Selaput dara adalah jaringan tipis dan berdaging yang terletak pada pembukaan vagina Anda. Ada banyak kebingungan tentang hymens di luar sana. Banyak orang berpikir selaput dara benar-benar menutupi pembukaan vagina Anda sampai terbentang terbuka, tapi itu tidak biasanya terjadi. Sebagian besar waktu, hymens secara alami memiliki lubang yang cukup besar untuk periode darah keluar dan bagi Anda untuk menggunakan tampon dengan nyaman. Beberapa orang dilahirkan dengan jaringan selaput dara yang sangat kecil sehingga sepertinya mereka sama sekali tidak memiliki selaput dara. Dalam kasus yang jarang terjadi, orang memiliki hymens yang menutupi seluruh lubang vagina, atau lubang di selaput daranya sangat kecil – mereka mungkin perlu menemui dokter untuk prosedur minor untuk mengangkat jaringan ekstra. Sama seperti bagian tubuh lainnya, hymens sedikit berbeda untuk semua orang. Selaput dara Anda bisa diregangkan saat pertama kali melakukan hubungan seks vagina, yang bisa menyebabkan rasa sakit atau pendarahan. Tapi ini tidak terjadi pada semua orang. Dan ada cara lain agar selaput dara terbentang terbuka: mengendarai sepeda, berolahraga, atau meletakkan sesuatu di vagina Anda (seperti tampon, jari, atau mainan seks). Begitu selaput dara Anda terbentang terbuka, tidak bisa kembali dengan sendirinya.

Apakah memiliki selaput dara berarti Anda masih perawan?

Beberapa orang percaya bahwa Anda bukan perawan jika selaput dara Anda terbentang terbuka. Tapi memiliki selaput dara dan menjadi perawan bukanlah hal yang sama. Beberapa orang terlahir dengan hymens yang secara alami terbuka. Dan banyak kegiatan lain selain seks bisa meregangkan selaput dara Anda. Jadi Anda tidak bisa mengatakan apakah seseorang telah melakukan hubungan seks dengan cara selaput dara mereka terlihat atau terasa.

Berapa usia rata-rata orang kehilangan keperawanan mereka?

Usia rata-rata saat orang melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya adalah 17. Terkadang hal itu mungkin tampak seperti semua orang di sekolah Anda melakukannya, tapi itu biasanya tidak benar. Hanya sekitar setengah dari siswa SMA yang pernah melakukan hubungan seks vaginal. Dan kebanyakan remaja yang pernah berhubungan seks tidak sering melakukannya. Memutuskan untuk melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya adalah keputusan besar yang sangat personal. Orang-orang memikirkan banyak hal yang berbeda: keyakinan agama, spiritual, dan moral; keluarga dan nilai-nilai pribadi; keinginan; cinta; dan / atau hubungan. Apapun alasan Anda, penting untuk menunggu sampai Anda yakin Anda siap untuk melakukan hubungan seks. Banyak remaja yang pernah berhubungan seks mengatakan bahwa mereka berharap mereka telah menunggu. Jika Anda sudah mulai berhubungan seks dan ingin berhenti, itu benar-benar oke – hanya karena Anda pernah berhubungan seks sebelumnya tidak berarti Anda harus melakukannya lagi. Orang bisa berpantang (tidak berhubungan seks) kapanpun, untuk alasan apapun. Dan beberapa orang memilih untuk tidak pernah berhubungan seks – itu juga baik-baik saja. Cobalah untuk tidak terlalu khawatir tentang apa yang orang lain lakukan. Bila Anda kehilangan keperawanan Anda tidak sebesar kesepakatan seperti memastikan Anda dan pasangan Anda siap untuk melakukan hubungan seks. Jika Anda berhubungan seks hanya untuk menyesuaikan diri, mungkin ini tidak akan menjadi pengalaman yang sangat bagus. Lebih baik menunggu untuk berhubungan seks sampai Anda benar-benar siap – dan siap menghadapi beberapa kemungkinan konsekuensi seks (seperti kehamilan atau PMS).

Apa itu keperawanan?

Perawan adalah seseorang yang tidak pernah berhubungan seks. Tapi orang mendefinisikan “seks” dan “kehilangan keperawanan” dengan berbagai cara.

Apa artinya perawan?

Perawan adalah seseorang yang tidak pernah berhubungan seks. Itu karena seks berarti hal yang berbeda untuk orang yang berbeda, jadi keperawanan bisa juga berarti hal yang berbeda pula. Banyak orang berpikir bahwa melakukan hubungan memasukkan penis ke vagina untuk pertama kalinya adalah bagaimana Anda kehilangan keperawanan Anda. Beberapa orang belum memiliki seks dengan memasukkan penis ke vagina, tapi mereka memiliki jenis seks lain (seperti seks oral atau seks anal) dan mereka mungkin tidak melihat diri mereka sebagai perawan. Dan ada orang lesbian, gay, biseksual atau panseksual yang mungkin sama sekali tidak pernah memiliki seks memasukkan penis ke vagina. Tapi mereka mungkin tidak melihat diri mereka sebagai perawan.

Banyak orang percaya bahwa perkosaan dan penyerangan seksual bukanlah seks, hanya seks jika kedua pasangan memiliki izin. Jadi jika seseorang dipaksa atau tertekan saat pertama kali melakukan hubungan seks, seks oral, atau seks anal, mereka mungkin tidak menganggapnya sebagai “kehilangan keperawanan mereka”. Intinya: definisi keperawanan itu rumit, dan benar-benar terserah pada Anda untuk memutuskan apa yang Anda yakini. Beberapa orang bahkan tidak peduli apa arti “keperawanan” atau menganggapnya penting. Menekankan tentang apakah Anda perawan kurang penting daripada perasaan Anda terhadap pengalaman seksual Anda. Tanyakan pada diri sendiri: apakah Anda senang dengan pengalaman seksual yang Anda alami atau putuskan untuk tidak melakukannya?