Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Buah Zakar Terasa Nyeri dan Bengkak, Waspada Radang Testis Orchitis

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

radang testis

Selain penis yang sering mengalami gangguan, testis atau buah zakar pun bisa alami gangguan. Misalnya seperti testis bengkak dan meradang yang bisa menyerang satu ataupun di kedua testis. Gangguan testis ini lebih dikenal dengan penyakit radang testis atau Orchitis, di mana kondisi buah zakar mengalami peradangan akibat infeksi virus ataupun bakteri.

Penyakit infeksi menular seksual pun bisa memicu testis bengkak dan meradang, seperti penyakit gonore dan klamidia. Penyakit yang hanya menyerang pria ini tentu saja menimbulkan rasa sakit dan otomatis memengaruhi kesuburan. Sebab testis atau buah zakar sendiri merupakan organ vital yang berperan atas produksi sel sperma.

Penyakit radang testis atau Orchitis ini bisa dialami oleh semua pria baik usia muda ataupun pria di atas 45 tahun. Penanganan yang tepat tentu bisa menyembuhkan penyakit ini dan kamu pun akan bebas dari keluhan testis bengkak ataupun nyeri. Sebab itu jangan ragu untuk segera kunjungi dokter andrologi di Klinik kulit kelamin terpercaya.

Untuk kamu yang belum pernah mendengar gangguan testis ini, baiknya pahami informasi selengkapnya di bawah ini.

 

Mengenal penyakit radang testis

Radang testis atau Orchitis dengan nama medisnya, merupakan suatu kondisi di mana terjadi peradangan pada satu ataupun di kedua testikel. Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri maupun infeksi virus yang menyebabkan terjadinya gondongan atau testis bengkak.

Radang testis akibat bakteri bisa saja dipicu oleh karena adanya infeksi menular seksual (IMS), seperti gonore maupun klamidia. Gangguan akibat bakteri sering kali terjadi setelah terdapat epididimitis, yang merupakan peradangan dari epididimis atau saluran di balik testikel yang menyimpan dan menghantarkan sperma. Pada kondisi tersebut, hal ini disebut epididimoorkitis.

Kondisi ini bisa memicu nyeri dan tentu berdampak pada kesuburan seorang pria. Pengobatan dapat mengatasi penyebab dari radang testis akibat bakteri dan meredakan tanda dan gejala dari radang testis akibat virus.

Awas! Radang Panggul Berbahaya Bagi Wanita

Apa saja tanda dan gejala radang testis?        

Gejala radang testis kebanyakan muncul secara mendadak. Meski ada beberapa gejala penyakit umum seperti demam, mual, dan muntah, penyakit ini juga memiliki gejala yang bisa dideteksi oleh kita. Gejala khas dari gangguan ini seperti nyeri pada testis, testis terasa berat, dan juga testis mengalami pembengkakan.

Berikut adalah gejala lengkap dari penyakit ini:

  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Tubuh mudah lelah
  • Testis bengkak pada satu atau kedua testis
  • Terasa berat
  • Nyeri di area selangkangan
  • Testis terasa nyeri
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Nyeri saat berhubungan intim dan ejakulasi
  • Terdapat darah pada sperma

Waspada, Testis Bengkak Dapat Membahayakan Hidupmu

Apa penyebab gangguan testis ini?

Dari beberapa kasus ditemukan gangguan testis bengkak ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau virus. Berikut adalah pembagian jenis menurut penyebabnya:

Radang testis bakteri

Terdapat beberapa jenis bakteri yang bisa menyebabkan radang, berikut di antaranya:

  • Escherichia coli
  • Staphylococcus
  • Streptococcus

Ketiga jenis bakteri ini juga seringkali menjadi bakteri penyebab infeksi pada saluran kemih, penyakit epididimitis, dan penyakit menular seksual lainnya. Antibiotik cukup berguna untuk melawan bakteri-bakteri tersebut.

Radang testis virus

Orchitis akibat virus paling banyak terjadi karena adanya infeksi virus penyebab gondongan yang disebut paramyxoviruses. Orchitis virus kerapkali menimpa anak laki-laki yang berusia 10 tahun ke bawah. Orchitis virus umumnya terjadi sekitar 4–6 hari setelah terkena gondongan.

Selain disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, penyakit ini juga terkadang dapat muncul tanpa adanya alasan yang pasti. Meski demikian, kasus ini cukup jarang terjadi.

Bahaya Benjolan di Testis Bisa Sebabkan Kanker, Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

Faktor Risiko

Terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan seseorang terkena penyakit radang testis:

  • Berusia lebih dari 45 tahun
  • Tidak pernah vaksin MMR
  • Mengidap infeksi saluran kemih yang berulang
  • Mengalami pembesaran prostat jinak
  • Lahir dengan saluran kemih yang tak normal
  • Memakai kateter dalam waktu yang cukup lama
  • Pernah operasi kelamin atau saluran kemih
  • Pernah atau menderita penyakit infeksi menular seksual (IMS)

Risiko penyakit ini juga bisa meninggi bila kamu sering berhubungan seks bebas seperti bergonta-ganti pasangan, tidak mengenakan pengaman ketika berhubungan intim, atau dengan pengidap infeksi menular seksual.

 

Diagnosis

Sebagai langkah awal untuk mendeteksi dan memberikan diagnosis, biasanya dokter akan memberikan pertanyaan seputar keluhan kamu. Kemudian akan dilanjutkan pemerisaan fisik guna melihat pembesaran atau pembengkakan di area testis ataupun di selangkangan.

Setelahnya, beberapa pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah:

  • Pemeriksaan adanya IMS. Hal ini melibatkan pemeriksaan pada sampel cairan dari uretra, untuk dievaluasi lebih lanjut guna mengamati adanya gonore atau klamidia.
  • Pemeriksaan urine. Hasil urine yang ditampung dapat dievaluasi lebih lanjut untuk mengamati adanya kelainan dari penampakan, konsentrasi, atau kandungan urine.

Pengobatan Radang Testis di Klinik Pandawa Jakarta

Apabila sahabat pandawa mengalami gangguan testis dan mengalami gejala sama seperti di atas. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kamu pun bisa berkonsultasi gratis atau buat janji bersama dokter andrologi Klinik Pandawa. Langsung saja WA/TLP/SMS di nomor 0821-1141-0672 atau klik KONSULTASI GRATIS. Rahasia terjamin.