Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Ini Dia Penyakit Infeksi Vagina yang Mematikan, Hati-hati!

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Ini Dia Penyakit Infeksi Vagina yang Mematikan, Hati-hati!

infeksi vagina

Sahabat Pandawa, vagina merupaka salah satu reproduksi yang peru diperhatikan dengan ekstra. Untuk itu, Anda harus menjaga kelembapan dan membersihan dengan benar agar tidak menimbulkan infeksi vagina. Sahabat Pandawa tahu tidak apa itu infeksi vagaina? Kenapa dapat menimbulkan infeksi tersebut? Yup, infeksi ini memang tidak banyak yang tahu tentang penyakit yang satu ini. Terkadang, wanita sudah menjaga vaginanya tetapi bisa saja mengidap penyakit ini.

Infeksi vagina biasa disebut dengan vaginitis, biasanya akan terjadi karena adanya parasite yang tumbuh, bakteri, serta jamur atau ragi pada alat kemaluan wanita. Apabila vagina Anda terinfeksi penyakit ini, hal ini dapat menyebabkan rasa yang gatal bahkan tidak akan nyaman pada bagian area kewanitaan Anda. Maka dari itu, infeksi vagina ini tidak dapat didiamkan begitu saja, meskipun demikian, infeksi ini dapat menyebar ke kondisi kesehtan yang lebih serius bahkan akan menimbulkan komplikasi. Ternyata ini ciri-ciri, kondisi dan gejala apa ketika mengalami infeksi vagina, Yuk simak dibawah ini.

 

Apa Saja Ciri-ciri Infeksi Vagina

  • Terjangkit Penyakit Kelamin

Penyakit kelamin atau penyakit menular seksual ( PMS ) lainnya, seperti herpes, kutil di vagina, serta trikomoniasis biasanya akan menyebabkan infeksi vagina terjadinya iritasi, gatal, keluar keputihan, dan sedikit berbau. Namun, tidak semua penyakit kelamin atau infeksi vagina menimbulkan gejala-gejala tersebut. faktanya, ada penyakit menular seksual lainnya, seperti gonore yang tidak selalu mempunyai gejala. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri ada juga kemungkinan Anda mengalami rasa sakit bahkan rasa terbakar saat membuang air kecil.

Penyakit kelamin pada dasarnya membutuhkan pengobatan yang khusus karena jika dibiarkan akan membahaya nyawa Anda. seperti penyakit trikomoniasis yang terjadi bukan disebabkan oleh jamur, namun disebabkan oleh bakteri. Untuk mengobatinya Anda harus mengunjungi ke dokter agar dilakukan penanganan yang cepat dan tepat agar mengetahui apa yang sedang Anda alami.

  • Apabila Vagina terkena bakteri vaginiosis

Bakteri vaginiosisi (BV) merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang jahat yang terlalu tinggi. Penyakit ini tidak ada gejala atau ciri-ciri khusus jika Anda mengalami infeksi vagina. Apabila, vagina Anda mengalami kondisi yang gatal dan kemerahan, bahkan mengeluarkan keputihan dan berbau amis. Anda harus segera periksa ke dokter, jangan sampai terlambat.

  • Vagina Mengidap Alergi

Alergi pada Miss.V dapat disebabkan karena produk  tertentu atau bahan celana dalam yang dapat menimbulkan alergi. Alergi pada vagina dapat dialami dengan rasa gatal kemerahan, iritasi bahkan lecet apabila alergi dibiarkan begitu saja. Pada kondisi kulit yang sensitive dapat menyebabbkan gatal dan gejala yang lainnya.

  • Penyakit Wasir Mempengaruhi Area Vagina

Wasir merupakan pembuluh darah vena yang membengkak dan meradang di area anus atau rektum bawah. Sering- kali ambeien juga mempengaruhi wilayah Miss V dengan tampaknya rasa gatal. Kondisi ambeien ini kadangkala akan menimbulkan Miss V terasa sakit, bengkak serta berwarna kemerahan di luarnya. Jika ingin menyembuhkan rasa sakit pada Miss V, terdapat baiknya Anda menyembuhkan ambeien terlebih dulu.

  • Kurangnya Pertumbuhan hormone Estrogen, mempengaruhi Miss.V Anda

Seiring bertambahnya umur, kadar estrogen dalam tubuh perempuan akan menurun. Hal tersebut dapat menyebabkan perubahan pada tubuh Anda, terutama pada bagian Miss.V. karena itu, akan menimbulkan gejala yang tidak nyaman seperti gatal dan mengeluarkan keputihan.

 

Bagaimana Cara Mengobati Infeksi Vagina?

Situasi bila Miss V Anda terkena bisa jadi akan terasa gatal, iritasi di luar ataupun bagina dalam Miss V, dan akan sering keluar keputihan. Dalam banyak permasalahan, peradangan pada Miss V umumnya akan diatasi dengan penyembuhan antijamur ataupun antibakteri. Namun selebihnya, situasi Miss V yang terkena diatasi oleh dokter dengan cara berbeda- beda, terkait faktornya.

 

Cara Mengobati Vagina yang Tepat

Berikut ini langkah yang dapat dilakukan untuk merawat area kewanitaan, yaitu:

  • Selalu melindungi area Miss.V agar tetap bersih dan kering.
  • Ketika sedang haid, sering mengganti pembalut.
  • Apabila, Anda termasuk orang yang aktif hubungan intim, gunakan kondom untuk melindungi diri dari infeksi vagina yang timbul akibat penyakit menular seksual.
  • Pastikan celana dalam yang Anda pakai senantiasa dalam keadaan kering dan bersih.
  • Hindari menggunakan celana berbahan nilon, celana jeans ketat, maupun legging. Jenis- jenis celana itu tidak menunjang sirkulasi udara yang bagus di area organ intim, alhasil dapat mengakibatkan penyakit pada Miss V Anda. Jika Anda ingin menggunakannya, pakailah celana dalam berbahan katun.

 

Pengobatan Infeksi Vagina di Klinik Pandawa

Setelah Anda membaca ulasan diatas tentang infeksi vagina. Apabila Anda tengah merasakan gejala penyakit Miss.V, sebaiknya hindari hubungan seksual selama 1-2 hari sebelum menjalani pemeriksaan ke dokter. Setelah itu, keluarkanlah cairan pada vagina, disarankan untuk jangan dibersihkan dan dihilangan saat Anda ingin periksa ke dokter. Langkah ini bertujuan untum mempermudah pemeriksaan dokter dalam mendiaknosa penyakit yang dialami.

Klinik Pandawa dapat mengatasi infeksi vagina Anda. Klinik kulit dan kelamin yang sudah terkenal di daerah Jarta dan memiliki dokter yang professional, serta fasilitas yang lengkap membuat pasien merasa nyaman saat mengobati kondisinya di Klinik Pandawa. Tidak hanya mengobati penyakit tersebut, Klinik Pandawa dapat mengobati Andrologi dan Ginekologi, serta penyakit kulit dan kelamin lainnya.

Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan seputar vagina dan penyakit lainnya dapat BERKONSULTASI ONLINE GRATIS  dengan dokter kami dan Klinik Pandawa mempunyai dokter ahli dalam bidang kulit dan kelamin serta sudah terkenal di Jakarta. Anda dapat menghubungi di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA) dan klik layanan konsultasi untuk berkonsultasi online dengan dokter kami secara gratis.