Tanda dan Penyebab Kutil Kelamin pada Pria dan Wanita

Tanda dan Penyebab Kutil Kelamin pada Pria dan Wanita

Penyakit kutil kelamin (Condyloma Acuminata) atau sering disebut jengger ayam bisa tumbuh di sekeliling miss v, didalam leher rahim,  batang mr P, atau dubur, Penyakit ini tidak menyebabkan nyeri serta tidak membahayakan jiwa penderitanya. Meskipun demikian penyakit ini dapat menimbulkan stres akibat benjolan yang tidak sedap dipandang mata serta dapat mengakibatkan pembesaran dan penyebaran penyakit kutil kelamin ke orang lain. Kenali tanda dan penyebab kutil kelamin pada pria dan wanita.

Apa Itu Penyakit Kutil Kelamin (Condiloma Acuminata)?

Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh jenis virus yang disebut juga dengan Human papillomavirus (HPV). Mereka umumnya berwarna merah jambu dan keluar dari permukaan kulit. Dan biasanya mereka menyebabkan beberapa gejala serta rasa yang menyakitkan. Gejalanya dapat muncul satu hingga delapan bulan setelah pemaparan. Kutil adalah gejala infeksi yang paling mudah dikenali.

Kutil anal adalah yang dapat terjadi di dalam dan di sekitar anus yang disebut juga dengan Condiloma Acuminata. Kutil anal adalah termasuk jenis kutil kelamin. Dalam banyak kasus, penyakit ini tidak menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit. Namun, mereka bisa menjadi menjengkelkan jika mereka tumbuh cukup besar, dan mungkin gatal atau berdarah. Jika tidak ada gejala yang muncul, orang dengan kutil anal mungkin bahkan tidak tahu mereka memilikinya. Kutil anal dapat terjadi hanya di satu titik, atau dapat menyebar ke berbagai bagian alat kelamin dan dubur dari waktu ke waktu.

@kog

 

Apakah Penyebab dan Faktor Terjadinya Penyakit Kutil Kelamin (Condiloma Acuminata)?

Kutil kelamin adalah termasuk kutil dubur yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). HPV adalah infeksi menular seksual (IMS). Dan apabila virus ini berlama-lama berada di dalam tubuh maka akan menyebabkan kutil kelamin. Beberapa jenis virus HPV dapat menyebabkan kutil kelamin hingga terjadinya kanker. HPV secara umum menyebar dari satu orang ke orang lain dengan kontak langsung dengan mulut, anus, penis, atau vagina seseorang dengan virus HPV. Hubungan seksual tidak diperlukan untuk menyebarkan infeksi. Ini dapat ditularkan melalui kontak kulit-ke-kulit. Penularan HPV dapat terjadi meskipun kutil tidak terlihat.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kutil kelamin paling sering menyebar melalui seks anal dan vaginal. CDC juga menyatakan bahwa hampir semua pria dan wanita yang aktif secara seksual bisa mendapatkan HPV.

Faktor penyebab terjadinya Condiloma Acuminata sendiri adalah sebagai berikut :

CHPV tipe 6 dan 11 adalah penyebab tipikal dari kutil kelamin. Ini menyebar melalui kontak langsung pada kulit, biasanya selama oral, genital, atau seks anal dengan pasangan yang terinfeksi. Diagnosis umumnya berdasarkan gejala dan dapat dikonfirmasi dengan biopsi. Anda berisiko lebih tinggi untuk tertular dan menyebarkan kutil anal jika :

  • berhubungan seks tanpa pelindung (tidak menggunakan pelindung penghalang, seperti kondom atau bendungan gigi)
  • memiliki banyak pasangan seks
  • berhubungan seks anal
  • melakukan hubungan seks atau intim dengan seseorang dengan HPV
  • berhubungan seks pada usia dini
  • memiliki sistem kekebalan yang terganggu oleh penyakit atau sedang menjalani pengobatan

Namun, Anda bisa mendapatkan kutil anal bahkan jika Anda hanya memiliki satu pasangan seksual. Tapi mereka memiliki virus Condiloma Acuminata tersebut, dan kondom tidak sepenuhnya melindungi mereka.

 

Apa Saja Gejala Penyakit Kutil Kelamin ?

Gejala yang terjadi pada penyakit Condiloma Acuminta (Kutil Kelamin) biasanya dimulai dari benjolan kecil sebesar kepala pin, yang mungkin terlalu kecil dan tidak terlalu diperhatikan. Namun mereka dapat tumbuh dan berkembang hingga terlihat seperti kembang kol, dan berkerumun bersama dalam satu titik. Kutil mungkin berwarna peach, kuning, merah muda, atau coklat muda, dan mungkin menyatu dengan warna kulit. Kutil anal sering terjadi tanpa rasa sakit atau ketidak nyamanan. Gejala lain dari kutil dubur dapat terjadi berupa gatal, perdarahan, atau keluarnya cairan dari anus. Seseorang dengan kutil anal mungkin juga merasa seperti ada benjolan di area anus.

@kog

 

Apa bahaya dan komplikasi Penyakit Condiloma Acuminata apabila tidak segera diobati?

Apabila penyakit Condiloma Acuminata (Kutil kelamin) tidak segera diobati dalam beberapa kasus akan menyebabkan rasa gatal yang berkepanjangan, kemerahan hingga luka pada bagian gatal, atau ketidaknyamanan dalam beraktifitas sehari-hari bahkan pada saat berhubungan seksual, terutama ketika mereka tumbuh pada sekitar anus atau kemaluan, akan sangat menyulitkan anda untuk buang air besar ataupun buang air kecil. Kutil dapat tumbuh pada bagian lain dari tubuh pada saat yang sama ketika anda memiliki kutil anal. Kutil kelamin pada wanita dapat muncul di vulva, vagina, bahkan bagian leher rahim. Dan kutil kelamin pada pria dapat berkembang pada penis, skrotum, paha, atau selangkangan. Oral seks dengan seseorang yang memiliki kutil kelamin, atau berciuman dengan seseorang yang memiliki kutil tenggorokan juga dapat menyebabkan infeksi. Kutil juga bisa tumbuh di mulut atau tenggorokan seseorang dengan HPV apabila tidak segera diobati. Meskipun mereka biasanya tanpa gejala fisik lain, wabah kutil kelamin juga dapat menyebabkan tekanan psikologis, seperti kecemasan, ketakutan, tekanan, dan kanker.

 

Apakah pengobatan atau prosedur yang dilakukan terhadap Penyakit Condiloma Acuminata?

Seorang dokter dapat mendiagnosis kutil anal dengan pemeriksaan visual (melihat). Dan melakukan beberapa pengujian pada benjolan selama pemeriksaan. Pemeriksaan untuk kutil anal melibatkan pemeriksaan internal dengan alat yang disebut anoscope untuk mencari kutil di dalam lubang anus. Dokter anda mungkin juga akan melakukan pemeriksaan penuh terhadap daerah pinggul untuk mencari bentuk lain dari kutil kelamin. Bagi wanita, ini mungkin termasuk Pap smear. Diagnosis juga bisa dilakukan dengan biopsi pada kutil. Ini dapat digunakan untuk mengonfirmasi diagnosis jika kutil tidak merespons terapi awal.

Perihal pengobatan penyakit Condiloma Acuminata (Kutil Kelamin) ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan penyakit kutil kelamin secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

 

Bagaimana Pengobatan Penyakit Condiloma Acuminata di Klinik Pandawa?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit Condiloma Acuminata (Kutil Kelamin) disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit Condiloma Acuminata (Kutil Kelamin) ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan.

Perlu anda ketahui beberapa keunggulan klinik pandawa dibandingkan klinik lainnya yang setara antara lain :

  • Memiliki dokter ahli dan berpengalaman
  • Memiliki ruangan full AC
  • Parkir luas dan gratis
  • Memiliki laboratorium dan apotik
  • Biaya relatif murah dan terjangkau
  • Memiliki alat medis modern termasuk alat laser, USG, Rontgen.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS / Telp pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.

@kog

Leave a Reply

Your email address will not be published.

   Konsultasi Online Gratis