Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Ciri-ciri Sperma yang Baik dan Sehat Dapat Membuahi Sel Telur

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Ciri-ciri Sperma yang Baik dan Sehat Dapat Membuahi Sel Telur

ciri-ciri sperma yang baik dan sehat

Sahabat Pandawa, tetap take care of health ya dalam kondisi pandemi. Sahabat Pandawa, bai laki-laki ataupun wanita pernah tidak memikirkan sperma yang sehat dan dapat membuahi sel telur itu bagaimana? Nah, kali ini kita akan membahas ciri-ciri sperma yang baik dan sehat untuk Anda sudah ingin ke jenjang serius dengan pasangan. Lebih baik ketahui sebelum terlambatkan? Seperti pepatah bilang “Sedia payung sebelum hujan” sama saja sebelum Anda memasuki jenjang yang lebih seirings sebaiknya cek ke dokter bagaimana sperma yang sehat dan ketahui ciri-ciri sperma yang baik dan sehat.

Seorang pria yang sehat biasanya mengeluarkan jutaan sperma dalam satu kali ejakulasi. Dari jutaan tersebut, pada akhirnya hanya ada satu yang berhasil untuk membuahi sel telur. Artinya, salah satu ciri-ciri sperma yang baik dan sehat adalah yang “kuat” untuk dapat mendapatkan sel telur. Sperma yang sehat sangat berpengaruh dengan kesuburan seorang pria. Umumnya, seorang pria mengalami kasus denga kesuburan, sebelumnya dokter akan memeriksa bagaimana kualitas sperma terlebih dahulu. Bagi seorang laki-laki memiliki sperma yang sehat atau kualitas bagus merupakan salah satu factor untuk mencapai kehamilan.  Yuk, simak ciri-ciri sperma yang baik dan sehat

Mengetahui Ciri-ciri Sperma yang Baik dan Sehat

Ciri-ciri sperma yang baik dan sehat ialah salah satu menentukan kesuburan seorang laki-laki. Bukan hanya itu saja, kualitas ini juga berperan penting bagi kesehatan dari kehamilan pasangan, serta kesehatan bayi. Ciri-ciri sperma yang baik dan sehat biasanya tergantung dari kesehatan internal baik dari gaya hidup yang sehat. Berikut ini ciri-ciri sperma yang sehat, yaitu:

  1. Jumlah Sperma

Jumlah sperma ialahlah salah satu hal yang menentukan kualitas dari sperma tersebut. Normalnya, sperma yang sehat akan memiliki jumlah diatas dari 15 juta setiap millimeter semen ( air mani )

Dilihat dari kondisi tersebut, sperma yang sehat berarti mempunyai julah yang cukup, sehingga memiliki peluang yang besar agar membuahi sel telur. Jika sperma terlalu sedikit dari angka minimum atau sperma tidak keluar, kemungkinan akan terjadi kehamilan pada pasangan yang cenderung rendah.

  1. Pergerakan sperma

Ciri-ciri sperma yang baik dan sehat ialah pergerakan atau motilitas sperma tersebut. Agar bisa membuahi sel telur, sperma harus dapat bergerak dengan cara berenang ke dalam rahim wanita. Sperma sehat setidaknya 40% dari bisa berenang dengan baik. Umumnya, sperma mampu bergerak lincah dan berenang melalui serviks, uterus, serta tuba falopi untuk mencapai sel telur.  Ciri-ciri sperma yang baik dan sehat dinamakan dengan motilitas sperma.

  1. Struktur sperma

Ciri-ciri sperma yang baik dan sehat ialah struktur dari sperma sehat itu sendiri. Umumnya, sperma mempunyai struktur kepala yang oval dan ekor yang panjang apabila terlihat lewat mikroskop. Struktur sperma yang lengkap dan sempurna adalah ciri-ciri sperma yang baik dan sehat. Di samping itu, struktur sperma yang wajar juga mensupport kelincahan serta kemampuan sperma buat berenang di dalam kandungan. Dengan begitu, sperma bisa bertemu dan membuahi sel telur sehingga terjadi kehamilan. Maka dari itu, jika struktur sperma Anda tidak sempurna, hal ini mungkin terjadi akibat kelainan sperma atau tidak sehat.

  1. Likuifaksi sperma

Untuk menentukan kualitas sperma yang baik, mungkin Anda belum pernah mendengar likuifasi. Artinya sperma yang kemampuannya dalah berubah dari gel menjadi cairan tergolong sempurna. Hal ini dinamakan likuifiksi sperma.

Biasanya dalam suhu runagan, kemampuan semen dapat mencair dari bentuk kental sekitar 15-20 menit. Sperma yang tidak mencair pada rentan waktu tersebut akan sulit atau tidak dapat berenang menuju sel telur. Untuk itu, ciri-ciri sperma sehat yang satu ini sebaiknya diabaikan saja jika Anda ingin membuahi sel telur dan berakhir pada kehamilan pasangan Anda.

  1. pH sperma

Ciri selanjutnya adalah kadar pH dari sperma. Tidak hanya tekstur dan struktur sperma, pH semen juga menjadi salah satu tolok ukur kesuburan laki-laki. Sperma berkualitas bagus mempunyai karakteristik pH dekat 7, 2- 7, 8 nama lain basa. Kandungan pH semen yang kecil bisa menandakan peradangan pada kesehatan organ laki- laki.

  1. Total jumlah Air Mani

Jumlah air mani yang diproduksi pada saat Anda melakuakan ejakulasi rupanya juga menjadi tanda sperma sehat. Sebagai seorang pria, Anda dikatakan memiliki sperma sehat jika Anda mampu menghasilkan sekitar 2-5 ml semen dalam satu kali ejakulasi. Sebaliknya, jika Anda memiliki semen di bawah jumlah normal, besar kemungkinan bahwa Anda memiliki masalah kesehatan pada kelenjar prostatnya. Akan tetapi, kelebihan jumlah sperma juga bisa menunjukkan konsentrasi sperma yang sangat cair.

Anda pun perlu tahu bahwa dalam rangka memastikan apakah sperma sehat atau tidak, Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Hal ini disebabkan ciri sperma sehat tidak bisa dilihat dengan kasatmata. Bila Anda ingin mengetahuinya lebih detail, ada baiknya konsultasikan ke dokter atau lakukan pemeriksaan di laboratorium.

Pengobatan di Klinik Pandawa

Sahabat Pandawa, sudah membaca penjelasan di atas tentang ciri-ciri sperma yang baik dan sehat, jika mengalami gangguan tersebut segera periksalah ke dokter. Penaganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi sperma sehat tergantuk pada penyebabnya. Anda tidak dapat melakukan perawatan di rumah, penyakit ini jika dibiarkan dapat menimbulkan gejala yang sangat parah dan berbahaya.

Pasikan untuk segera mengkonsultasikan ke dokter kulit serta kemaluan bila Anda merasa curiga adanya ciri- ciri sperma sehat. Klinik Pandawa merupakan klinik terpercaya di Jakarta, klinik yang mengkhususkan kulit dan kelamin. Klnik kami mempunyai dokter professional dan pengalaman.

Jika Sahabat Pandawa membutuhkan informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter online kami lewat link berikut ini Konsultasi Online Gratis. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337/ Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.