Banyak cara yang dapat dipilih untuk melaksanakan sunat. Namun pada umumnya yang banyak digunakan oleh masyakat adalah sunat laser dan sunat biasa. Apa perbedaan sunat laser dan sunat biasa? Bagaimana keuntungan dan kelemahan proses sunat laser dan biasa? Sunat, Sirkumsisi, atau Khitan merupakan pengangkatan kulit yang menutupi ujung penis. Di Indonesia sunat ini adalah hal yang umum. Untuk pria muslim, sunat merupakan hal yang wajib dilakukan. Laki-laki dewasa umumnya ditandai ketika sudah sunat. Untuk beberapa orang di Indonesia, sunat bisa dikatakan sebagai ritual agama, tradisi, kebersihan pribadi atau perawatan kesehatan. Sunat merupakan salah satu prosedur bedah tertua di dunia.

Secara medis sunat adalah suatu tindakan pembedahan membuang prepusium penis untuk tujuan tertentu, baik tujuan medis, sosial, maupun agama. Manfaat yang diperoleh dengan membuang sebagian kulit di ujung alat vital laki-laki ini. Selain untuk menjaga kebersihan, secara medis tindakan ini meminimalisir kemungkinan anak terserang penyakit-penyakit berbahaya akibat kotoran yang menumpuk di ujung penis.

1. Sunat Laser

Sunat laser merupakan istilah yang lazim digunakan untuk menyebutkan jenis sunat yang menggunakan gelombang elektromagnatik yang diamplikasi sebagai alat potong. Karena harga alat laser asli sangat mahal, maka sunat laser dilakukan dengan cara berikut :

  • Bius lokal
  • kulit akan dijepit dan ditarik pada jam 12 dan jam 6 menggunakan klem kecil,
  • kelebihan kulit dijepit melintang menggunakan klem besar
  • dipotong dengan kawat panas.

Keuntungan Sunat Laser :

  • Proses lebih cepat
  • Pendarahan tidak banyak
  • Kadang tidak perlu dijahit

Kelemahan Sunat Laser :

  • Risiko penis terjepit dan glands terpotong tinggi
  • Hasil lebih sulit diprediksi
  • Menimbulkan luka bakar yang menyebabkan pembengkakkan
  • Terasa panas di area yang terpotong.

Lalu bagaimana dengan sunat biasa?

2. Sunat biasa

Hingga saat ini sunat biasa masih menjadi pilihan kebanyakan orangtua untuk mengkhitan anaknya. Sunat ini melalui proses sebagai berikut :

  • Pembiusan lokal
  • Pemotongan menggunakan pisau/gunting bedah oleh tenaga medis yang professional
  • Menggunakan benang jahit yang bisa menyatu dengan jaringan untuk menghentikan pendarahan yang timbul.

Keuntungan sunat biasa :

  1. Kemungkinan terpotongnya glandspenis sangat rendah.
  2. Tindakan medis yang dilakukan sangat akurat sehingga hasilnya relatif paling baik
  3. Semua dokter dapat melakukan tindakan ini.

Kelemahan sunat biasa :

  1. Menimbulkan pendarahan yang lebih banyak
  2. Proses sunat yang berlangsung relatif lama
  3. Proses penyembuhan pasca sunat lebih lama

Dalam proses penyembuhannya, seorang pasien yang telah melakukan khitan perlu menunggu sampai sekitar 1 minggu agar luka benar-benar kering dan bisa membuatnya beraktivitas seperti sedia kala. Namun, pada perkembangan terbaru beberapa orang membuat celana khitan yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan dalam bergerak saat proses penyembuhan terjadi.

BACA JUGA

Celana khitan memang masih belum diketahui banyak orang pada umumnya. Celana yang di desain khusus untuk pasien yang baru saja melakukan khitan ini cukup mudah digunakan. Dengan rangkaian ukuran dari terkecil yaitu celana untuk bayi, sampai yang terbesar berukuran XXL. Celana khitan memiliki ukuran bayi dikarenakan modern ini khitan tak hanya dilakukan setelah usia anak-anak saja. Banyak dokter menyarankan si kecil melakukan khitan saat masih bayi bahkan setelah dilahirkan. Maka dari itulah, ukuran dari celananya pun juga menyesuaikan. Desain Celana khitan sendiri cukup unik dimana bagian depan celana memiliki ruang yang berongga sehingga udara tetap dapat masuk dan luka menjadi cepat kering. Ruang tersebut terbuat dari spons halus yang aman untuk digunakan. Karena bentuknya celana, pengguna pun akan lebih mudah untuk bergerak bahkan setelah melakukan khitan.