organ reproduksi kewanitaan Anda. Maka dari itu, selalu menjaga kebersihan vaginanya ya, Sahabat Pandawa. Lalu, bagaimana cara mengobati keputihan? Tentunya, jika Anda mengalami keputihan yang menurut Anda tidak wajar sebaiknya konsultasikan ke dokter kelamin agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Mengenal Keputihan Pada Wanita

Keputihan pada wanita merupakan kondisi di mana terdapat cairan keputihan, kekuningan, atau kehijauan pada vagina wanita. Keputihan pada wanita dapat menjadi suatu kondisi normal, tetapi dapat juga menjadi suatu tanda adanya infeksi, kanker atau kondisi lainnya. Keputihan pada kondisi normal berguna bagi tubuh untuk mempertahankan vagina yang sehat dan membersihkan mikroorganisme yang berbahaya.

Selain itu, mengeluarkan sel-sel mati dari saluran reproduksi, menjaga keseimbangan kimia dan menjaga fleksibilitas otot-otot vagina. Pada kondisi terserang infeksi, keputihan akan muncul dalam jumlah volume yang lebih banyak dan terjadi perubahan warna serta berbau busuk dan menyengat. Keputihan dapat terjadi dalam beberapa bulan hingga satu tahun pada kondisi normal. Pada ibu hamil keputihan normal terjadi hingga menjelang kelahiran.

Penyebab Keputihan Bau

Keputihan akibat infeksi, dapat terjadi karena munculnya mikroorganisme di bawah ini:

  1. Ragi

Penyebab keputihan pada wanita bisa karena Ragi atau juga disebut candida, sejenis jamur yang merupakan bagian dari flora normal kulit manusia tetapi juga dapat menyebabkan infeksi.

  1. Bakteri gardnerella

Mikroorganisme ini termasuk dalam jenis bakteri yang ditemukan secara normal di saluran genital wanita yang merupakan penyebab vaginosis bakteri.

  1. Parasit trichomonas

Merupakan jenis protozoa, suatu organisme yang terdiri dari satu sel. Infeksi parasit ini seringkali menimbulkan resistensi dalam pengobatan. Jika kamu mengalami kondisi keputihan, kamu perlu untuk menjalani diagnosis klinis untuk mengetahui penyebab, mengapa kamu mengalami kondisi tersebut. Mengetahui penyebab yang muncul dapat membantu dokter untuk menentukan jenis pengobatan yang sesuai.

Penyebab Keputihan Gatal

Rasa gatal maupun iritasi yang terjadi di bagian tubuh manapun, pasti menyebabkan rasa tidak nyaman. Apalagi, bila terjadi di area sensitif, seperti vagina dan bibir vagina atau vulva. Kondisi- kondisi ini menyebabkan keputihan gatal, yang dapat kamu menyebabkan vagina gatal.

  • Penyakit menular seksual
  • Menopause
  • Penebalan kulit
  • Paparan bahan kimia tertentu

Gejala Keputihan

Keputihan pada wanita  yang tergolong kondisi vagina sehat dapat terlihat langsung ditandai dengan cairan yang keluar memiliki tanda sebagai berikut:

  • Tidak berwarna atau berwarna putih.
  • Tidak berbau atau tidak mengeluarkan bau menyengat.
  • Tekstur cairan keputihan dapat berubah cair atau lengket tergantung usia dan kondisi wanita.

Untuk keputihan abnormal yang disebabkan oleh infeksi penyakit dapat ditandai dengan:

  • Cairan memiliki warna yang berbeda seperti kekuningan, kemerahan atau bahkan berwarna kehitaman.
  • Memiliki bau yang menyengat.
  • Teksturnya berbeda dari biasanya.
  • Cairan keputihan keluar lebih banyak dari biasanya.
  • Keluar darah setelah berhubungan seksual atau di luar jadwal haid.
  • Gatal pada area kewanitaan.
  • Nyeri di panggul atau ketika buang air kecil.
  • Rasa terbakar di sekitar vagina.

Gejala lain terkait penyakit dengan keputihanpada wanita  yang berlebihan adalah:

  • Sesak napas.
  • Sakit kepala dan pusing.
  • Gangguan pencernaan.
  • Nyeri saat menstruasi
  • Rasa sakit dan berat di perut bagian bawah.
  • Nyeri lokal.
  • Sakit pinggang.
  • Rasa tidak nyaman.

Jika kamu mengalami gejala keputihan, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah gejala keputihan yang kamu rasakan termasuk ke dalam kondisi serius atau tidak.

Cara Mengobati Keputihan di Klinik Pandawa

Setelah membaca ulasan di atas tentang keputihan pada wanita dan sudah mengetahui apa saja penyebab keputihan bau. Jika Anda mengalami hal tersebut lebih baik periksa ke dokter karena akan menganggu organ reproduksi kewanitaan Anda. jangan malu atau enggan berkonsultasikan ke dokter kelamin. Jangan anggap sepele keputihan Anda bau. Apabila didiamkan tanpa segera ditangani akan membahayakan kesehatan reproduksi kewanitaan Anda.

Klinik Pandawa merupakan klinik kulit dan kelamin yang sudah terkenal di Jakarta. Klinik yang memiliki dokter terpercaya serta ahli dalam bidangnya dan sudah menangani pasien sampai sembuh total. Klinik yang dapat menangani penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Estetika. Apabila Anda mengalami ciri-ciri keputihan di atas dapat menghubungi Klinik Pandawa.

Jika Anda membutuhkan ingin berkonsultasi terlebih dahulu dapat BERKONSULTASI GRATIS  dengan dokter professional kami melalui nomor berikut ini 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan sepenuh hati melayani Anda. Kerahasian medis Anda akan terjamin.