Benjolan Pada Vagina Wanita

benjolan pada vagina wanita

Sharing is caring!

Benjolan Pada Vagina Wanita –  ditemukan di area vulva. Jangan panik dulu, karna ada beberapa penyebab benjolan pada vagina wanita tersebut dan sebagian besar tidak menular, tidak mengancam kehidupan, dan buka PMS ( penyakit menular seksual ).

Kista Bartholin

Kista pada vagina umumnya dapat terbentuk dari penumpukan lendir  akibat tersumbatnya kelenjar Bartholin yang berfungsi untuk melumasi dinding vagina. Kista Bartholin muncul berupa benjolan kecil berisi cairan yang terletak pada bibir vagina. Kondisi yang dapat berupa benjolan di kemaluan wanita sebelah kiri ini umumnya tidak terasa sakit dan tidak keras, serta hanya dapat dideteksi pada pemeriksaan serviks rutin jika tidak bergejala.

Namun, benjolan ini dapat terasa sakit jika membesar, terutama saat duduk, berjalan, apalagi saat berhubungan seksual. Dalam ukuran besar, benjolan di kemaluan wanita sebelah kiri dapat menyebabkan bibir kiri vagina (labia majora) membengkak, hingga lebih besar dari sisi kanan.  Kista yang terinfeksi kemudian akan membengkak, kemerahan, terasa panas dan nyeri, serta benjolan berisi kumpulan nanah. Penderitanya juga dapat mengalami demam tinggi.

Sekilas tentang benjolan pada vagina wanita

Berikut ini adalah beberapa hal yang diduga dapat menyebabkan tumbuhnya benjolan di vagina :

  • Kista Vagina. Biasanya kista ini tidak menimbulkan rasa nyeri. Penyebab tumbuhnya kista ini adalah cedera pada dinding vagina ketika melahirkan ataupun karena tindakan operasi.
  • Kista bartholin. Jenis kista ini umum diderita pada masa produktif. Pada wanita terdapat kelenjar bartholin yang bermuara pada kedua sisi vagina. Saluran kelenjar ini sangat rentan terkena penyumbatan oleh infeksi terutama gonore, sehingga cairan dan nanah berkumpul membentuk suatu kantung yang menyebabkan benjolan pada bibir vagina.
  • Tumor jinak pada vagina, bisa berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina. Tumor ini biasanya berukuran kecil.
  • Lipoma. Merupakan sejenis tumor yang terdiri dari jaringan lemak. Lipoma biasanya tidak berbahaya.
  • Kutil kelamin Atau Kondiloma. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bintil bintil kecil pada vagina seperti kutil. Penyakit ini disebabkan karena virus Papiloma dan ditularkan melalui hubungan seksual.

Pengobatan Benjolan Pada Vagina Wanita

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357864. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*