Pengobatan Penyakit Difteri

Pengobatan Penyakit Difteri

Sharing is caring!

Klinik pengobatan penyakit difteri adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Gejalanya yang khas yaitu berupa sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan di tenggorokan. Dalam kasus yang parah, infeksi bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti jantung dan sistem saraf. Beberapa pasien juga mengalami infeksi kulit. Bakteri penyebab penyakit ini menghasilkan racun yang berbahaya jika menyebar ke bagian tubuh lain. Infeksi Difteri dapat menular kepada orang disekitar penderita, yaitu melalui droplet atau air liur yang disebarkan oleh udara ataupun benda-benda lain yang telah terkontaminasi. Infeksi difteri dapat menjangkit pada segala usia. Bakteri difteri dapat menyerang jaringan apa saja pada tubuh, terutama pada saluran pernafasan, mulut dan tenggorokan.

Tanda Dan Gejala Umum Difteri

1. Selaput tebal berwarna putih keabu-abuan pada tenggorokan. 2. Disertai peradangan pada tenggorokan 3. Pembengkakan kelenjar pada leher 4. Masalah pernapasan (sesak dan batuk) 5. Mengeluarkan lender dari mulut dan hidung 6. Demam dan menggigil 7. Tanda-tanda syok, seperti kulit pucat keringat dingin, jantung berdebar.

Pertolongan Pertama Saat Anda Mengalami Gejala Diatas

1. Istirahat total bisa sampai selama beberapa minggu atau sampai pulih. 2. Hubungi klinik kesehatan terdekat dan pastinya mempunyai peralatan medis yang lengkap. 3. Ruang isolasi, guna menghindari penyebaran penyakit pada orang lain.

Karena disebabkan oleh bakteri, maka pengobatan difteri adalah dengan menggunakan antibiotik. Yang disarankan adalah golongan penisilin dan makrolid. Apabila terjadi obstruksi atau penyumbatan jalan nafas, maka secepatnya diperlukan tindakan trakeostomi, yaitu membuat jalan nafas buatan atau melubangi dan memasang pipa kecil di tenggorokan.

Pencegahan Difteri adalah dengan pemberian vaksin difteri. vaksin difteri biasanya diberikan lewat imunisasi DPT (Difteri, Tetanus, Pertusis), sebanyak lima kali semenjak bayi berusia 2 bulan. Setelah itu berturut-turut pada usia 3 bulan, 4 bulan, 18 bulan, dan usia 4-6 tahun. Untuk usia di atas 7 tahun dan dewasa, digunakan vaksinasi Td. Vaksin Td akan melindungi terhadap tetanus dan difteri dan harus diulang setiap 10 tahun sekali.

Pengobatan Penyakit Difteri

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit difteri. Jika Anda mempunyai keluhan seperti gejala difteri yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di nomor 021-62313337 atau 081386357864 untuk melakukan konsultasi, pengobatan, ataupun pelayanan medis HomeCare. Kunjungi kami : Gd Baja lt GF2 Tower B  Jl.Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*