Cara Menghilangkan Tahi Lalat

cara menghilangkan tahi lalat

Sharing is caring!

Cara Menghilangkan Tahi lalat – bintik kecil berwarna cokelat atau agak kehitaman di atas permukaan kulit yang terbentuk dari pengelompokan sel-sel penghasil zat warna kulit bernama melanosit. Melanosit adalah sel-sel di epidermis yang memproduksi/berisi melanin yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan. Selain berwarna cokelat atau agak gelap, warna tahi lalat juga ada yang sama persis dengan warna kulit. Bentuknya ada yang bulat, oval, menonjol, atau datar. Tekstur permukaan tahi lalat juga bervariasi, ada yang halus atau kasar, bahkan beberapa di antaranya ada yang ditumbuhi oleh bulu.

Penyebab Tahi Lalat

Tahi lalat disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangan yang abnormal dari sel-sel pigmen di bawah kulit yang lebih dalam. Tiap orang pasti mempunyai tahi lalat. Jumlahnya bervariasi antara 10 sampai 40, meskipun ada juga yang sampai mempunyai 100-an tahi lalat. Kebanyakan tahi lalat muncul dari bayi lahir hingga usia 20 tahun, tetapi ada juga yang muncul selama proses perkembangan janin. Orang yang sering berjemur di bawah terik Matahari mempunyai lebih banyak tahi lalat. Dalam perkembangannya tahi lalat ini mula-mula agak berwarna gelap, kemudian membesar, dan mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk oval, ada yang bulat, ada yang ditumbuhi rambut, ada yang polos, ada yang berwarna cokelat, hitam, dan merah muda. Ada tahi lalat yang berbahaya, ada juga yang tidak. Jika tahi lalat Anda terasa gatal atau sakit, atau terus membesar atau berdarah, sebaiknya periksakan ke dokter, sebab ada kemungkinan tahi lalat ini berkembang menjadi kanker kulit dan sangat berbahaya.

Perbedaan Tahi Lalat Dan Kangker Kulit

Tahi lalat normal

Tahi lalat tanda lahir normal biasanya berwarna merata nuansa kecokelatan, biru-keabuan seperti tanda lahir pada bayi,  noda kemerahan,  keunguan,  hitam legam. Orang-orang berkulit atau rambut gelap cenderung memiliki tahi lalat yang berwarna lebih gelap dari mereka yang berkulit putih atau rambut pirang. Tahi lalat dapat menyatu rata dengan kulit atau timbul terangkat, bahkan bisa disertai pertumbuhan rambut. Bentuknya bisa bulat sempurna atau oval. Tanda lahir normal umumnya berdiameter kurang dari 6 milimeter. Beberapa tahi lalat mungkin menggelap, bertambah,  atau memudar sebagai respon terhadap hormon. Pada saat Anda mencapai usia dewasa, Anda mungkin memiliki 10 buah atau lebih tanda lahir pada tubuh Anda. Tahi lalat yang baru muncul di kemudian hari harus diperiksa langsung oleh dokter untuk bisa mengecek kemungkinan adanya kangkr kulit atau tahi lalat biasa.

Tahi lalat berbahaya

Tanda peringatan yang paling penting dari melanoma adalah tahi lalat yang baru muncul pada kulit (pasca remaja awal). Melanoma, salah satu bentuk kanker kulit paling mematikan, mungkin berawal sebagai tahi lalat datar dan lama kelamaan membesar. Pada kasus yang jarang, kondisi kulit itu mungkin tidak berpigmen.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah

  • Gunakan pelindung seperti tabir surya, payung, topi  jika anda ingin keluar rumah.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
  • Minum air putih 2-3 liter/hari.
  • Jagalah kebersihan dan kesehatan kulit.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Kami mempunyai cara menghilangkan tahi lalat dan merasa kurang percaya diri karenanya maka,  kunjungilah kami Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, operasi – perbaikan selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357864. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B  jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*