Mengenal Ginekologi: Pengertian, Penyakit, dan Manfaat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

ginekologi

Secara harfiah, Ginekologi berarti ilmu mengenal wanita. Jadi, Ginekologi adalah cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari kesehatan alat reproduksi wanita, termasuk rahim, vagina, dan ovarium.

Kesehatan dan kebersihan organ reproduksi wanita harus benar-benar diperhatikan.  Jika tidak, berbagai macam bakteri akan masuk sehingga menyebabkan penyakit dan kelainan. Bahkan, yang terburuk dapat mengakibatkan kemandulan hingga kematian.

Salah satu penyakit yang sering menyerang organ kewanitaan adalah keputihan. Saking umumnya, banyak wanita yang kerap mengabaikan cairan ini. Padahal, keputihan dapat membahayakan organ reproduksi wanita. Apalagi, jika keputihan yang terjadi dalam volume yang berlebihan dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Selain itu, masih banyak lagi penyakit yang bisa menjangkiti organ reproduksi wanita, seperti kista, endometriosis, kanker ovarium, dan radang panggul. Beragam penyakit tersebut dapat menyebabkan gangguan terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

 

Spesialisasi Ginekologi

Ginekologi terfokus pada tindakan pencegahan, pengobatan, dan pemeriksaan pada sistem reproduksi wanita. Yang melakukan berbagai tindakan tersebut disebut sebagai dokter Ginekologi.

Dokter Ginekologi akan melayani berbagai keluhan dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan organ reproduksi wanita. Berikut beberapa hal yang bisa dilayani oleh seorang dokter ginekologi:

  • Masalah yang berhubungan dengan vagina seperti vulvovaginitis dan pendarahan nonmenstrual, serta keputihan
  • Masalah yang berhubungan dengan tuba falopi dan indung telur, seperti endometriosis, P.C.O.S, kista atau tumor pada indung telur
  • Masalah seputar haid, seperti haid tidak teratur, PMS yang terasa amat sakit, hingga menopause

 

Perbedaan Ginekologi dan Obstetri

Selain Ginekologi, ilmu yang mempelajari tentang kewanitaan adalah Obstetri. Sering dianggap sama, namun dua cabang ilmu kedokteran ini memiliki spesialis yang berbeda.

Jika Ginekologi adalah cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari masalah reproduksi wanita, maka Obstetri adalah cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari kehamilan dan persalinan.

Berbeda dengan dokter Ginekologi, ahli Obstetri akan melakukan beragam pemeriksaan kehamilan, di antaranya:

  • Memeriksa kondisi kesehatan yang sekiranya bisa menimbulkan masalah selama kehamilan atau memengaruhi kesehatan bayi, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, risiko infeksi, ataupun kelainan genetik
  • Memantau kondisi perkembangan janin, termasuk rutin melakukan tes USG
  • Memberikan saran tentang diet, olahraga, dan tips-tips sehat lainnya yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil
  • Membantu mengatasi morning sickness, sakit punggung dan kaki, serta berbagai keluhan kehamilan lainnya
  • Menangani seputar proses persalinan serta komplikasinya, misalnya perdarahan saat atau sesudah persalinan, ruptur uteri, sepsis, kelahiran prematur, plasenta, preeklampsia, dan lain sebagainya

Meski demikian, kedua cabang ilmu kedokteran ini melingkupi dua masalah kesehatan terbesar pada wanita. Oleh karena itu, Ginekologi dan Obstetri tergabung dalam satu keahlian atau spesialisasi yang disebut dengan istilah OBGYN. Di Indonesia, gelar spesialis Obestetri & Ginekologi (SpOG) diberikan untuk dokter kandungan. Namun, tak jarang ditemukan seorang ahli Ginekologi yang juga sebagai ahli Obstetri.

 

Kapan ke Dokter Ginekologi?

Sama seperti area tubuh yang lain, organ reproduksi pada wanita juga perlu mendapat pemeriksaan rutin secara berkala. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penyakit-penyakit akibat bakteri yang masuk atau kelainan lainnya.

Apalagi jika wanita tersebut merupakan seseorang yang aktif secara seksual atau tengah dalam program kehamilan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bertemu dengan dokter Ginekologi untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh bagian organ reproduksi.

Alangkah lebih baiknya lagi kalau konsultasi dengan dokter ahli Ginekologi dilakukan sebelum terserang penyakit serius. Apabila ada gejala yang tidak wajar menimpa area reproduksi wanita, sangat disarankan untuk langsung menemui dokter Ginekologi.

Meski demikian, masih banyak wanita yang baru datang ke dokter Ginekologi setelah dirinya terjangkit masalah yang serius pada organ reproduksinya. Memang hal tersebut tidak masalah, namun sebaiknya konsultasi dilakukan sejak awal demi menghindari kerusakan secara permanen akibat berkembangnya bakteri yang sudah masuk.

Pasalnya, jika penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita itu ditangani sejak dini, maka akan mengurangi efek yang lebih besar pada kesehatan. Sebaliknya, penyakit yang ditemukan sudah dalam keadaan parah akan memberikan dampak dan risiko yang lebih serius.

 

Penyakit Ginekologi

Penyakit dan kelainan yang menyerang organ reproduksi wanita banyak macamnya, antara lain:

  • Kelainan menstruasi
  • Kanker serviks
  • Kanker rahim
  • Kanker indung telur
  • Kelainan rahim
  • Kista
  • Keputihan
  • Vagina berlendir
  • Kutil pada bagian kewanitaan
  • Rasa sakit saat sedang buang air kecil
  • Rasa sakit pada bagian perut
  • Rasa nyeri pada bagian punggung
  • Pendarahan yang terjadi secara tiba-tiba

 

Teknik Medis Ginekologi

Berbagai penyakit dan kelainan yang dialami wanita pada organ reproduksinya dapat dilakukan tindakan medis oleh dokter ahli Ginekologi. Salah satu metode yang dipakai untuk mendeteksi gangguan-gangguan tersebut, yakni metode Kolposkopi. Metode ini banyak digunakan untuk mengetahui kondisi dari serviks dan Rahim.

Jika ditemukan kelainan, maka dokter ahli Ginekologi akan melakukan tindakan medis yang diperlukan. Beberapa contoh tindakan medis yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Pap Smear

Pap Smear adalah salah satu metode medis yang digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan pada bagian rahim. Metode pemeriksaan ini sendiri akan dilakukan dengan cara mengikis bagian dinding rahim. Kikisan jaringan ini kemudian akan diperiksa di laboratorium.

  1. Ablasi Endometrial

Ablasi Endometrial merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengatasi masalah saat menstruasi. Tindakan ini biasanya dilakukan dengan cara meluruhkan dinding endometrial yang sangat berpengaruh pada siklus dan proses menstruasi seorang wanita. Peluruhan tersebut akan mengurangi kondisi pendarahan berlebih saat siklus menstruasi tiba.

  1. Histerektomi

Histerektomi yaitu tindakan medis yang berada dalam lingkup ruang ilmu Ginekologi. Tindakan medis yang satu ini bisa dikatakan sebuah tindakan medis yang radikal dan memiliki efek cukup besar. Namun, hal tersebut memang harus dilakukan demi menyelamatkan diri pasien itu sendiri. Tindakan Histerektomi merupakan sebuah tindakan medis yang dilakukan dengan cara pengangkatan organ rahim dari dalam tubuh. Pengangkatan rahim dilakukan karena disebabkan oleh berbagai macam hal. Bisa dikarenakan efek penyakit kanker dan tumor yang ada pada Rahim atau juga bisa dikarenakan efek cedera pada organ rahim.

Selain tindakan medis pada organ reproduksi wanita seperti yang sudah disebutkan di atas, dokter Ginekologi juga dapat membantu wanita untuk memperindah area kewanitaan. Beberapa prosedur yang dapat dilakukan dokter Ginekologi untuk mempercantik organ intim wanita, antara lain rekonstruksi selaput dara (Hymenoplasty), mengencangkan vagina yang longgar (Vaginoplasty), dan memendekkan bibir vagina (Labiaplasty).

 

Pelayanan Ginekologi di Klinik Pandawa

Klinik Pandawa turut melayani cabang ilmu kedokteran ginekologi dimana telah berpengalaman mengatasi dan mengobati segala keluhan terkait permasalahan kewanitaan. Ditangani langsung oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dan perawat yang telah bersertifikasi.

Selain di atas, Klinik Pandawa melayani vaginal rejuvenation, kolposkopi, dan cuci vagina bagi para wanita yang memiliki keluhan ataupun untuk pengobatan. Tak hanya itu, Klinik Pandawa juga dilengkapi dengan fasilitas dan teknologi yang modern untuk memudahkan Anda berobat.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut untuk pengobatan dan tindakan efektif, segera reservasi dan konsultasikan keluhan Anda dengan menghubungi 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA)  atau klik bit.ly/2VdMqLL. untuk berkonsultasi online dengan dokter kami secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik pandawa logo white

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami