Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Sering Lupa Minum Air Putih, Begini Ciri-ciri Infeksi Saluran Kemih

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Sering Lupa Minum Air Putih, Begini Ciri-ciri Infeksi Saluran Kemih

ciri-ciri infeksi saluran kemih

Sahabat Pandawa, Anda salah satu orang yang jarang minum air putih? Jika iya, jangan hars selalu ingat ya minum air putih adalah salah satu mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Jika Anda mengalami Infeksi saluran kemih merupakan infeksi yang terjadi pada salah satu atau beberapa organ di saluran kemih, mulai dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Ciri-ciri infeksi saluran kemih yang timbul bergantung pada organ tubuh. Penyakit ini merupakan infeksi paling umum yang terjadi pada wanita yang disebabkan oleh mikroba, sebagian besar karena bakteri dan sebagian kecil disebabkan oleh jamur dan virus.

Penyebab terjadinya infeksi saluran kemih dapat terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Penyakit ini harus segera ditangani oleh dokter kelamin yang sudah terpercaya. Jika Anda biarkan begitu saja akan mengakibatkan kondisi kesehatan Anda. Maka dari itu, salah satu pencegahannya jangan lupa selalu minum air putih agar tidak terinfeksi penyakit ini. Infeksi ini sekring terjadi pada wanita dibandungkan laki-laki. Infeksi saluran kemih merupakan salah satu jenis yang paling sering terjadi. Hal ini karena ukuran utera (saluran urin dari kandung kemih ke luar tubuh) yang lebih pendek dan jarak uteranya lebih dekat dengan bagian anusnya. Yuk, simak lebih lanjut artikel di bawah ini.

Mengenal Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih merupakan kondisi dimana terbentuknya peradangan pada alat yang termasuk di dalam sistem kencing, ialah ureter, ginjal, kandung kencing, serta pula uretra. Biasanya, penyekit tersebut menyerang dua area yaitu uretra dan juga kandung kemih.

Apa Saja Penyebabnya

Bila perempuan tidak mengusap area kemaluan sehabis buang air kecil dari arah depan ke belakang, hingga dia berbahaya buat terkena penyakit ini. Karena area uretra, ialah alat yang berupa selang yang mengangkat air kemih dari kandungan kencing ke luar badan, terdapat dekat dengan anus.

Bila perempuan tidak mensterilkan area itu dengan benar hingga kuman dari usus besar, seperti E coli dapat berpindah dari anus mengarah uretra. Kuman itu akan melakukan perjalanan hingga ke kandungan kencing. Bila tidak diserahkan penanganan serta penyembuhan, perihal yang lebih parah semacam peradangan ginjal akan terjadi. Berhubungan intim pula dapat menimbulkan kuman masuk ke saluran kencing, tidak hanya dari kebiasaan jorok sehabis buang air kecil. Berdasarkan perihal itu, mensterilkan area kemaluan sehabis melakukan hubungan intim ialah hal yang amat berarti.

Penyebab Lainnya

Selain infeksi bakteri, infeksi kandung kemih juga dapat disebabkan oleh:

  • Efek samping obat kemoterapi, seperti cyclophosphamide dan ifosfamide
  • Dampak lain pengobatan radiasi pada panggul ataupun operasi pada kandungan kencing.
  • Penyakit lain, semacam pelebaran prostat, batu kandung kencing, serta diabetes
  • Sistem kekebalan tubuh melemah, misalnya akibat HIV atau kemoterapi
  • Iritasi dampak zat kimia yang ada di dalam sabun ataupun spermisida
  • Perubahan hormon pada masa menopause atau kehamilan

Ciri-ciri Infeksi Saluran Kemih

Berikut ini tanda-tanda infeksi saluran kemih, yaitu:

  • kelaminnya terasa terbakar pada saat buang air kecil
  • Sering ingin buang air kecil, meskipun urine yang keluar sedikit
  • Terasa sakit atau tekanan di punggung atau perut bagian bawah
  • Urinenya berdarah atau berwarna lebih gelap
  • Merasa lebih capek atau gemetar; dan
  • Badan akan terasa panas (mengindikasikan infeksi mungkin sudah mencapai ginjal).

Gejala yang ditimbulkan pada anak-anak

  • Ciri-ciri infeksi saluran kemih, anak akan mengalami panas pada tubuhnya.
  • Sering buang air kecil di pakaian dalamnya.
  • Tubuhnya akan terasa lebih letih
  • Tidak akan nafsu makan
  • Sering nangis
  • Makanan yang diberikan akan dimuntahkan

Diagnosis

Dokter akan terlebih dulu bertanya apa ciri-ciri infeksi saluran kemih dan riwayat penyakit pada penderita. Kemudian, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang, yaitu:

  • Tes urine, untuk mendeteksi keberadaan infeksi di urine.
  • Sistoskopi, untuk melihat saluran kemih penderita. Bila diperlukan, dokter akan memanfaatkan sistoskopi untuk mengambil sampel jaringan (biopsi) pada kandung kemih guna diteliti di laboratorium.
  • Pemindaian dengan Rontgen ataupun USG, untuk mengecek memungkinkan kelainan pada kandung kencing.

 

Pengobatan di Klinik Pandawa

Setelah Anda membaca artikel tentang ciri-ciri infeksi saluran kemih diatas ini. Jika Anda mempunyai gejala yang sudah dijelaskan sebaiknya di melakukan pengobatan di Klinik Pandawa dan segera periksa lebih lanjut sakit yang Anda derita.

Klinik Pandawa merupakan klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta dan memiliki dokter professional untuk menangani masalah, seperti infeksi saluran kemih, kencing nanah, sipilis, herpes, dan lain-lain. Telah banyak pasien yang sudah berhasil di sembuhkan dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Jika Sahabat Pandawa perlu informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami lewat link berikut ini KONSULTASI ONLINE GRATIS. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.