Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-18:00 WIB
Minggu : 12:00-18:00 WIB

Bahaya Herpes Kelamin Untuk Ibu Hamil Dapat Menyebabkan Kematian

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Bahaya Herpes Kelamin Untuk Ibu Hamil Dapat Menyebabkan Kematian

Herpes kelamin

Sahabat Pandawa, kesehatan itu memang nomor satu. Apalagi menjaga kesehatan ogan intim, organ intim memang sangat perlu ekstra diperhatikan baik pria maupun wanita. Kali ini kita akan membahas bahaya herpes kelamin yang membahayakan bagi ibu hamil dan dapat menyebabkan kematian. Kematian memang tidak dapat di prediksi. Akan tetapi, jika Anda mempunyai gejala penyakit yang sudah di prediksi oleh dokter harus segera ditangani, seperti penyakit menular seksual yang satu ini.

Penyakit menular seksual seperti herpes kelamin memang harus segera ditangani dan penyakit menular seksual ini memang tidak dapat sembuh dengan cepat, herpes kelamin ini secara perlahan-lahan akan sembuh. Herpes kelamin atau herpes simpleks disebabkan oleh virus herpes simpleks yang dapat menyebabkan luka di bagian tubuh mana saja. Herpes kelamin dibedakan atas dua jenis, aitu HSV tipe 1 dan HSV tipe 2. HSV tipe 1 biasanya menulat lewat ciuman dan berbagi benda pribadi seperti sikat gigi. Itu sebabnya, HSV 1 sering menyebabkan luka di bagian mulut atau lidah (luka dingin).

Herpes kelamin biasanya tidak akan menimbulkan gejala, banyak pasien yang terjangkit tidak sadar bahwa mereka sudah terkena penyakit menular seksual. Oleh karena itu, berhubungan seksual yang aman perlu dilakukan untuk mencegah penularan penyakit menular seksual yang disebabkan virus simpleks (HSV) ini. Suatu riset memandang jumlah pasangan seksual dengan persentase resiko herpes genital. Seorang dengan satu pasangan seksual cuma beresiko 2- 9 persen terjangkit. Sedangkan seorang dengan 2- 4 pasangan seksual beresiko terjangkit sebesar 7- 19 persen. Berikutnya 10- 22 persen buat mereka dengan 5- 9 pasangan seksual serta 19- 37 persen buat lebih dari 10 pasangan seksual. Untuk itu, kita simak lebih lanjut yuk pembahasan di bawah ini tentang bahaya herpes genital bagi ibu yang sedang mengandung dapat menyebabkan kematian.

Mengenal Herpes Kelamin

Herpes Kelamin ( herpes simpleks ) adalah merupakan satu dari sekian banyak penyakit seksual yang cukup dikenal oleh masyarakat. Herpes kelamin merupakan infeksi dari herpes simplex virus (HSV) yang dapat ditularkan secara seksual. Salah satu penyakit meluas intim yang biasa terjadi, herpes kelamin kerap kali timbul tanpa kita sadari. Umumnya, gejala mula pertama kali herpes kelamin yang terjadi biasanya hanya kondisi ringan dan sering disalahartikan sebagai kondisi lain.

Gejala Awal Herpes Simpleks

Laki- laki serta perempuan dapat hadapi pertanda herpes kemaluan yang berlainan. Namun secara umum, ada kondisi yang akan muncul pada orang yang terinfeksi penyakit menular seksual. Berikut beberapa gejalanya:

  • Muncul ruam kemerahan yang kadang kering dan kadang terlihat seperti luka yang basah di area genital.
  • Ruam muncul tanpa disertai rasa gatal maupun nyeri.
  • Timbul gatal dapat juga muncul di area kemaluan ataupun area anus.
  • Timbul bisul kecil di sekitar area kemaluan, area anus, atau bagian paha yang akan merasa nyeri, dan memunculkan luka saat pecah.
  • Rasa sakit saat buang air kecil, karena luka di kelamin yang tersiram urine.
  • Sakit kepala.
  • Sakit punggung atau nyeri otot
  • Gejala yang menyerupai flu semacam meriang, pembengkakan kelenjar pulut jernih, serta badan terasa letih.

Gejala herpes kelamin dapat timbul mulai dari 2-30 hari setelah Anda terinfeksi menyebabkan virus. Namun, gejala bisa saja baru muncul dalam hitungan tahun, setelah Anda terinfeksi.Gejala umumnya akan terasa lebih parah, jika muncul segera setelah infeksi terjadi. Kondisi ini juga berada pada fase paling menularnya, yaitu saat terdapat luka di alat kelamin akibat bisul-bisul di kelamin yang pecah.Meski begitu, seseorang masih tetap dapat menularkan virus ini walau belum memasuki fase tersebut.

Tanda Gejala Awal

Berikut gejala herpes kelamin yang lebih dominan terjadi pada laki-laki dan perempuan ialah sebagai berikut.

  1. Gejala herpes kelamin pada pria

Pada pria, kemungkinan terjadinya kekambuhan gejala, lebih besar. Kondisi ini dapat ditAndai dengan munculnya benjolan-benjolan kecil berisi cairan di penis, skrotum, atau anus. Gejala lain yang dapat muncul yaitu luka pada area benjolan yang pecah, dan keluarnya nanah atau cairan lain dari penis.

  1. Gejala herpes kelamin pada wanita

Pada perempuan yang sudah terjangkit infeksi, masa haid dapat menjadi pemicu timbulnya gejala herpes kelamin. Gejala yang timbul sering disalahartikan yaitu infeksi jamur atau infeksi saluran kemih. Luka yang timbul akibat herpes kelamin, dapat muncul di area Miss.V, kelamin bagian luar, dan leher rahim. Ibu yang sedang hamil juga bisa menularkan herpes ke bayi yang dikandungnya, melalui proses persalinan atau bisa saja dapat menyebabkan kematian pada sang ibu dan anaknya. Pada bayi yang baru lahir, ulkus atau luka dapat terjadi tidak hanya di kelamin, tapi juga di seluruh tubuh. Herpes pada bayi juga dapat menimbulkan komplikasi berbahaya seperti kebutaan, kerusakan otak, hingga kematian.

Ciri-ciri Munculnya Herpes Genital

Beberapa besar orang yang terkena herpes genital tidak mengenali kalau mereka lagi terkena sebab tidak merasakan pertanda serta ciri apa juga. Namun, beberapa gejala khas dari kondisi ini adalah:

  • Nyeri atau gatal di area alat kelamin atau bokong
  • Benjolan merah kecil atau lenting putih kecil
  • Luka yang terbentuk setelah lenting pecah
  • Koreng yang terbentuk setelah luka sembuh
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Pertanda seperti flu semacam pembengkakan kelenjar getah bening di lipatan pukang, sakit kepala, perih otot, serta meriang.
  • Tonjolan berair yang diartika dengan lenting bisa timbul di area mulut, area anus, dan area alat kelamin. Gejala herpes kelamin berbeda pada setiap orang.

Pertanda serta ciri bisa lenyap serta timbul selama bertahun- tahun. Sebagian orang bisa hadapi pertanda itu beberapa kali dalam satu tahun serta sebagian orang bisa tidak hadapi pertanda serupa sekali. Mungkin terdapat tanda- tanda serta pertanda herpes kelamin yang tidak disebutkan di atas. Apabila Kamu mempunyai kekhawatiran akan tanda- tanda herpes simpleks tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Pengobatan di Klinik Pandawa

Nah Sahabat Pandawa, sudah tahu bukan apa saja bahaya herpes kelamin? Menjaga kesehatan tubuh maupun area organ intim memang perlu ekstra perhatian. Jika kamu melihat adanya gejala yang timbul seperti diatas sudah dijelaska sebaiknya berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter ya!

Pasikan untuk segera mengkonsultasikan ke dokter kulit dan kelamin jika Anda merasa curiga jika ciri-ciri herpes kelamin, terutama bila jika Anda mengalami keluhan, seperti timbulnya benjolan kecil-kecil, rasa gatal, serta munculnya kelenjar getah bening. Klinik Pandawa merupakan klinik terpercaya di Jakarta, klinik yang mengkhususkan kulit dan kelamin. Klinik kami mempunyai dokter professional dan pengalaman.

Jika Sahabat Pandawa membutuhkan informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter online kami lewat link berikut ini Konsultasi Online Gratis. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337/ Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.