Ciri-Ciri Anda Mengidap Penyakit Gonore (Kencing Nanah)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ciri-ciri Penyakit Gonore

Penyakit Gonore atau kencing nanah merupakan salah satu penyakit menular seksual. Dimana penyakit ini disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak aman melalui oral, anal, atau vaginal. Anda pun perlu tau ciri-ciri penyakit gonore (kencing nanah) sebelum terlambat. Melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan dan tanpa pengaman dapat berisiko terjadinya infeksi. Penyakit gonore disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri biasanya akan menginfeksi tempat yang lembab, hangat, dan kotor seperti:

  • Urethra ( tabung yang mengalirkan air kencing ke saluran kemih)
  • Mata
  • Tenggorokan
  • Organ Genital Pria
  • Dubur
  • Saluran reproduksi pada perempuan (tuba fallopi, serviks dan rahim)

 

 

Apa Saja Gejala Gonore Yang Kerap Kali Timbul?

Gejala biasanya diketahui sekitar 2-3 hari setelah Anda tertular. Sayangnya, tidak semua orang menyadari ciri-ciri  penyakit gonore (kencing nanah). Bahkan ada yang mengidap penyakit gonore melainkan tanpa menunjukkan gejala-gejala yang ada – biasanya disebut nonsymptomatic carrier alias pembawa non gejala. Terdapat dua gejala atau ciri-ciri penyakit gonore yang berbeda pada perempuan dan laki-laki.

 

Gejala Penyakit Gonore Pada Laki-Laki

Ciri-ciri penyakit gonore yang paling biasa dan paling pertama dikenali merupakan rasa panas atau terbakar saat buang air kecil. Setelah itu akan dicontoh oleh gejala lainnya berupa:

  • Keluarnya nanah dari penis (tetesan cairan) berwarna putih, kuning, krem atau kehijau-hijauan)
  • Bengkak dan kemerahan pada penis
  • Bengkak atau nyeri pada testis
  • Sakit tenggorokan yang datang terus-menerus

Ketika telah diobati, infeksi ini mungkin masih akan bertahan di tubuh selama beberapa hari. Pada kasus yang jarang ditemui, penyakit gonore dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh, secara khusus urethra dan testis. Rasa nyeri juga dapat dirasakan sampai ke anus (rektum).

 

Gejala Penyakit Gonore Pada Perempuan

Beberapa perempuan susah mengidentifikasi gejala gonore ini, karena gejala yang muncul ada kemiripan dengan infeksi lain. Gejala gonore pada perempuan tidak terbentuk dengan jelas, seperti infeksi jamur Miss V pada biasanya, sehingga beberapa perempuan salah menebak infeksi yang diidapnya. Berikut ini yaitu beberapa ciri-ciri penyakit gonore yang muncul pada perempuan:

  • Keluar cairan keputihan dari Miss V (basah, bertekstur kental, sedikit kehijauan)
  • Ketika buang air kecil, adanya sensasi nyeri dan rasa panas
  • Munculnya bercak darah atau perdarahan ketika tidak sedang menstruasi
  • Rasa nyeri ketika berhubungan seksual
  • Rasa nyeri juga dirasakan pada perut bagian bawah atau nyeri panggul
  • Bengkak pada mulut vagina (vulva)
  • Rasa terbakar atau panas di tenggorokan (ketika melakukan oral seks)
  • Demam
  • Frekuensi buang air kecil yang jarang

 

Bagaimana Cara Mengobati Gonore?

Ciri-ciri penyakit gonore dapat diobati dan dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat dan tuntas sesuai tingkat keparahan infeksi. Bila Anda mengalami gejala tersebut diatas segera konsultasikan diri ke dokter.

Dokter akan melakukan diagnosis berdasarkan hasil tes dengan cara mengambil sampel cairan sekresi dari urethra laki-laki dan serviks pada perempuan. Dokter juga akan melakukan pengecekan pada area anus (rektum) dan tenggorokan Anda, untuk melihat ada tidaknya infeksi pada bagian tersebut. Percobaan tersebut dibawa ke laboratorium, dan jika hasil tersebut positif maka dokter akan memberikan pengobatan.

Dokter mungkin akan memberikan antibiotik berupa obat minum dan yang disuntikan seketika.

 

Bagaimana Apabila Gonore Tak Diobati?

Pada perempuan, ciri-ciri penyakit gonore yang tak diobati dapat menyebabkan penyakit radang panggul, yang mana dapat merusak saluran indung telur (tuba fallopi). Akibat fatalnya, gonore dapat menyebabkan ketidaksuburan dan meningkatkan risiko kehamilan diluar kandungan (ektopik).

Sedangkan pada laki-laki, ciri-ciri penyakit gonore yang dibiarkan dapat menyebabkan epididimis – rasa sakit di daerah testis yang berisiko terhadap infertilitas dan disfungsi ereksi. Apabila tak diobati dengan cepat, gonore lama-lama akan menyebabkan permasalahan pada prostat dan menimbulkan luka pada urethra, sehingga akan menyebabkan sulit buang air kecil.

 

Langkah Apa Saja Yang Dapat Dikerjakan Untuk Mencegah Penyebaran Gonore?

Ungkapan ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’ benar adanya. Berikut ini yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penularan gonore:

  • Menggunakan pengaman saat berhubungan seksual maupun oral atau anal
  • Tidak bergonta-ganti pasangan
  • Apabila Anda merasa curiga terkena gonore, segera kunjungi dokter.

 

Pengobatan Penyakit Gonore (Kencing Nanah) Di Klinik Pandawa Jakarta

Klinik Pandawa yang berada di Jakarta memiliki banyak pasien dengan gejala penyakit gonore dengan berbagai penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit gonore ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya.

Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan. Biaya berobat di Klinik Pandawa juga relatif terjangkau dan murah. Fasilitas yang dimiliki oleh Klinik Pandawa antara lain semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, tersedia  laboratorium, apotik, memiliki alat medis modern termasuk alat laser.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi dengan dokter online gratis kami menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp atau klik link di sini. Segala rahasia medis terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik pandawa logo white

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami