Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Jangan Anggap Remeh! Penyebab Gatal Pada Penis Dapat Menular

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Jangan Anggap Remeh! Penyebab Gatal Pada Penis Dapat Menularpenyebab gatal pada penis

Sahabat Pandawa, alat kelamin pria merupakan organ tubuh yang dipentingkan untuk mengeluarkan kotoran yang ada di tubuh, Sahabat pandawa. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab gatal pada penis. Gatal di area kemaluan memang tidak akan terasa nyaman dan sangat menganggu aktivitas kita. Gata-gatal ini kan menyebabkan iritasi pada kulit kemaluan. Ada beragam penyebab gatal di penis yang biasanya akan menimpa pada pria. Gatal ini dapat berlangsung atau tanpa gejala lain, seperti inflamasi, bentol, atau bernanah. Apabila, Anda mengalami hal ini jangan dibiarkan karena akan menyebabkan kondisi kesehatan Anda.

Penyebab gatal di penis biasanya dikarenakan penyakit menular seksual maupun tidak. Gatal-gatal ini dapat terjadi di seluruh area permukaan penis atau bisa di satu bagian tertentu saja, seperti di batang kemaluan atau di ujung Mr.P. memang gatal di penis adalah hal yang wajar terjadi. Namun tidak jarang gatal di penis yang terjadi pada alat kemaluan pria ini diikutu oleh gejala-gejala lain, seperi rasa terbakar atau rasa tidak nyaman lainnya. Yuk, simak lebih lanjut apa saja penyebab gatal pada penis, Sahabat Pandawa.

Penyebab Gatal Pada Penis

Dari beberapa kumpulan sumber, inilah penyebab gatal pada penis yang mestinya Anda ketahui, antara lain:

  • Infeksi Candidiasis/Jamur

Infeksi ini disebabkan oleh jamur atau infeksi candidiasis, terutama Candida albicans. Biasanya penyakit ini menyerang wanita, tapi pria pun bisa terkena, lho. Saat penyakit ini menyerang, maka penis dapat meradang dan menjadi gatal di penis. Pada beberapa kejadian, ruam dengan noda dan cairan putih kental dapat keluar dari penis saat gatal-gatal ini terjadi. Apabila Anda sedang mengalami penyakit diabetes, biasanya akan rentan terjadi infeksi kembali meskipun telah sembuh.

Gejala kandidiasis penis termasuk pembengkakan, ruam, keluarnya cairan kental dari belakang kulup, bau atau bau muncul adalah tidak menyenangkan, nyeri selama hubungan seksual dan buang air kecil, dan kesulitan ketika ditarik kulup kulit penis.

Risiko untuk mengalami infeksi jamur seperti ini akan meningkat pada orang-orang yang sering mengenakan pakaian ketat, seperti celana pendek dari bahan lycra atau denim;  pengidap HIV, obesitas, diabetes tipe 1 dan 2; sedang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh; sedang mengonsumsi antibiotik yang membunuh bakteri baik, yang biasanya mampu menekan pertumbuhan candida; sedang mengonsumsi kortikosteroid dalam bentuk oral atau pun oles; berhubungan seksual dengan orang yang sedang mengalami infeksi jamur.

  • Kutil Kelamin

Penyakit ini sangat menular dan menyebabkan daging tumbuh di wilayah kelamin atau anal. Penyakit ini termasuk satu dari sekian banyak penyakit menular seksual yang sering terjadi. Kutil kelamin ini juga menjadi salah satu penyebab penis gatal. Kutil yang tumbuh di batang atau kepala penis ini terkadang juga menyebabkan perdarahan.

  • Penyakit Scabies

Penyakit scabies dapat terjadi ketika kutu akan masuk ke permukaan kulit. Kuti ini salah satu penyebab gatal pada penis yang menyebabkan penyakit ini ialah sarcoptes scabiei. Penyakit ini biasanya terjadi pada pria dan kutu ini akan muncul di bagian tubuh manapun, termasuk di penis yang menyebabkan gatal-gatal. Scabies dapat muncul di bagian batang penis yang tampak seperti benjolan kecil di bagian batang.

  • Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah penyebab gatal di penis terjadi ketika kontak kulit dengan sesuatu yang memebuatnya reaksi alergi terjadi. Saat terjadi di penis, memungkinkan disebabkan oleh pengguna kondom berbahan lateks. Kondisi ini jika dibiarkan akan mengalami komlikasi yang serius pada area kelamin Anda.

  • Herpes Genital

Penyakit herpes genital atau herpes kelamin merupakan penyakit menular seksual yang biasanya terjadi dan dapat menyebabkan rasa sakit di bagian sekitar kemaluan yang menjadi penyebab gatal di penis. Beberapa orang biasanya mengalami penyakit ini tanpa gejala yang muncul. Nah, jika Anda mengalami yang bergejala biasanya akan mengalami rasa gatal, termasuk di bagian Mr.P.

  • Penyakit Eksim

Gatal di penis salah salunya disebabkan penyakit eksim ialah oenyakit yang dapat menyebabkan kulit kering, radang dan akan menyebabkan gatal. Eksim juga dapat terjadi pada penis, khususnya di bagian batang. Apabila, Anda mengakami gejala seperti penyakit eksim yang menimbulkan kulitnya kering di area kemaluan, sebaiknya periksalah ke dokter agar segera ditangani, jika tidak akan mengalami komplikasi yang sangat serius.

  • Penyakit Balanitis

Balanitis adalah inflamasi yang terjadi di kepala penis yang disebabkan oleh infeksi atau penyebab lainnya. Balanitis bisa menghadirkan rasa sakit yang sangat tidak nyaman, tapi biasanya bukan masalah serius. Balanitis bisa menjadi salah satu penyebab penis gatal. Gejala lain dari penyakit ini adalah bau busuk yang muncul dari penis, bengkak dan nyeri pada saat buang air kecil.

  • Lichen Nitidus

Lichen nitidus adalah penyakit yang terjadi di sel kulit yang dapat menyebabkan bentol-bentol kecil di bagian tubuh tertentu, termasuk Mr.P. Bentol karena penyakit ini biasanya berujung datar, berukuran kecil, dan berwarna seperti daging. Kondisi ini yang disebabkan oleh penyakit yang tidak berbahaya dan terkadang dapat hilang dengan sendirinya dalam setahun.

  • Lichen planus dan psoriasis

Lichen planus adalah kondisi inflamasi yang memengaruhi rambut, kuku dan kulit, termasuk kulit Mr.P. Kondisi ini dapat menyebabkan gatal pada penis, bentol dengan ujung datar. Sementara psoriasis adalah salah satu kondisi kulit kronis yang dapat menyerang Mr.P. Sel kulit akan berkembang dengan cepat dalam kondisi ini, menyebabkan terakumulasinya sel kulit di permukaan kulit. Psoriasis dapat menjadi penyebab penis gatal dan kulit tampak bersisik serta berwarna merah.

Penyebab Lainnya Gatal di Penis

Selain penyebab yang telah dipaparkan di atas, gatal pada penis dapat disebabkan oleh penyebab lainnya, antara lain:

  • Iritasi karena urine.
  • Bahan kandungan dalam sabun mandi.
  • Kotoran penis atau smegma.
  • Infeksi bakteri.
  • Penyakit kuli semacam eksim, psoriasis, serta lichen planus.
  • Tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

 

Pengobatan di Klinik Pandawa

Sahabat Pandawa, gatal pada penis akibat infeksi dapat terjadi secara berulang apabila pengobatan tidak tuntas. Penyebab gatal pada penis disebabkan oleh infeksi menular seksual, dianjurkan bahwa pengobatan ini dilakukan untuk pasangan, agar menghindari mendapatkan sembuh seperti sedia kala. Secara rutin menjaga kebersihan pribadi dan penis dan biasanya membawa gaya hidup sehat dapat membantu mencegah keluhan gatal-gatal di penis.

Klinik Pandawa dapat mengobati gatal pada penis. Jika Anda ingin menjalani pengobatan ini dapat ke Klinik Pandawa. Klinik Pandawa ialah salah satu klinik kulit dan kelamin yang terkenal di Jakarta dan memiliki dokter yang professional dalam bidangnya. Klinik ini mempunyai alat yang modern dan nyaman jika pasien berkunjung untuk mengobati penyakitnya.

Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan seputar gatal pada penis dan penyakit lainnya dapat BERKONSULTASI ONLINE GRATIS dengan dokter kami dan Klinik Pandawa mempunyai dokter ahli dalam bidang kulit dan kelamin serta sudah terkenal di Jakarta. Anda dapat menghubungi di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA).