Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Begini Cara Mengatasi Vagina Gatal, Ketahui Penyebab dan Pengobatannya

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Cara Mengatasi Vagina Gatal, Ketahui Penyebab dan Pengobatannya

cara mengatasi vagina gatal

Halo Sahabat Pandawa. Pastinya setiap perempuan selalu menjaga kewanitaannya, pernah tidak dari kalian yang mengalami vagina gatal? Pasti selalu bertanya kenapa bisa terjadi. Hal ini harus selalu diperhatikan, karena tidak akan betah jika dibiarkan saja. Bagaimana cara mengatasi vagina gatal?

Pertanyaan yang selalu dipertanyakan disetiap wanita tentang kewanitaan. Miss.V jika dibiarkan gatal akan menimbulkan gejala infeksi dan berjamur, bahkan tidak setidikit akan menimbulkan bahaya untuk Miss.V Sahabat Pandawa. Penggunaan bahan kimia menjadi salah satu pemicu yang dapat menimbulkan infeksi dan dapat menjadi penyakit menular seksual.

 Miss.V merupakan hal yang paling berharga untuk setiap wanita. Jika Miss.V mengalami gangguan pasti selalu dipertanyakan. Untuk itu Yuk kita simak lebih lanjut apakah yang membuat Miss.V terasa gatal? Dan bagaimana cara mengatasi vagina gatal.

Mengenal Miss.V Gatal

Miss V gatal merupakan kondisi yang umum terjadi pada anak-anak sampai dewasa dan cenderung tidak berbahaya. Namun, jika kondisi ini dibiarkan kan menyebabkan infeksi jamur, iritasi, serta bakteri. Jika Miss.V Anda sudah cukup lama mengalami ini, maka harus di periksa oleh dokter kelamin terpercaya.

Penyebab Miss.V Gatal

Gatal pada Miss.V terjadi karena kombinasi dari beberapa penyebab. Oleh karena itu, maka dokter harus memeriksa terlebih dahulu dan mendeteksi apa penyebab pastinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang terjadi, yakni:

  • Penggunaan bahan kimia

Gatal pada disebabkan iritasi vagina akibat bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kondom, krim, sabun, tisu, atau pembalut yang digunakan.

  • Infeksi Jamur

Infeksi jamur atau disebut Kandidiasis vagina yaiitu infeksi yang tumbuh berlebihan pada Miss.V dan vulva. Infeksi ini akan beresiko pada saat wanita sedang hamil, menggunakan antibiotic, aktif berhubungan seksual, ketika sistem kekebalan tubuh sedang lemah.

  • Vaginosis Bakteri

Keberadaan bakteri sehat pada vagina ialah hal yang normal. Namun, bakteri jahat akan menyebabkan infeksi fan rasa gatal. Selain gatal, Vaginosis bakteri mengalami gejala seperti rasa perih, mengeluarkan cairan, serta bau tidak sedap.

  • Penyakit Menular Seksual (PMS)

Herpes, klamidia, trikomoniasis, gonore, dan sifilis adalah beberapa jenis penyakit menular seksual yang akan menyebabkan Miss.V gatal.

  • Menopause

Turunnya produksi estrogen di akhir masa reproduksi wanita dapat menyebabkan dinding vagina menipis dan mongering, dan menyebabkan terjadinya iritasi dan Miss.V akan terasa gatal.

  • Lichen Sklerosis

Noda putih pada kulit di area kelamain. Kondisi yang jarang terjadi umumnya dialami wanita pascamenopause. Penyakit kulit lain seperti eksim dan psoriasis bisa menyebabkan gatal.

  • Kanker vulva

Gatal bisa menjadi gejala kanker pada organ intim wanita, tepatnya kanker vulva. Hal ini, jika Miss.V gatal yang Anda keluhkan disebabkan oleh kanker vulva, maka Anda harus diperiksa oleh dokter kelamin. Pada kondisi ini, mungkin dokter akan merekomendasikan untuk melakukan operasi pengangkatan kanker, tergantung stadium yang Anda alami.

  • Stress

Jika anda stress, Miss.V akan menimbulkan rasa gatal. Kondisi ini jika emosional tidak stabil dan bisa menyebabkan sistem kekebalan menurun membuat tuuh lebih beresiko mengalami gatal-gatal dan iritasi

 

Waspada Gejala Vagina Gatal

Iritasi pada Miss.V biasanya dapat membaik dengan sendirinya. Jika tidak, sebaiknya segera memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Segera periksa ke dokter terutama jika merasa gatal pada Miss.V disertai gejala-gejala berikut:

  • Keluarnya cairan tidak normal dari Miss.V.
  • Timbulnya benjolan atau luka seperti sariawan pada vulva.
  • Sulit atau terasa sakit saat buang air kecil.
  • Gejala tidak wajar lain yang tetap ada sampai lebih dari satu minggu.
  • Gatal disertai pendarahan dan membengkak.

 

Cara Mengatasi Vagina Gatal

Cara mengatasi vagina gatal dokter akan melakukan penelusuran riwayat penderita, pemeriksaan fisik termasuk pemeriksaan dalam, seperti tes darah, urine, pemeriksaan cairan Miss.V, dan pap smear untuk menentukan diagnosis penyakit. Miss.V gatal dapat ditangani secara berbeda, tergantung dari jenis penyebabnya. Antara lain:

  • Infeksi menular seksual ditangani dengan obat khusus.
  • Jamur pada Miss.V ditangani dengan obat-obatan antijamur.
  • Gatal yang disebabkan menopause ditangani dengan krim khusus.
  • Obat dari resep dokter digunakan untuk menangani gatal akibat alergi.

Pengobatan di Klinik Pandawa

Jika Anda mempunyai ciri-ciri yang sudah disebutkan di artikel ini, Sahabat Pandawa jangan biasrkan begitu saja karena dapat menimbulkan bebargai komplikasi seperti, iritasi, infeksi jamur, dan bakteri. apa lagi dapat berbahaya jika terus dibiarkan.

Anda dapat mengunjungi Klinik Pandawa untuk berkonsultasi tentang masalah penyembuhan gangguan ini. Klinik Pandawa merupakan klinik terbaik di DKI Jakarta dan memiliki dokter penyakit kulit dan kelamin yang sudah berpengalaman dalam menangani masalah ini. Banyak pasien kami yang sudah berhasil sembuh dan merasa puas dengan penanganan kami.

Jika Sahabat Pandawa membutuhkan informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter online kami lewat link berikut ini Konsultasi Online Gratis. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337/ Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.