Gedung Baja Tower B, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Jakarta Pusat 10730

Hubungi
+62 8211 1410 672

Senin - Sabtu : 10:00-20:00 WIB
Minggu : 12:00-20:00 WIB

Bahaya Benjolan di Testis Bisa Sebabkan Kanker, Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

Rating
5/5
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

benjolan di testis

Testis tau buah zakar ialahorgan yang paling penting untuk organ kemaluan seorang pria. Organ kemaluan ini berfuungsi untuk hasilkan hormone testosterone dan sebagai tempat perbentukan sperma atau air mani. Hal ini ada kalanya sebuah benjolan dapat timbul di salah satu testis. Jika hal ini terjadi, kamu jangan khawatir karena ada benjolan di testis. Benjolan di testis tak selalu jadi tanda-tanda munculnya kanker. Yuk, simak lebih slengkapnya di ualsan ini.

 

 Baca juga : Waspada, Testis Bengkak Dapat Membahayakan Hidupmu

 

Penyebab Munculnya Benjolan di Testis

Kebanyakan benjolan di testis akan timbul dan tak akan sebabkan akibat kanker. Benjolan testis ini lebih sering disebabkan akibat gumpalan cairan, infeksi, atau pembengkakan pada kulit serta pembuluh darah. Walaupun begitu, beberapa kasus pada benjolan ini dapat disertai dengan adanya kondisi medis yang lebih serius. Hal ini adanya gangguan yang sering menjadi penyebab timbulnya benjolan di testis.

  • Kista

Kista ialah kantung yang berisikan cairan dan bisa terasa, seperti benjolan kecil serta keras saat disentuh. Kista akan tumbuh hampir dimana saja di bagian tubuh serta sebgaian besar dapat membahayakan kesehatan. Kista ini sebagian dapat sembuh dengan sendirinya.

  • Varikokel

Varikokel ini ialah bagian kental yang diakibatkan karena pembuluh darah di testis. Hal ini sangat mirip dengan munculnya varises di bagian kaki seseorang. Belum diketahui secara pasti apa yang sebabkan vorikokel. Namun, para penelitian menduga bahwa hal ini akan terjadi pada gangguan fungsi katup vena. Vorikokel ini ialah kondisi yang sering dikaitkan dengan adanya masalah pada kesuburan seorang pria. Diperkirakan 20% pria dewasa mengalami vorikokel. Benjolan di testis biasanya berada di bagian kiri skroktum.

  • Hidrokel

Benjolan di testis ini disebabkan karena penumpukkan cairan yang berlebihan di bagian testis ataupun juga sebagai hidrokel. Hal ini sering terjadi ketika laki-laki alami infeksi atau cedera di bagian testis. Hodrokel ini tak menyakitkan dan pembengkakannya dapat terjadi di satu ataupun kedua testis.

Penyebab adanya hidrokel pada anak-anak ialah belum sempurnanya penutupan prosesus vaginal, sehingga cairan dalam rongga perut bisa masuk ke bagian buah zakar. Sedangkan, untuk orang dewasa, keadaan ini biasanya akan terjadi akibat adanya infeksi parasite seperti filariasis.

  • Torsi Testis

Torsi testis ini akan terjadi pada testis dan menjadi bengkok, umumnya akibat cedera atau kecelakaan. Hal ini paling sering terjadi pada anak laki-laki yang berumur 13 hingga 17 than, namun juga dapat menyerang laki-laki disegala umur. Torsi testis ini ialah dalam keadaan darurat bisa memerlukan tindakan dan penanganan secepat mungkin.

  • Hernia

Hernia ialah penyakit yang muncul saat bagian organ atau jaringan, seperti bagian dari usus menonjol di bagian yang tak biasa. Bagian organ ini akan timbul lewat jaringan otot atau jaringan yang ada disekitarnya yang lemah sampai timbul benjolan atau benjolan.

  • Kutil Kelamin

Kutil kelamin ciri-cirinya muncul benjolan seperti daging yang berukuran kecil, seperti kembang kol. Umumnya kutil kelamin timbul di skrokum, area batang atau ujung penis, dan anus. Penyakit ini tidak terlalu bahaya sekali untuk kesehatan karena biasanya tak sebabkan rasa sakit. Tetapi, jangan sesekali kamu berusaha hilangkan kutil kelamin sendiri, karena akan mengakibatkan infeksi, lebih baik kamu menghilangkan kutil kelamin dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

  • Kanker Testis

Kanker testis biasanya akan berkembang di testis laki-laki. Bebera benjolan di testis bianya akan menunjukkan perkembangan kanker testis. Tetapi, hanya dokter yang dapat mengetahui kalau kamu mengidap penyakit kanker testis. Kanker testis ialah jenis kanker yang hampir dibilang tidak terlalu populer, penyakit ini biasanya akan terjadi pada anak remaja atau orang yang berusia 30 tahun.

 

Lantas, Bagaimana Cara Mengobati Benjolan Di Testis?

Mengobati untuk benjolan di testis dan pembengkakan akan bergantung pada penyebabnya yang paling utama apa. Karena, beberapa benjolan di testis atau pembengkakannya akan membaik seiring berjalannya waktu asalkan tak timbulkan keluhan yang serius dan bukan menandai ada kanker.

Namun, hal ini bila kamu mengalami keluhannya bekelanjutan dan tak kunjung sembuh, segera kamu berobat dan konsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk ditindak lanjuti, agar mengetahui penyebab benjolan di testis yang kamu alami. Dokter akan lakukan tes pemeriksaan fisik dnegan lakukan pengamayan di bagian testis kamu dengan melihat dan meraba sebesar apa dan posisi pembengkakan dimana.

Sebagian besar benjolan di testis bisa langsung diketahui saat lakukan pemeriksaan, tetapi sebagian besar ada yang tak bisa langsung didiagnosa. Karena dokter akan banyak melakukan tes terlebih dahulu sebelum memastikan diagnosisnya melalui tes darah, tes ultrasound, CT Scan, biopsi, dan lain-lain.

Ada baiknya kamu lakukan pemeriksaan secara rutin melalui kedua testis kamu secara mandiri, setidaknya kamu memeriksa sebulan sekali. Selain itu, kamu jangan lupa menjaga kebersihan serta kesehatan kelamin, caranya dengan mengganti pakaian dalam dan menggunakan pakaian dalam berbahan lembut serta tidak terlalu ketat.

 

Pengobatan Benjolan di Testis

Setelah kamu membaca ulasan diatas selengkap-lengkapnya. Pastinya kamu sudah mempunyai renca untuk melakukan pengobatan. Jika kamu mengalami hal tersebut, dan benjolan di testis kamu tak kunjung sebuh, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Doketr pastinya akan melakukan pemeriksaan terlebih dalahu melalui laboratorium dan penegcekan yang lainnya sebelum memastikan diagnose apa yang sedang kamu alami. Karena, penyakit ini jika tak segera ditangani akan mengakibatkan kesehatan untuk tubuh kamu.kamu masih bingung ingin mengobatinnya kemana? Kamu dapat melakukan pemeriksaan terlebih dahulu di Klinik Pndawa.

Sebelum kamu melakukan pemeriksaan, sebaiknya kamu bisa berkonsultasi online secara gratis dengan dokter kami. Kamu bisa langsung menghubungi klinik kami melalui nomor 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA). Kami akan sangat menjaga kerahasiaan kamu untuk melakukan pengobatan di Klinik Pandawa.