Chancroid atau biasa dikenal dalam dunia medis dengan sebutan Ulkus Mole adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh Gram-negatif streptobacillus Haemophilus ducreyi. Bakteri Haemophillus ducrey jenis ini menyebabkan penyakit kelamin wanita yang dikenal dengan nama chancroid atau Ulkus Mole. Infeksi bakteri penyebab chancroid ini hanya terjadi melalui kontak seksual. Chancroid merupakan penyakit menular seksual yang sering ditemukan di dalam dunia medis, namun masih kurang dikenal masyarakat. Mengetahui penyebaran atau penyebab hingga gejala penyakit ini merupakan langkah awal sebagai salah satu bentuk pencegahan chancroid atau ulkus mole itu sendiri.

Gejala Penyakit Ulkus Mole akan muncul dalam rentang waktu 1 hari sampai 2 minggu setelah terkena infeksi oleh bakteri Haemophilus Ducreyi. Gejala Penyakit Ulkus Mole yang muncul pada penyakit kelamin wanita ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil pada alat kelamin. Serta benjolan akan berubah menjadi ulkus atau luka dalam 1 hari kemunculannya. Ulkus Mole dapat dikenali jika :

  • Berukuran sekitar 1/8 sampai 2 inci.
  • Lunak dan menyakitkan.
  • Dasarnya tertutup oleh luka berwarna abu-abu atau kekuningan.

Pada penderita wanita, Ulkus Mole atau luka ini biasanya muncul dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan pria, yakni 4 atau lebih ulkus.

BACA JUGA

Gejala pada laki-laki

Pada laki-laki biasanya hanya muncul satu bintil kecil berwarna kemerahan di area Mr P. Dan juga Bintilnya bisa muncul di mana saja misalnya di pangkal Mr P, batang Mr P, kulit kulup (bagi pria yang tidak disunat), atau di buah zakar. Kemudian bintil ini akan jadi luka terbuka yang mengeluarkan cairan atau berdarah.

Gejala pada perempuan

Bila pada laki-laki hanya muncul satu bintil, perempuan mungkin akan melihat kira-kira empat bintil atau lebih. Letaknya bermacam-macam, bisa di bibir V (labia), dubur, bahkan di area selangkangan dan paha bagian dalam.

Bila merasakan gejala yang mencurigakan, segeralah periksakan ke dokter Klinik Pandawa yang ahli dan berpengalaman di bidangnya. Langkah ini akan memberikan diagnosis yang tepat agar pengobatan yang saksama bisa dilakukan. Konsultasi Online gratis di Telp/WA : 0813 9812 6569 | Hotline : 021-62313337