Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Kenali Herpes Oral (Mulut) yang Mirip dengan Sariawan, Ternyata Ini Penyebabnya

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

herpes oral

Sahabat Pandawa pernah mengalami sariawan di mulut? Jika kamu mengalami hal ini jangan dibiarkan, kemungkinan kondisi tersebut ialah herpes oral (mulut). Herpes oral hampir sama dengan sariawan, biasanya seseorang yang mengalami hal tersebut menganggap yang biasa saja atau wajar. Sekarang, kamu jangan menganggap sariawan yang ada di mulut biasa saja ya Sahabat Pandawa, kamu dapat terjangkit herpes oral (mulut).

Herpes simpleks ini dikategorikan dengan dua jenis, yakni herpes tipe 1 (HSV-1) yang disebabkan karena oral dan herpes tipe 2 (HSV-2) yang diebabkan herpes kemaluan atau genital. Sebenarnya HSV-1 ini bisa disebabkan herpes genital atau kemaluan, tetapi sebagian besar herpes genital dikarena akibat herpes tipe 2. Sedangkan herpes tipe 2 paling sering memunculkan luka dibagian mulut ataupun bibir.

Bila kamu mengalami bibir dibagian mulut terasa perih, kamu pas langsung menduga bahwa hal itu sariawan yang biasa saja. Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, kamu harus berhati-hati ya Sahabat Pandawa. Lantas, bagaimana cara membedakan keduanya? Apa yang menjadi penyebab munculnya herpes oral (mulut)?  Yuk, kita simak lebih lanjut informasinya di bawah ini.

 

Mengenal Herpes Oral (Mulut)

Herpes oral ataupun juga dikenal dengan herepss labialis yakni kondisi infeksi virus herpes yang menyerang bagian mulut, bibir ataupun gusi karena adanya virus herpes simpeks-1 (HSV-1). Herpes orang yang ditandai dengan adanya mucnul seperti ruam, bengkak, ataupun sariaswan di area mullut. Ruam tersebut kemudian akan berubah seperti luka yang melepuh atapun lenting.

Herpes HSV-1 bisa berlangsung seumur hidup sehingga gejalanya bisa muncul sewaktu-waktu. Untungnya, gejala herpes oral ini bisa diatasi dengan obat antivirus. Kebanyakan penularan hereps simpleks ini disebabkan karena hepers oral yang melalui kontak dengan mulut atau organ intim yang terinfeksi. Salah satu cara penularannya pada herpess labialis ini karena ciuman dengan orang yang mengidap penyakit herpes.

 

Apa yang Menjadi Penyebab Herpes Tipe 1?

Mundulnya herpes simpleks ialah akibat virus yang menular dan bisa dikeluarkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung. Anak-anak sering kali tertulat virus ini dari kontak awal dengan orang dewasa yang mengidapnya. Jika anak kamu mengalami hal ini, kemungkinan akan membawa virusnya didalam tubuhnya sepanjang hidupnya.

HSV-1 ini bisa ditularka melalui interaksi umum dengan orang yang sudah terinfeksi, seperti menggunakan tempat makan yang sama, berbagi lip balm, ataupun melakukan ciuman. Virus ini bisa ditularkan oleh seseorang yang terinfeksi HSV-1, tetapi tidak akan mengalami gejalanya. HSV-1 juga bisa sebabkan herpes genital atau kemaluan yang menyebarkan ke mulut atau alat kelami saat lakukan hubungan intim melalui oral.

 

Gejala Herpes Oral

Bedanya dengan sariawan, penyakit herpes oral ini dilihat dari segi gejalanya. Walaupun sama-sama akan menimbulkan lepuhan dibagian bibir, ternyata ada gejalanya yang khusus membedakan antara sariawan dengan herpes oral.

Ciri-ciri kamu mengidap penyakit herpes oral

  • Menimbulkan sensasi kesemutan ataupun panas sebelum sariawan muncul
  • Lepuh kecil yang bentuknya bulat, warna putih yang dikelilingi adanya garis kemerahan, serta dangkal
  • Timbulkan rasa sakit dan malas makan ataupun berbicara
  • Sering timbul di langit-langit mulut, dalam pipi, seta permukaan

Sementara itu, gejala herpes oral ini juga terlihat seperti lepuhan kecil. Bedanya, lepuhan ini seperti cairan dan bisa pecah jika kamu garuk. Tidak seperti sariawan pada umumnya, sariawan herpes oral ini akan muncul di bagian bawah hidung, sudut bibir, ataupun dagu.

Biasnya, gelaja herpes oral ini akan muncul oada anak-anak yang berusia 1 hingga 5 tahun, baik bila gejalanya ringan ataupun berat. Namun, herpes oral ini tidak sebabkan gejala pada sebagian orang.

Sebelum muncul dibagian luka pada bagian mulut, kemungkinan kamu akan alami gejala sama dengan flu ringan terlebih dahulu, seperti

  • Sakit ternggorokan
  • Demam
  • Sakit saat menelan sesuatu

Harus di catat, ruam ataupun luka pada herpes yang melepuh dapat muncul oada

  • Gusi
  • Bibir
  • Mulut
  • Tenggorokan
  • Lecet yang biasanya akan terkumbul dalam satu dan menjadi besar

Dengan kata lain, gejala herpes ini biasanya akan kambuh lebih ringan. Gejala herpes pada mulut akan muncul dalam waktu 1 hingga 3 minggu setelah terjangkit virus dan bisa bertahan samai 3 minggu hingga akhirnya mereda.

Dikutip dari John Hopskin Medicine, gejala hepers oral dapat kamubuh dalam 1 tahun pertama.

Pada tahun-tahun selanjutnya, gejala ini akan lebih jarang kambuh seiring terbentuknya sistem antibody untuk infeksi HSV-1 di dala tubuh. Walaupun begitu, tidak semua yang mengidap herpes mulut dapat alami gejala luka pada kulit saat infeksi pertama.

 

Penyebab Herpes Oral

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, herpes ini akan disebabkan adanya virus akibat herpes simpleks tipe 1 (HSV-1). Virus ini berasa dari keluarga virus herpes yang sebabkan penyakit cacar air dan cacar api (herpes zoster)

Saat terinfeksi, virus ini akan menetap pada tubuh kamu untu selama-lamanya. Virus ini akan masuk dari kulit bergerak menuju selsel saraf untuk memperbaiki diri. Selanjutnya, virus ini akan merusak sel-sel sehat di sekitar kulit dan saraf sehingga akan munculkan gejala yakni luka.

Setelah terinfeksi untuk pertama kalinya, virus akan tinggan dan menetap dibagian bawah sel-sel bereplikasi ataupun memperbanyak diri.

Infeksi virus penyebab herpes oral bisa muncul kapan saja, terutama saat kamu alami penyakit ini, antara lain:

  • Stress
  • Muncul infeksi lainnya
  • Mengalami demam
  • Terpapar sinar matahari berlebihan
  • Bermasalah dengan menstruasi
  • Efek samping operasi

Baca juga : Herpes di Mulut Penyakit Menular, Ternyata ini Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Apakah Harus Periksa Ke Dokter?

Kemungkinan ada gejala yang tidak dikatakan di atas. Jadi, kamu yang mengalami hal ini segeralah konsultasikan ke dokter untuk ditangi segera.

Kamu juga perlu hubungi dokter jika alami

  • Susah buang air kecil dan lebih sedikit
  • Sering mengantuk
  • Lebih mudah marah
  • Mulut menjadi kering

Bila anak kamu berusia kurang dari 8 minggu dan muncul luka herpes, segerala hubungi dokter. Infeksi parah atau komplikasi herpes mulut juga bisa terjadi pada bayi. Selain itu, jika orang yang mengalami kekebalan tubuhnya lemah akan mengalami gejala herpes dan harus berkonsultasi ke dokter.

Sistem kekebalan tubuh bertugas untuk melindungi Anda dari infeksi. Ketika sistem imum lemah, otomatis tubuh Kamu lebih rentan terkena infeksi ataupun komplikasi penyakit. Kondisi tubuh orang berbeda-beda, selalu diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan terbaik sesuai kondisi Kamu.

Jika masalah ini mengganggu kamu, kamu bisa hubungi kami di melakukan konsultasi gratis online dengan dokter kami melalui nomor 0821-1141-0672 (WA/TLP/SMS).