Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Hati hati Gatal Pada Kemaluan Menyebabkan Komplikasi Serius

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Hati hati Gatal Pada Kemaluan Menyebabkan Komplikasi Serius

gatal pada kemaluan

Sahabat Pandawa, gatal pada kemaluan memang membuat akan merasa tidak nyaman dan tidak akan percaya diri apabila saat berhubungan intim dengan pasangan. Terkadang akan menyusahkan karena merada di sekitar alat kelamin. Rasa ingin menggaruk pun terasa besar dan diam-diam karena rasanya tidak sopan dan malu ingin menggaruk di area ini. Sahabat Pandawa, harus tau apa saja yang menyebabkan gatal pada kemaluan, apakah karena salah memilih bahan celana dalam atau karena keringat.

Tetapi harus diingat, jika gatal pada kemaluan bisa menjadi pertanda dari masalah atau penyakit serius. Karena itu harus diperhatikan dan wajib mengetahui apa yang menjadi penyebab gatal pada kemaluan. Gatal-gatal pada kelamin ini akan menyebabkan komplikasi yang serius dan menular bagi pasangan yang aktif dalam hubungan seksual. Mari simak terus penyebab gatal pada kemaluan wanita dan pria uang bermacam-macam dan bagaimana cara mengatasi. Yuk, simak arikel di bawah ini.

 

Mencari Tahu Apa Penyebab Gatal Pada Kemaluan

Gatal pada kemaluan untuk pria dan wanita secara umum tidak terlalu berbeda, terkecuali untuk beberapa peneybab tertentu, antara lain:

Wanita

Gatal pada kemaluan di area kewanitaan atau gatal pada vagina, bida jadi merupaka ciri-ciri yang terjadi karena infeksi jamur, bakteri, atau kondisi lainnya. Berikut ini adalah beberapa kemungkinana penyebab gatal pada kemaluan, yaitu :

  • Krim atau cairan pembilas Miss.V akan menyebabkan vagina gatal
  • Tingkat estrogen yang tidak stabil pada wanita menjelang menopause atau datang bulan.
  • Pembalut pada saat menstruasi yang menyebabkan terlalu tidak menggati pembalut atau memang bahan pembalut itu sendiri.
  • Bahan kimia dari sabun atau produk pembersih tubuh lainnya.
  • Keputihan yang tidak normal, keputihan yang tidak normal dapat mengakibatkan mualinya gejala penyakit dari infeksi jamur, sampai kanker serviks. Biasanya akan ditandai dengan ciri-ciri seperti cairan keputihan yang cenderung berwarna kekuningan, bau menusuk, dan lebih banyak dari biasanya.
  • Pakaian (termasuk pakaian dalam) yang terlu ketat atau sempit, dan berbahan yang tidak menyerap keringat. Apabila pakaian itu baru di beli sebaiknya dicuci terlebih dahulu agar tidak menimbulkan iritasi dan rasa gatal pada kemaluan
  • Penyakit menular seksual ialah infeksi menular seksual yang tersebar pada saat berhubungan intim. Adapun penyakit kelamin ini memiliki ciri-ciri antara lainnya munculnya ruam atau rasa nyeri pada area kemaluan seperti chlamydia, kutil, serta herpes
  • Kudis yang ditandai dengan munculnya rasa sangat gatal pada kulit terutama pada alam hari akan menimbulkan rasa gatal pada kemaluan dan akan menimbulkan bintik-bintik menyurupai jerawat atau lepuhan kecil bersisik.
  • Kondisi kulit seperti eksim, dan psoriasis. Sering kali eksim atau psoriasis akan membuat gatal pada kemaluan dan menimbulkan kemerahan dan kering, bahkan pecah-pecah dan kasar. Eksim dapat terjadi pada bagian tubuh kamu manapun.
  • Deterjen pada pakaian yang tidak bersih akan menimbulkan rasa gatal pada kelamin, untuk itu sebaiknya membersihkan pakaian sampai deterjen yang menempel pada pakaian hilang.
  • Kertas toilet atau tu toilet akan menimbulkan rasa gatal pada kelamin yang berbahan kasar. Sebaiknya gunakan tisu yang halus agar tidak terjadi iritasi paka alat kewanitaan Anda.
  • Stress yang berlebihan

Pria

Tidak hanya pada wanita saya yang menimbulkan rasa gatal pada kelamin, bahkan pria juga dapat merasakan hal ini. Biasanya akan muncul di area gatal pada penis dan diikuti oleh ciri-ciri lain, seperti rasa terbakar atau rasa yang tidak akan nyaman lainnya. Berikut beberapa pemicu yang biasanya ditemui, antara lain:

  • Infeksi jamur, seperti tinea cruris atau kurap. Infeksi jamur ini dapat mengenai kulit di area alat kelamin, selangkangan, bahkan pantat. Hal ini karena area tersebut merupakan tempat yang lembab dan hangat.
  • Penyakit menular seksual ialah penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasite yang ditularkan dari satu orag ke orang lainnya melalui hubungan intim. Penyakit ini disebut dengan penyakit kelamin.
  • Kudis, dimana kondisi gangguan kulit ini mudah menular, bisa secara kontak langsung atau tidak. Gatal-gatal ini disebabkan karena tungat Sarcoptes scabiei.
  • Kutu kamaluan. Ialah serangga parasite yang ditemukan di area kelamin. Kutu kemaluan ini akan membuat terasa gatal pada kemaluan yang sebnatar-bentar ingin menggaruk dan biasanya akan menghisap di area kamaluan.
  • Pakaian terlalu ketat atau tidak menyerap keringat
  • Reaksi alergi, alergi ini dapat menyebabkan gatal pada kemaluan yang disebabkan karena sabun atau sebagaian.
  • Reaksi iritasi, apabila terjadi iritasi di area genital akibat digaruk akan menyebbakan hal ini.
  • Balanitis ialah peradangan yang timbul di ujung kepala penis (glans penis) dan kulit yang melingkupinya dan biasanya disebbakan karena infeksi bakteri, virus, jamur, dan penyakit lainnya. Balanitis ini ditandai dengan adanya pembengkakkan dan kemerahan pada kepala penis.
  • Dermatitis seperti dermatitis atopic, seboroik, serta sempleks.

Bagaimana Cara Mengatasi dengan Tepat

Gatal pada kemaluan perlu diatasi dengan tepatdan cepatdan harus sesuai dengan penyebabnya. Apabila gatal pada kemaluan terasa mengganggu, jangan ragu untuk konsultasikan dengan doter agar segera dilakukan pemeriksaan fisik yang lengkap dan tes medis, seperti test urine, bisa diketahu penyebabnya dan dasarnya agar dipastikan pengobatan yang sesuai.

Jika mengalami infeksi jamur, maka dibutuhkan obat antijamur. Jika gatal pada kemaluan terjadi infeksi bakteri, seperti gonore, herper, atau penyakit menular sekssual lainnya. Maka dibutuhkan antibiotic. Hal ini harus dibawah pengawasan dokter agar tidak mengakibatkan hal yang tidak diinginkan.

Kapan Harus Berobat?

Jika Sahabat Pandawa merasakan gatal pada kelamin terus menerus, sebaiknya jangan disepelekan. Silakan kunjungi Pandawa klinik khusus kulit klinis dan kelamin terbaik di Jakarta. Dengan dokter dan tenaga medis yang berpengalaman dan ahli, Klinik Pandawa memberikan penanganan pertama dalam hal penyebab gatal pada kelamin wanita dan pria maupun penyakit kelamin yang Sahabat Pandawa derita.

Jika Anda ingin melakukan pengobatan agar mengilangkan gatal pada kemaluan dapat BERKONSULTASI ONLINE GRATIS dengan dokter kami di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA) dan klik layanan konsultasi untuk berkonsultasi online dengan dokter kami secara gratis.