Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Infeksi HIV Penyakit Menular Seksual yang Mematikan, Jangan Sepelekan!

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Jangan Sepelekan! Infeksi HIV Penyakit Menular Seksual yang Mematikan

berapa lama masa infeksi HIV

Sahabat Pandawa, bagaimana kabarnya hari ini? Jangan lupa selalu pakai masker dan menjaga imunnya. Membicarakan tentang kesehatan pastinya tidak hanya dari dalam luar saja, sahabat pandawa harus juga menjaganya diri dari dalam, ya. Kali ini kita akan membahas tentang infeksi HIV yang sangat mematikan bagi siapa jaga yang terkena penyakit tersebut.

Penyakit infeksi HIV ini salah satu virus yang dapat menyerang sistem kekebalan HIV ( Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang merusak sistem dalam tubuh dengan menginfeksi serta menghancurkan sel CD4. Semakin banyak sel yang sudah hancur, kekebalan tubuh akan semakin lemah sehingga sangat rentag terjangkit penyakit lainnya.

Apabila, penyakit ini tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat dapat sangat mematikan, karena dapat berlanjut ke AIDS ( Acquired Immune Deficiency Syndrome ). Virus IDS ini adalah stadium terakhir dari infeksi virus HIV. Ditahap ini imun tubuh tidak dapat menahan virus lainnya. Karena itu, pengetahuan tentang infeksi ini perlu diketahui. Apa saja infeksi yang sering ditemukan pada pasien infeksi HIV/AIDS? Berapa lama masa infeksi HIV akan berkembang? Yuk, simak lebih dalam lagi tentang infeksi HIV.

Mengenal Infeksi HIV

Sering dikira sebagian satu kesatuan, HIV dan AIDS adalah dua masalah yang berbeda. Meskipun begitu, keduanya memang saling berhubungan. Sederhananya, HIV adalah kondisi yang biasanya disebakan oleh penyakit AIDS dan penyakit menular seksual. Maka dari itu, infeksi HIV sendiri adalah singkatan dari virus yang bernama Human Immunodeficiency Virus. HIV secara spesifik menyerang dan menghancurkan sel CD4 yang menjadi bagian paling penting dari sistem imun pada tubuh manusia untum melawan virus tersebut.

Menghilangnya sel CD4 akan melemahkan fungsi dalam sistem imun sehingga sangat drastis. Akibatnya, akan terjangkit infeksi HIV yang membuat tubuh Sahabat Pandawa mengalami berbagai penyakit infeksi lainnya dari bakteri, virus, jamur, parasite, bahkan pathogen merugikan lainnya. Tubuh Anda tidak bisa menyingkirkan keberadaan berapa lama infeksi HIV aka nada di dalam tubuh. Jadi, jika Anda terinfeksi Human Immunodeficiency Virus, Anda akan memilikinya seumur hidup jika tidak ditangani segera dan dapat menular ke pasangan kalian, bahkan penyakit ini akan memakan nyawa.

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) ialah suatu kumpulan gejala yang muncul ketika stadium infeksi HIV sudah sangat parah. Biasanya kondisi ini ditandai dengan munculnya penyakit kronis lainnya, seperti kanker dan berbagai infeksi oprtunis yang muncul seiring dengan lemahnya sistem kekebalan pada imun tubuh kita.

Gejala atau Tanda-tandanya

Infeksi HIV biasanya tidak akan menampakkan bentuk yang jelas diawal masa terpaparnya. Kebanyakan ODHA tidak menunjukkan tanda atau gejala infeksi HIV/AIDS yang khas dalam beberapa tahun pertama terinfeksi. Apabila Anda terpapar penyakit ini, kemungkinanan intensitas yang dirasakan tidak akan begitu jelas atau ciri-ciri yang muncul kerap disalahpahami sebagai penyakit lain yang lebih umum. Anda mungkin juga sudah memiliki HIV tetapi masih terlihat sehat, bugar, bahkan tetap bisa beraktivitas seperti biasanya selayaknya orang sehat lainnya.

Lantas berapa lama Infeksi HIV ( Human Immunodeficiency Virus ) biasanya memakan waktu hingga 2 sampai 15 tahun sampai muncul gejala yang pasti. HIV tidak akan langsung merusak organ tubuh Anda. akan tetapi, virus ini akan menyerang dengan cara perlahan ke sistem imun tubuh serta melemahkan dengan cara berangsur- angsur sampai kemudian badan Anda jadi rentan diserang penyakit, paling utama peradangan.

Tanda-tanda pertama HIV biasanya mirip dengan infeksi virus lainnya, yaitu:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Letih
  • Nyeri otot
  • Menurunnya berat badan secara perlahan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di tenggorokan, ketiak, bahkan pangkal paha

Jika Human Immunodeficiency Virus dibiarkan, kondisi ini bisa berubah semakin parah menjadi AIDS. Berikut ini adalah berbagai gejala AIDS yang dapat timbul, antara lain:

  • Sariawan yang ditandai dengan adanya lapisan keputihan dan tebal pada lidah atau mulut. Sariawan ini disebabkan oleh infeksi jamur
  • Infeksi jamur vagina yang parah atau berulang
  • Penyakit radang panggul kronis
  • Infeksi parah dan sering mengalami kelelahan ekstrem yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya dan mungkin muncul bersamaan dengan sakit kepala dan atau pusing
  • Menurunnya berat badan lebih yang bukan disebabkan karena olahraga atau diet
  • Lebih mudah mengalami memar pada kulit
  • Diare yang lebih sering
  • Sering demam dan berkeringat di malam hari
  • Pembengkakan atau mengerasnya kelenjar getah bening yang terletak di tenggorokan, ketiak, atau pangkal paha

Komplikasi Yang Akan Terjadi

Apabila Anda sudah terpapar infeksi HIV sebaiknya tes HIV karena jika sudah terpapar akan mengalami konplikasi, antara lain

  • Infeksi
  • Kanker
  • Tuberculosis (TBC)
  • Sitomegalovirus
  • Candidiasis
  • Kriptokokus menginitis
  • Toksoplasmosis
  • Cryptosporidiosis

Berapa Lama Masa Infeksi HIV Disembuhkan di Klinik Pandawa

Jika Anda menunjukkan satu atau lebih gejala HIV/AIDS seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya segera di periksa. Karena jika Anda menanyakan berapa lama infeksi HIV akan sembuh dengan total itu tergantung dari penyakit yang sudah Anda alami, karena kondisi tubuh masing0masing orang berbeda. Setiap orang kana menunjukkan gejala atau tanda-tanda yang berbeda. Apabila Anda tidak menunjukkan gejala apapun, Anda masih dapat menular virus ke orang lain. Dan sebaiknya tes HIV agar dapat tahu kondisi yang sedang Anda alami.

Jika Anda ingin melakukan test infeksi HIV  dapat BERKONSULTASI ONLINE GRATIS  dengan dokter kami dan Klinik Pandawa mempunyai dokter ahli dalam bidang kulit dan kelamin serta sudah terkenal di Jakarta. Anda dapat menghubungi di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA) dan klik layanan konsultasi untuk berkonsultasi online dengan dokter kami secara gratis.

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman