Bercak Darah Pada Sperma

bercak darah pada sperma

Sharing is caring!

Bercak darah pada sperma (hematospermia) bisa menakutkan, namun penyebab kondisi ini jarang jinak. Biasanya, darah dalam air mani hilang dengan sendirinya. Sperma dan cairan yang dilepaskan oleh prostat dan kelenjar lainnya. Cairan, juga disebut ejakulasi, bergabung dengan sperma saat mereka melewati serangkaian tabung ke uretra untuk ejakulasi. Sejumlah hal dapat mematahkan pembuluh darah sepanjang rute ini atau sepanjang jalur kemih ke uretra. Rusaknya pembuluh darah kemudian bocor ke air mani, urin atau keduanya.

Dokter akan menanyakan apakah Anda pernah menjalani operasi prostat atau biopsi prostat baru-baru ini, karena prosedur ini dapat menyebabkan darah dalam air mani selama beberapa minggu sesudahnya. Paling sering, tidak ada penyebab yang bisa ditemukan untuk darah dalam air mani. Dalam beberapa kasus, terutama di kalangan pria di bawah usia 40 tahun, infeksi adalah penyebab yang mungkin terjadi. Infeksi biasanya disertai tanda dan gejala lain, seperti buang air kecil yang menyakitkan.

Bagi pria berusia 40 dan lebih tua, atau jika bercak darah pada sperma sangat parah atau berulang, dalam kasus yang jarang terjadi ini mungkin merupakan tanda peringatan untuk kondisi seperti kanker. Akibatnya, evaluasi yang lebih hati-hati mungkin diperlukan. Tapi risikonya rendah. Dalam sebuah studi lanjutan dari 200 pria, kebanyakan berusia di atas 40 tahun, yang biasanya memiliki banyak episode darah di air mani mereka, kanker prostat berkembang hanya dalam 4 persen.

Kemungkinan penyebab darah dalam air mani:

  1. Brachytherapy.
  2. Chlamydia trachomatis.
  3. Epididimitis.
  4. Aktivitas seksual yang berlebihan atau masturbasi.
  5. Radiasi sinar eksternal untuk kanker prostat.
  6. Bulu kemaluan.
  7. Lupa (ditahan) tampon.
  8. Hemofilia.
  9. Seks terganggu.
  10. Orchitis.
  11. Penderitaan seksual berkepanjangan.
  12. Biopsi prostat.
  13. Kanker prostat.
  14. Prostatitis.
  15. Trauma testis.
  16. Vasektomi.

Penyebab Langka Darah Dalam Air Mani:

  1. Amyloidosis.
  2. Pertumbuhan jinak (kista, polip) di kandung kemih, uretra atau prostat.
  3. Schistosomiasis.
  4. Kanker testis.
  5. Tuberkulosis.
  6. Efek samping warfarin.

Jika Anda berusia di bawah 40 tahun dan melihat darah dalam air mani, Anda mungkin tidak perlu menemui dokter asalkan:

  • Tidak memiliki gejala lain
  • Anda pernah menjalani pemeriksaan prostat atau vasektomi baru-baru ini, yang bisa menjelaskan perdarahan jangka pendek
  • Tidak banyak darah di air mani dan jarang terjadi, lalu hilang

Kunjungi Klinik Kami Jika :

  • Kamu berumur 40 tahun atau lebih
  • Darah dalam air mani tetap bertahan lebih lama dari tiga sampai empat minggu
  • Keluar darah berulang kali berulang
  • Memiliki tanda dan gejala lain, seperti buang air kecil yang menyakitkan
  • Anda memiliki faktor risiko lain, seperti riwayat kanker, gangguan perdarahan atau malformasi sistem kelamin atau kemih, atau Anda baru saja terlibat dalam perilaku yang membuat Anda berisiko terinfeksi HIV.

Pengobatan Jika Ada Bercak Darah Pada Sperma

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357864. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*