Kebanyakan masyarakat kita berpikir bahwa jawabannya sederhana; selama selaput dara wanita belum rusak pada saat itu wanita dikatakan masih perawan. Tetapi sebenarnya ada banyak hal mengenai selaput dara yang membuat bingung tentang hal tersebut. Jawaban yang sangat sederhana dari arti keperawanan bila seorang wanita yang masih gadis belum melakukan hubungan seksual. Maksudnya adalah ketika organ kelamin lelaki memasuki saluran vagina dan melewati selaput dara.

Masyarakat kita masih berpendapat bahwa selaput dara adalah selaput yang rapat dan terentang di tengah saluran vagina yang masih utuh dan belum mengalami robekan. Sebelum melanjutkan pembahasan tentang keperawanan, anda perlu tahu kebanyakan pemahaman masyarakat salah mengartikan keperawanan adalah lapisan selaput dara yang rapat sehingga saat penis menembus selaput dara dapat mengeluarkan darah. Jika selaput dara adalah lapisan yang rapat, lalu bagaimana cairan menstruasi keluar melalui saluran vagina ? Jadi sebenarnya selaput dara bukanlah selaput yang rapat. Setiap wanita memiliki macam-macam bentuk selaput daranya, tidak semua wanita memiliki bentuk selaput dara yang sama.

Letak anatomis dari selaput dara wanita berada cukup dekat dengan bukaan vagina. Selaput dara adalah jaringan terletak menyempit dimuara vagina, tetapi tidak menutupi saluran vagina secara keseluruhan. Pada kenyataannya, selaput dara para wanita bisa rusak sejak masa kanak-kanak akibat berbagai aktivitas yang merusak selaput dara tanda disadari; balet, bersepeda, atau senam. Inilah yang menyebabkan keperawanan sebenarnya tidak identik dengan selaput dara

Pada wanita yang baru pertama kali melakukan hubungan seksual, selaput dara akan merenggang atau rusak pada beberapa bagian. Hubungan seks pertama kali belum tentu terjadi perdarahan atau nyeri. Ini bukan berarti wanita yang mengalaminya telah kehilangan keperawanan dan selaput daranya hilang? Selaput dara tidak hilang, Jika dokter melakukan pemeriksaan rongga panggul , kita bisa meminta dokter memeriksa kondisi selaput dara dan melihatnya bila anda ada melakukan aktivitas yang memicu robeknya selaput dara.

Jadi, keperawanan bukanlah sekadar anatomi tubuh seperti halnya selaput dara. Keperawanan adalah wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual, kondisi ini bersifat sangat pribadi. Anda sudah cukup mengerti bahwa keperawanan dan selaput dara sebenarnya bukanlah hal yang sama.

Keperawanan adalah hal yang sangat penting bagi sebagian wanita dan beberapa wanita telah kehilangan keperawanannya di usia muda oleh karena banyak faktor. Sekarang telah hadir prosedur Hymenoplasty untuk mengembalikannya. Hymenoplasty merupakan operasi selaput dara yang dikerjakan oleh dokter ahli dan berpengalaman, operasi selaput dara bertujuan menyatukan kembali selaput dara yang robek dengan cara menjahitnya kembali kebentuk semula.

Beberapa wanita lebih memilih melakukan operasi selaput dara ini untuk menjaga hubungannya dengan pasangan agar tetap harmonis. Anda harus mempersiapkan diri untuk tetap diam atau memperbaiki yang sudah terjadi dengan melakukan operasi selaput dara. Anda tidak perlu khawatir dengan prosedur operasinya karena ini bukan operasi yang memakan waktu lama setelah selesai operasi ini anda dapat beraktivitas kembali.

Klinik pandawa memiliki dokter yang ahli dalam penanganan hymnoplasty. Sebelum melakukan operasi tersbut anda bisa Tanya-tanya terlebih dahulu seputar operasi hymenoplasty melalui layanan konsultasi online gratis kami telp/whatsapp : 0813 9812 6569 | 021-62313337 (Hotline). Kami dengan senang hati akan menjawab pertanyaan dari anda.


Disclaimer: “Hasil pengobatan mungkin tidak persis sama karena tergantung situasi dan kondisi pasien”