Kutu Pada Kelamin

kutu pada kelamin

Sharing is caring!

Kutu Pada Kelamin adalah serangga yang sangat kecil yang menempati area genital anda. Ada tiga jenis kutu yang menyerang manusia:

  • Pedikulus humanus capitis: kutu kepala
  • Pediculus humanus corporis: kutu tubuh
  • Phthirus pubis: kutu kemaluan

Kutu makan pada darah manusia dan menyebabkan gatal hebat di daerah yang terkena. Kutu kemaluan biasanya hidup di rambut kemaluan dan menyebar melalui kontak seksual. Dalam kasus yang jarang terjadi, mereka dapat ditemukan di bulu mata, rambut ketiak, dan rambut wajah. Kutu kemaluan sering lebih kecil dari kutu tubuh dan kepala. Infestasi kutu kemih lebih sering terjadi pada orang yang memiliki infeksi menular seksual.

Orang dengan kutu kemaluan sering mengalami gatal di daerah genital atau anus sekitar lima hari setelah infestasi awal. Pada malam hari, rasa gatal akan menjadi lebih intens.

Gejala umum lainnya dari kutu kemaluan meliputi :

  • Demam ringan
  • sifat lekas marah
  • kekurangan energi
  • Bintik kebiruan yang pucat di dekat gigitan

Rasa gatal yang berlebihan dapat menyebabkan luka atau infeksi di daerah yang terkena. Anak-anak dengan infestasi kutu pada bulu mata mereka juga berisiko terkena konjungtivitis (mata merah muda).

Mendiagnosa Kutu Pada Kelamin

Anda biasanya dapat mendiagnosis diri Anda dengan benar-benar memeriksa area kemaluan Anda. Anda bisa menggunakan kaca pembesar untuk mencari kutu kemaluan jika Anda mencurigai adanya infestasi namun tidak dapat melihat cukup baik untuk memastikannya.

Kutu biasanya berwarna abu-abu pucat, tapi warnanya bisa gelap setelah minum darah Anda. Anda mungkin dipenuhi kutu jika Anda melihat serangga kecil berbentuk kepiting yang bergerak di rambut kemaluan Anda.

Telur kutu merupakan indikator kutu lainnya. Telurnya mungil dan putih, dan biasanya ditemukan di sekitar akar rambut kemaluan atau bulu tubuh lainnya.

Hubungi dokter Anda jika Anda menunjukkan tanda-tanda infestasi kutu kemaluan tetapi tidak sepenuhnya yakin bahwa Anda memilikinya.

Cara Mencegah Kutu Pada Kelamin :

Untuk mencegah kutu kutu pubis, Anda harus menghindari berbagi pakaian, selimut, atau handuk dengan siapa saja yang memiliki kutu kemaluan. Kontak seksual juga harus dihindari sampai pengobatan selesai dan berhasil.

Begitu Anda didiagnosis dengan kutu pubis, Anda harus memberi tahu semua pasangan seksual saat ini dan yang lalu sehingga mereka dapat diobati dengan baik.

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357864. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*