Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Bisul di Kelamin, Emang Bebahaya? Ketahui Cara Mengobatinya

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Bisul di kelamin biasanya terlihat seperti benjolan yang tumbuh di kemaluan atau di area sekitarnya. Munculnya bisul di kelamin ini terkadang dapat sembuh dengan sendirinya. Tetapi, pada kasus yang tertentu, hal ini dapat menimbulkan rasa tak nyaman karena menimbulkan rasa nyeri dan gatal.

bisul di kelamin

Bisul ini umumnya terjadi akibat infeksi kulit yang meradang pada dolikel rambul atau kelenjar minyak di kulit. Awalnya, kulit akan terlihat memerah akibat meradang, selanjutnya akan membengkak dan menimbulkan benjolan. Hal ini diikuti dengan terbentuknya nanah di sekitar selama 4 hingga 7 hari lamanya setelah terinfeksi.

Walnya bisa bisa terasa gatal, kemudian menimbulkan rasa nyeri dan tak nyaman. Bisul di kelamin dapat numbuh di bagian luar kemaluan, sekitar area rambut kemaluan, ataupun pada wanita bagian bibir vagina.

Baca juga: Sakit Saat BAB? Jangan Dibiarkan Ini Tanda-tanda Penyakit Fistula Ani

Penyebab dan Faktor Timbulnya Bisul di Kelamin

Timbulnya bisul di kelamin dikarenakan oleh beberapa hal, yakni:

Infeksi bakteri

Sebagian besar bisul dikarenakan oleh infeksi bakteri Staphylococcus. Bakteri ini bisanya akan masuk lewat luka kecil di kulit yang sering tidak kamu sadari keberadaannya.

Peradangan di folikel rambut kemaluan

Bisul juga bisa disebabkan masuknya benda asing, seperti debu dan sisa sel kulit mati, ke dalam kulit atau kelenjar minyak yang tersumbat sampai menyebabkan infeksi. Tidak hanya itu, kondisi rambut yang tumbuh ke dalam( ingrown hair) pada rambut kemaluan pula dapat menimbulkan folikel rambut meradang serta tampaknya bisul.

Ada beberapa factor yang bisa meningkatkan risiko bisul di kelamin, yakni:

  • Penyakit seperti diabetes atau penyakit yang tertentu
  • Imun tubuh yang lemah, misalnya karena gizi yang buruk atau efek samping dari obat penekanan daya tahan tubuh
  • Kebersihan tubuh yang kurang terjaga
  • Mencukur bulu kemaluan yang tak benar akan menyebabkan iritasi pada kulit
  • Paparan sinar matahari atau bahan kimia yang digunakan bisa membuat kulit di sekitar kemaluan kamu dapat teriritasi.

 

Baca juga : Penyakit Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata) : Gejala, Bahaya, Komplikasi, Dan Pengobatan

Cara mengobati bisul kemaluan

Sebagian besar bisul di kelamin biasanya bersifat ringan dan tak memerlukan perwatan medis yang khusus. Bisula akan menghilang dengan sendirinya dalam hitungan hari atau minggu.

Namun, untuk mempercepat penyembuhannya, kamu dapat lakukan beberapa metode ini, antara lain:

Menjaga kebersihan tubuh

Bisul di kelamin bisa sembuh dengan cepat bila di area kulit kamu terjaga dengan kebersihannya. Maka dari itu, kamu perlu rutin menjaga kebersihannya, terutama di area kemaluan dengan mandi setidaknya 2 kali sehari. Pada saat mandi, pakailah sabun yang berbahan kimia lembut supaya tak sebabkan iritasi kulit yang memicu timbulnya bisul.

Hindari memencet atau menyentuk bisul

Saat timbulnya bisul di kelamin, usahakan kamu jangan sering menyentuh apalagi memecahkan bisul tersebut. tindakan ini akan membuat kulit kamu dapat terluka dan berisiko membuat infeksi semakin parah.

Jika bisul cukup besar dan terasa amat mengganggu, lebih baik kamu segera periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikan kompres air hangan ke bisul

Kamu bisa membantu meringankan gejalanya dan mempercepat penyembuhan dengan cara mengkompreskan bisul dengan air hangat. Metode ini sangat berguna untuk kurangi rasa sakit dan menarik nanah ke permukaan. Setelah itu, bisanya bisul akan pecah dengan sendiri.

Bila bisul di kelamin atau bagian tubuh lainnya tak kunjung menghilang atau semakin parah, kamu lebih baik periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih cepat. Untuk mengobati bisul yang parah, dokter akan memberikan penanganan seperti:

Pemberiaan obat-obatan

Buat atasi bisul yang meradang serta besar, dokter akan meresepkan obat antibiotic, baik dalam bentuk obat minum( oral) ataupun obat oles( topical), seperti krim, salep, atau gel.

Umumnya, obat oles tersebut dapat dioleskan setelah kamu mandi dan mengeringkan tubuh. Dokter akan menyarankan kamu untuk mengoleskan salep atau krim tersebut pada bisul di kelamin sebanyak 2 atau 3 kali sehari dalam beberapa hari. Untuk meredakan gejala nyeri karena bisul, dokter akan meresepkan obat pereda nyeri atau sakit.

Insisi dan drainase

Bila pengobatin di rumah kamu rasa tidak efektif atau justru bisul di kelamin kamu semakin parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter supaya kamu lakukan pemeriksaan dan menentukan penanganan bisul di kelamin yang tepat.

Salah satu tindakan yang mungkin dilakukan dokter ialah insisi dan drainase. Tindakan insisi dan drainase bisa dilakukan untuk atasi bisul yang di sertai dengan abses.

Dokter akan membuat tahapan medis dengan metode membuat sayatan kecil dan bisul, maka cairan dari bisul dan darah dalam bisul akan disedotkan dengan jarum suntik. Sehabis itu, dokter akan menutup luka yang diserahkan obat- obatan seperti antibiotic biar bisul cepat mengering.

Meskipun tergolong ringa, kamu harus berhatihati atau wapada jika bisul di kelamin yang disertai dengan gejala seperti demam dan mengigil, pembengkakan pada kelenjar getah bening, rasa sakit yang tak tertahan atau munculnya bisul lain.

Kamu jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter kulit dan kelamin agar kamu mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Pengobatan bisul di kelamin

Setelah membaca ulasan yang sudah dijelaskan diatas, jika kamu alami bisul di kelamin kamu harus hati-hati dan segeralah periksa ke dokter kulit dan kelamin. Kamu dapat mendatangi Klinik Pandawa yang tepat di Jakarta Pusat untuk atasi bisul di kelamin.

Bisul di kelamin ini jangan kamu biarkan begitu saja karena akan membahaya kondisi kesehatan kamu. Sebelum kamu mendatangi Klinik Pandawa kamu dapat lakukan reservasi terlebih dahulu. Pengobatan di Klinik Kami sangat cepat untuk penyembuhannya.

Kamu dapat menghubungi kami ke nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337/ Whatsapp / SMS/ telp atau bisa mengklinik Konsultasi Online Gratis. Kami dengan senang hati melayani Anda. Tentunya kami akan menjaga privasi kamu.